fbpx
skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Bisnis Bibit Tanaman, Bisnis Laris Kebal Corona! | Peluang Usaha Bibit Tanaman

Bisnis Bibit Tanaman, Bisnis Laris Kebal Corona! | Peluang Usaha Bibit Tanaman

Peluang Usaha bibit tanaman – Pertanian menjadi salah satu sektor tangguh yang tetap bertahan di tengah pandemic Corona. Dilansir dari wartaekonomi.co.id, Nilai ekspor pertanian mengalami kenaikan sebesar 0,91% month of month (mom) dan 28,04% year of year (yoy) dari total US$ 0,30 miliar pada bulan Februari 2020.

Maka dari itu, sektor satu ini menjadi salah satu primadona yang dapat kita manfaatkan menjadi peluang usaha 2020. Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi di era 4.0 ini, semakin banyak peluang usaha yang dapat kita jalankan dari sektor pertanian.

Baca Juga: Sektor Pertanian Kini Bangkit Kembali Setelah Sekian Lama Hampir Dilupakan | Peluang Usaha

Salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan dari sektor pertanian adalah menjual bibit tanaman. Meningkatnya aktivitas bercocok tanam saat WFH membuat penjualan bibit tanaman melonjak, seperti yang terjadi di Jombang, Jawa Timur.

Dilansir dari berempat.com, Dewa adalah salah satu pemuda yang melihat peluang usaha menarik saat pandemi dengan menjual paket bibit infarm. Diakuinya bahwa penjualan paket berkebun di rumah sedang booming dan permintaan sedang tinggi-tingginya. Pria yang sebelumnya telah menggeluti usaha pertanian dan memiliki kebun melebarkan sayap bisnisnya dengan menjual peket benih siap tanam yang banyak dipesan konsumen di seluruh Indonesia ini.

Lalu, bagaimana cara untuk memulai usaha bibit tanaman ini?

Pilih Bibit Tanaman yang Paling Diminati

Ada banyak jenis bibit tanaman yang bisa dijadikan sebuah bisnis, misalnya jenis tanaman hias, tanaman buah, tanaman di pot, dan yang lainnya. Pilihlah jenis bibit yang cocok dengan kondisi sekitar maupun pasar. Jangan lupa untuk melakukan survey pasar mengenai bibit apa saja yang laris di pasaran.

Saat ini ada beberapa bibit tanaman hias yang diminati pasar seperti bibit bunga mawar, bibit bunga anggrek, bibit bunga melati. Selain tanaman hias, ada beberapa bibit sayuran yang juga diminati pasar seperti bibit sawi, bibit cabai, bibit lada, dll.

Pilih Lokasi yang Tepat

Sebelum melakukan usaha, kamu perlu menentukan lokasi untuk memulai bisnis bibit tanaman yang akan kamu jalani. Jika mungkin kamu tidak memiliki lahan yang cukup, kamu bisa menyewa atau membeli lokasi untuk memulai usahamu.

Pastikan lokasi tersebut sesuai dengan tujuan kamu, berada di zonasi yang tepat, dan memungkinkan usahamu bertumbuh. Jangan lupa untuk memilih lokasi yang memiliki akses yang bagus, terutama jika usaha ini tergantung pada kehadiran konsumen.

Pelajari Karakteristik Bibit

Selain memahami kondisi lingkungan, karakter bibit menjadi salah satu hal krusial yang harus diperhatikan. Kita harus mengetahui tentang keseluruhan jenis tanaman tersebut, seperti cara budidaya dan perawatannya, cara mengatasi dan mencegah penyakit dan hama yang mungkin menyerang dan aspek lainnya.

Pelajari Strategi Pemasaran Bibit

Kita dapat menggunakan lahan terbuka dari pekarangan rumah untuk membuat tempat berjualan secara luring. Ini dapat memudahkan para konsumen dalam melihat-lihat bibit-bibit yang kita jual.

Selain berjualan secara offline, kita juga harus memasarkannya secara online. Kita perlu memasarkan bisnis secara online dengan memasarkan melalui media sosial, website atau blog, maupun media yang lainnya.

Jangan Lupa Evaluasi Penjualan

Apapun usahanya kita harus tetap melakukan evaluasi penjualan, termasuk dalam usaha penjualan bibit tanaman ini. Kita perlu melihat bibit mana yang paling laris, keuntungan yang dihasilkan, biaya operasional yang dikeluargan dan hal-hal lain yang nantinya akan jadi penentu apakah peluang usaha bibit tanaman cocok untuk kita jalankan.

Accurate Online dapat membantu menyajikan laporan penjualan serta laporan keuangan secara keseluruhan untuk usaha kamu. Sehingga kamu bias memantau performa usaha bibit tanaman kamu setiap bulannya.

Penasaran ingin coba Accurate Online? Kami berikan GRATIS khusus untuk kamu yang daftar melalui link di bawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top