28.5 C
Jakarta
April 17, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Cara Menulis Deskripsi Produk di E-Commerce Yang Tepat

Dari jutaan pelapak di situs e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia, apakah yang membuat toko online kamu dilirik oleh pembeli? Tentu tidak bisa dijawab dengan satu hal saja. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli seperti harga, rating dan review. Namun yang tidak kalah signifikan pengaruhnya adalah deskripsi produk. 

Menulis deskripsi produk berkaitan dengan teknik menulis iklan atau copywriting. Beberapa perusahaan besar bahkan sampai harus meminta jasa copywriter untuk melakukannya. Bagi pelaku UMKM, khususnya yang mengandalkan e-commerce sebagai platform penjualan, deskripsi produk ini tidak boleh disepelekan. 

Jangan sampai kamu membuat deskripsi produk yang membingungkan atau kurang menjual. Akibatnya, daya beli konsumen di toko online kamu pun berkurang. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam membuat deskripsi produk di e-commerce. 

Buat Deskripsi Produk Yang Lengkap

Hal utama dalam menulis deskripsi produk yang perlu diperhatikan adalah kelengkapan informasi. Usahakan agar kamu menuliskan informasi yang kemungkinan menjadi pertanyaan konsumen. Masukkan spesifikasi produk, kelengkapan produk dan informasi perihal garansi bila ada. 

Jika kamu sudah menjadwalkan pengiriman pada jam tertentu, beritahu konsumen agar tidak terjadi salah paham. Misalnya, kamu hanya akan memproses pengiriman hari ini jika order masuk sebelum pukul 3 sore. 

Ceritakan Manfaat Produk Bagi Konsumen, Bukan Fitur!

Banyak pelaku usaha yang hanya menuliskan fitur atau spesifikasi dari produk yang dijualnya saja tanpa menjelaskan lebih lanjut apa manfaatnya bagi konsumen. Misalnya kamu menjual t-shirt dan menuliskan di bagian deskripsi bahwa bahan yang digunakan adalah cotton combed. 

Tentu ini sudah benar, namun belum cukup. Kamu bisa menambahkan sedikit penjelasan bahwa cotton combed membuat pemakainya lebih nyaman dan tidak panas. Selain itu, bahan cotton combed juga tidak mudah kisut setelah dicuci.  

Ingat, kamu harus memposisikan diri sebagai konsumen yang ingin mencari barang terbaik dan cocok buat mereka. 

Gunakan Teknik Menulis Persuasif

Menulis deskripsi produk tidak boleh hanya datar-datar saja tanpa mengandung kalimat yang menarik. Ketahui siapa konsumen kamu dan mengapa mereka membutuhkan produk yang kamu tawarkan. 

Gunakan kata seperti “Baru”, “Exclusive”, dan “Persediaan Terbatas” untuk menggugah konsumen membeli produk. Dengan menuliskan deskripsi secara persuasif, kamu sudah berusaha mempengaruhi keputusan pembeli secara psikologis. 

Sebagai pelaku usaha, tidak ada salahnya kamu juga belajar teknik-teknik copywriting. Ini agar bisnis kamu di e-commerce laku keras.  

Buat Agar Bisa Dibaca Skimming

Kamu harus tahu bahwa konsentrasi orang membaca di perangkat digital seperti laptop atau handphone itu tidak lama. Umumnya, orang tidak membaca informasi secara runtut seperti saat mereka membaca buku atau koran, namun dengan membaca skimming. 

Oleh karena itu, penting sekali agar kamu menuliskan deskripsi produk dengan memberikan poin-poin dan struktur yang runtut. Ini berguna agar konsumen menemukan informasi yang mereka butuhkan secepat mungkin tanpa harus membaca dari awal. 

Contoh struktur penulisan deskripsi yang bisa dibaca skiming adalah:

 

Judul

Spesifikasi Produk 

  • Point satu 
  • Point dua 
  • dst

Keunggulan

  • Point satu
  • Point 2
  • dst

Informasi Pengiriman

Garansi 

Perhatikan Faktor SEO 

Search Engine Optimization menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam menuliskan deskripsi produk. Jika kamu ingin agar produk kamu dengan mudah ditemukan oleh pengguna Google, maka jangan abaikan ini. 

Berikut tips SEO untuk menulis produk. 

  • Lakukan keyword research untuk menemukan kata kunci yang paling banyak diketikkan pengguna berkaitan dengan produk yang kamu jual. 
  • Sisipkan kata kunci pada deskripsi secara natural terutama pada judul dan bagian awal tulisan. 
  • Panjang deskripsi tidak kurang dari 300 kata.

Untuk menemukan kata kunci yang tepat, kamu dapat menggunakan beberapa tools gratis seperti Ubersuggest dan Keyword.io. Faktor SEO penting agar mesin pencari mudah mengindeks halaman produk kamu, namun jangan sampai menjadi tidak enak dibaca oleh manusia, ya. 

Kesimpulan

Menulis deskripsi produk yang benar adalah bagian dari upaya mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen. Dalam e-commerce, deskripsi produk juga penting agar mesin pencari seperti Google dapat mengenali produk yang kita tawarkan sehingga menampilkannya di pencarian. 

Selain dari segi penjualan, kamu pun dapat meningkatkan level bisnis yang sedang kamu jalani dengan mulai menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online. Software ini dapat membantu pelaku usaha membuat laporan keuangan usaha secara lebih cepat dan mudah. Accurate Online sendiri dapat diakses secara GRATIS selama 30 hari, loh.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba GRATIS Accurate Online 30 Hari” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Related posts

Penting Gak sih Bikin Laporan Keuangan untuk UKM dan UMKM?

ademuthia

Belum Tahu Apa Itu Bisnis Franchise? Intip Dulu Penjelasannya di Sini

admin

Wajib Tahu! 12 Peluang Bisnis yang akan Tren di 2019

ademuthia

Leave a Comment