Official Store Software Akuntansi Accurate
Akuntansi

Pengeloaan Keuangan dengan Aplikasi Pembukuan Dropship

Aplikasi Pembukuan Bisnis Dropship

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, ada berbagai aplikasi pembukuan yang dapat Anda gunakan untuk mengotomatisasi bisnis dropshipping Anda, termasuk dalam hal keuangan dan akuntansi. Jika Anda menggunakan aplikasi pembukuan dropship, pengelolaan keuangan bisnis pun akan lebih akurat.

Anda dapat mengotomatiskan sebagian besar entri data dan rekonsiliasi bank Anda melalui software. Dengan begitu, proses mengelola pembukuan bisnis dropship Anda pun menjadi lebih mudah.

Namun, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan dalam menggunakan aplikasi pembukuan bisnis dropshipping untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Pasalnya, bisnis dropshipping cenderung menghasilkan lebih banyak faktur dibandingkan dengan bisnis e-commerce biasa.

Lantas, bagaimana penggunaan aplikasi pembukuan dropship yang tepat? Berikut ini ulasannya untuk Anda:

Perlukah Aplikasi Pembukuan untuk Bisnis Dropship?

Jika Anda menjalankan bisnis dropshipping, Anda mungkin bertanya-tanya perlukah menggunakan aplikasi pembukuan dropship. Pertama-tama, Anda perlu memahami bahwa pembukuan merupakan bagian penting dan vital dari akuntansi karena melibatkan pencatatan dan pengorganisasian transaksi keuangan bisnis secara teratur.

Baca Juga: Manfaat dan Fitur Penting Aplikasi Pembukuan Pulsa

Dengan memiliki pembukuan yang akurat, Anda akan lebih mudah menganalisis catatan yang disediakan oleh pemegang buku untuk memberikan nasihat keuangan. Bagi Anda yang baru memulai bisnis dropshipping, melakukan pembukuan sendiri dalam banyak kasus tidak menjadi permasalahan besar.

Namun, seiring pertumbuhan bisnis Anda, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan penggunaan aplikasi pembukuan dropshipping. Bergantung pada jenis layanan yang Anda butuhkan, aplikasi pembukuan ini dapat membantu proses pencatatan, pembukuan, hingga pelaporan keuangan jadi lebih ringkas dan mudah.

Pengelolaan Keuangan dengan Aplikasi Pembukuan Dropship

Pengelolaan keuangan menggunakan aplikasi pembukuan dopship
Sumber: Unsplash

Arus kas dan manajemen keuangan yang buruk menyebabkan kegagalan lebih dari 8 dari 10 bisnis baru, tak terkecuali bisnis dropshipping. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk fokus menangani keuangan Anda sejak awal, salah satunya dengan menggunakan aplikasi pembukuan dropship.

Lantas, bagaimana pengelolaannya keuangan bisnis dropship yang baik menggunakan aplikasi pembukuan ini?

1. Pahami Berbagai Opsi Pembiayaan

Sebagian besar usaha e-commerce dan dropshipping akan mengharuskan Anda membayar untuk situs web atau platform, inventaris, pemasaran, dan pengiriman. Anda dapat mencari opsi pembiayaan berikut sebelum mulai mengelola keuangan:

  • Lini bisnis kredit: Opsi ini memiliki integrasi pinjaman dan kartu kredit. Anda dapat menarik jumlah pembiayaan yang telah disetujui sebelumnya dan membayar bunga hanya dari jumlah yang Anda pinjam.
  • Hibah e-commerce: Anda dapat mengisi aplikasi untuk hibah e-niaga dengan organisasi perdagangan lokal atau internasional untuk opsi tersebut.
  • Pembiayaan inventaris: Anda dapat mencari pemberi pinjaman yang bersedia memberi Anda kredit terhadap inventaris Anda.

Berbagai opsi pembayaran ini bisa Anda ringkas menjadi lebih mudah dan sederhana menggunakan aplikasi pembukuan dropship. Karena dalam aplikasi pembukuan terdapat fitur transfer otomatis sehingga meminimalkan terjadinya kesalahan input jumlah pembayaran maupun nomor rekening penerima.

2. Pelajari Fitur-Fitur Aplikasi Pembukuan

Selanjutnya, Anda harus memiliki pemahaman tentang fitur-fitur yang harus ada dalam aplikasi pembukuan untuk menunjang pengelolaan keuangan bisnis dropshipping Anda. Di antaranya fitur otomatisasi dropshipping, yakni fitur yang berfungsi untuk meminimalisir risiko terjadinya human error.

Apalagi saat Anda menerima pesanan dalam jumlah besar sehingga data keuangan bisa jadi berantakan. Pasalnya, Anda tidak boleh mencampuradukkan data pesanan pelanggan dengan data pengiriman. Selain itu, jangan sampai Anda salah mengirimkan informasi pembelian pelanggan kepada supplier Anda karena memicu kesalahpahaman.

Maka dari itu, aplikasi pembukuan dropship dapat membantu Anda untuk membuat faktur penjualan dan menautkan semua informasi pelanggan secara otomatis ke supplier dengan lebih mudah.

Selain itu, ada juga fitur untuk mengelola waktu dan melacak inventaris Anda sepanjang waktu. Jadi, Anda dapat memenuhi pesanan pelanggan Anda tanpa khawatir tentang masalah pengiriman, biaya penyimpanan, dan biaya overhead yang tinggi dengan model dropship.

Fitur penting lainnya meliputi konversi faktur menjadi pesanan pembelian secara otomatis, pantai penjualan dan persediaan, sistem yang terintegrasi, mudah diakses, balance sheet, dan sebagainya.

3. Lacak dan Atur Arus Kas

Dalam menjalankan bisnis dropshipping, pasti Anda akan memiliki pendapatan dari pelanggan dan Anda memiliki pengeluaran dengan pemasok, platform e-commerce, dan mitra pengiriman. Maka dari itu, kesehatan finansial bisnis Anda tergantung pada bagaimana Anda menjaga agar arus kas tetap positif dengan rajin melacaknya.

Anda bisa memantau data keuangan ini secara real time melalui semua perangkat menggunakan aplikasi pembukuan dropship. Dengan begitu, Anda bisa mengenali dan melacak kondisi keuangan perusahaan sehingga bisa menyusun strategi dan mengambil keputusan dengan lebih tepat.

4. Hapus Persyaratan Pembayaran yang Tidak Perlu

Anda dapat memantau arus kas Anda dengan memilih syarat pembayaran yang sesuai. Misalnya, Anda dapat memberikan layanan pembayaran kredit, pengiriman gratis, dan fasilitas lainnya kepada pelanggan dan pemasok.

Ini bisa jadi cara yang efektif untuk menarik bisnis baru dan membangun hubungan kemitraan dengan mereka.

3. Pemrosesan Invoice

Aplikasi pembukuan dropship juga bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan informasi faktur. Anda dapat membuat dan mengirimkan invoice kepada pelanggan yang berhutang uang kepada Anda. Dan, Anda dapat memasukkan invoice vendor saat Anda berhutang.

Untuk membuat invoice menggunakan aplikasi pembukuan, Anda perlu memasukkan informasi seperti nama pelanggan, nomor dan tanggal invoice, tanggal jatuh tempo, produk atau layanan yang disediakan, jumlah, harga, dan rekening.

Anda dapat mencetak dan mengirimkan faktur atau mengirimkannya melalui email ke pelanggan Anda. Invoice bertindak sebagai catatan untuk uang yang terutang kepada Anda. Ketika Anda menerima faktur, Anda harus memasukkannya ke dalam software pembukuan.

4. Lunasi Pembayaran

Software akuntansi juga memberi Anda kemudahan untuk melakukan pembayaran. Karena invoice Anda disimpan dalam software, Anda tahu berapa banyak Anda berutang kepada setiap vendor. Ini menyederhanakan proses pembayaran.

Proses pembayarannya sangat simpel, yakni pilih vendor yang ingin Anda bayar, isi tanggal, jumlah pembayaran, dan rekening. Kemudian, cetak cek. Software mengotomatiskan proses pembayaran sehingga Anda tidak perlu lagi menulis cek secara manual dengan tangan.

Dan, Anda tahu persis jumlah pembayaran tanpa perlu ribet mencari-cari kertas atau catatan, cukup melalui perangkat seperti smartphone atau komputer yang terintegrasi dengan sistem.

5. Pengajuan Pajak

Pembayaran pajak bisa jadi perkara yang sulit bagi pemilik usaha kecil. Ada tenggat waktu yang harus dibuat, dan aturan yang harus diikuti. Namun, dengan software akuntansi waktu pengarsipan lebih mudah bagi akuntan atau pemegang buku Anda.

Misalnya, software akuntansi dapat memudahkan Anda menghitung pajak terutang dan dengan cepat menghasilkan laporan yang diperlukan untuk menyelesaikan pengembalian pajak. Efisiensi ini membuat musim pajak jadi minim stres dan lebih murah.

Karena software akuntansi memiliki catatan semua uang yang masuk dan keluar dari bisnis dropship Anda, perangkat lunak ini dapat dengan cepat menjalankan perhitungan untuk memperkirakan pajak Anda.

Salah satu software akuntansi yang mampu membantu Anda menyederhanakan proses pelaporan pajak bisnis adalah Accurate Online. Aplikasi pembukuan ini memudahkan Ada dalam mengelola perpajakan dengan integrasi e-Faktur, e-SPT PPN, e-Filling, dan e-Billing. Jadi, kesalahan penghitungan pajak bisa diminimalisir.

Untuk lebih meyakinkan Anda, coba free trial 30 hari di sini dan rasakan sendiri kecanggihan serta kemudahan fitur-fitur Accurate Online.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Akuntansi Syariah, Pengertian & Perbedaannya dengan Akuntansi Konvensional

Miftah

Total Return: Pengertian, Manfaat dan Contoh Kasus

Erapuji

Rekening Koran: Ringkasan Transaksi Keuangan Anda

Agung