ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Cara Jitu Tagih Piutang ke Konsumen. Jangan Ada Hutang di Antara Kita

Sudah mau ganti Tahun tapi masih ada Tangihan yang belum dilunasi oleh konsumen? Aduh! Bahaya tuh. Jangan sampai pencatatan keuangan bisnis kita berantakan karena piutang yang tak kunjung dilunasi oleh konsumen. Lama kelamaan arus kas binis kita bisa terhambat loh.

Lalu bagaimana cara agar tagihan dapat dibayar secara tepat waktu oleh konsumen?

Menyimpan Faktur Penjualan & Mencatat Waktu Jatuh Tempo Pembayaran

Apakah kamu ingat berapa banyak konsumen yang memiliki tenggat pembayaran 60 hari? Apakah Kamu memiliki nomor kontak dan email untuk masing-masing konsumen tersebut? Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang di mana piutang kamu berada, kamu perlu mencatat nama dan berapa lama hutang ini jatuh tempo sesuai faktur penjualan yang dibuat. Lalu kamu bisa  menambahkan kolom untuk memasukkan informasi mendetail dari kontak dari konsumen yang ada.

Jadwal ini akan menjadi panduan kamu saat mencoba mengumpulkan piutang nantinya. Jika Kamu menggunakan Accurate Online, Kamu bisa memeriksa laporan piutang dengan mendetail pada bagian laporan, lalu pilih opsi piutang dan pilih opsi “faktur belum lunas”.

The Power of a Follow Up

Setelah tenggat habis, saatnya untuk mulai menghubungi konsumen kamu. Cek satu per satu data konsumen dan kirim email atau hubungi mereka secara langsung.  Catat juga setiap kemajuan dan hasil dari tindakan kamu. Misalnya, jika mengirim email pada konsumen, namun dia sedang berlibur dan memberi janji untuk menghubunginya pada tanggal tertentu , maka catat tanggal tersebut.

Terus melakukan panggilan atau email dengan konsumen sampai kamu menerima tanggapan atau kepastian. Berikut adalah jadwal tindak lanjut dasar untuk digunakan:

  • Hari 1: Follow up pertama(+2)
  • Hari 3: Follow up ke dua (+4)
  • Hari 7: Follow up (+7)
  • Hari 14: Follow up (+14)
  • Hari 28: Follow up (+30)
  • Hari 58: Follow up (+30)
    … (Seterusnya dengan interval sebulan sekali).

* “(+ Nomor)” berarti jumlah hari untuk menunggu sampai kamu harus melakukan follow up lagi.

Melakukan Riset

Jika nomor telepon konsumen kamu tidak bisa dihubungi atau email yang kamu kirimi pesan tidak pernah membalas, saatnya kekuatan internet membantu kamu untuk tahu bagaimana cara menghubungi mereka.

Saat mencari nama klien atau perusahaan, buka Google dan cari situs web perusahaan terkait. Biasanya, mereka memiliki bagian “Contact Us” atau “Hubungi Kami” dengan nomor telepon atau email. Atau, kamu bisa mengakses LinkedIn untuk mencari nama perusahaan atau nama klien dalam bagian pencarian lanjutan. Sebagian besar profesional memasukkan informasi kontak secara langsung seperti email dan nomor telepon pada profil mereka.

Berikan Opsi Cara Pembayaran yang Berbeda

Baiklah, Kamu sudah menemukan informasi kontak, dan Kamu sudah menelepon konsumen Kamu. Tetapi mereka memberi tahu Kamu bahwa mereka tidak dapat lagi membayar dengan tunai atau bahwa mereka hanya akan membayar dengan kartu kredit. Pastikan Kamu memiliki rencana yang bisa menawarkan opsi pembayaran yang berbeda.

Misalnya, Kamu bisa merekomendasikan pembayaran melalui virtual account untuk faktur penjualan tersebut sehingga mereka dapat melakukan pembayaran mereka. Buatlah cara termudah dalam opsi pembayaran kepada konsumen Kamu, dengan begitu tidak ada lagi alasan bagi mereka untuk menunda pembayaran.

Persingkat Ketentuan Tenggat Kredit

Saat melakukan penjualan dengan Konsumen, kamu berhak menawarkan persyaratan pembayaran secara kredit jika konsumen tidak membayar secara penuh. Kamu dapat memutuskan apakah ingin menawarkan mereka pembayaran 60 hari, 40-, 30- atau bahkan 15 hari pembayaran. Untuk pengguna Accurate Online Kamu dapat menikmati fitur tersebut pada opsi penerimaan penjualan.

Jika Kamu mempersingkat persyaratan kredit Kamu, Kamu  dapat membebankan denda keterlambatan atau menawarkan diskon jika melakukan pembayaran lebih awal, seperti memberikan potongan 2% “jika dibayar dalam waktu 10 hari” misalnya. Cari tahu tenggat waktu apa yang paling cocok untuk Kamu dan konsumen Kamu. Perlu diperhatikan, jika Kamu memperpendek jangka waktu kredit Kamu, Kamu akan dapat mengumpulkan kas Kamu jauh lebih cepat dari yang diharapkan.

Jangan ragu Untuk menagih pembayaran kepada konsumen kita. Karena hal ini akan mempengaruhi keberlangsungan bisni kita. Jangan lupa untuk selalu memantau semua porses dari setiap tagihan yang ada. Kita juga harus sering-sering membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. 

Kini dengan Accurate Online, kamu bisa merasakan kemudahan dengan otomatisasi pengelolaan bisnis. Accurate Online adalah aplikasi keuangan bisnis online berbasis cloud yang mampu menyederhanakan proses operasional pengolahan piutang pada usaha dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya seperti fitur pengingat piutang atau daftar piutang yang belum dibayar dan masih banyak lagi. Jalankan bisnis kamu tanpa hambatan dengan Accurate Online sekarang juga!

Related posts

Catat! 2 Metode Pencatatan Persediaan yang Memudahkan Anda Menghitung Stok

ademuthia

Jastip, Peluang Bisnis Baru di Kalangan Anak Muda

ademuthia

5 Karakter Entrepreneur Sukses di 2020!

ademuthia