28.9 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
Bisnis

Ingat! 5 Elemen Bisnis Utama yang Perlu Dipahami Seluruh Pengusaha

Elemen utama Bisnis

Membangun bisnis tidak bisa dilakukan sekedar membuat produk atau layanan saja. Melainkan perlu membuat perencanaan yang matang berkaitan seluruh aspek produksi, pelayanan, hingga operasional. Masih banyak pelaku usaha yang tidak mampu untuk membuat perencanaan yang sesuai. Anda perlu mengetahui apa saja elemen bisnis utama yang perlu dituliskan dalam perencanaan ataupun business plan.

Ada lima elemen bisnis utama yang akan menjadi pedoman dalam menjalankan operasional perusahaan di masa depan serta bagaimana pengelolaan keuangan pada bisnis di masa depan. Sehingga rencana dan anggaran akan tertulis secara terperinci dengan sempurna.

Pengertian Elemen Utama Bisnis

Elemen bisnis adalah komponen-komponen penting yang membentuk struktur dan operasional suatu bisnis. Elemen-elemen ini saling terkait dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan.

Termasuk segala sesuatu yang membentuk dasar dan karakterisitik dari setiap bisnis atau perusahaan. Elemen bisnis juga dapat diartikan sebagai berbagai unsur yang menjadi sumber daya kompetitif dari sebuah perusahaan atau brand.

Setiap elemen bisnis yang disusun akan menjadi kerangka dari konsep operasional dan keuangan bisnis yang ada. Pastikan semua elemen sangat penting untuk menentukan arah dan kesuksesan dari perusahaan.

Baca Juga: 7 Contoh Strategi Pemasaran Bisnis yang Efektif

Elemen Utama Bisnis

Ada lima elemen bisnis utama yang perlu diketahui oleh para pelaku bisnis untuk menentukan arah perusahaan yang sesuai dengan arah bisnis.

1. Proposisi Nilai Pelanggan (Customer Value Proposition)

Ini adalah pertanyaan fundamental yang harus dijawab oleh setiap bisnis: apa yang membuat bisnis Anda berbeda dan mengapa pelanggan harus memilih bisnis Anda daripada kompetitor? Proposisi nilai pelanggan yang kuat harus jelas, ringkas, dan dapat ditindaklanjuti. Jelaskan secara spesifik bagaimana produk atau layanan Anda memecahkan masalah pelanggan atau memenuhi kebutuhan mereka dengan cara yang lebih baik daripada yang lain.

2. Perhitungan Keuangan dan Keuntungan (Profitability)

Setiap bisnis perlu menghasilkan keuntungan untuk bertahan hidup dan berkembang. Pada sisi ini Anda perlu merumuskan bagaimana bisnis Anda akan menghasilkan uang. Termasuk memahami struktur biaya, menentukan harga produk atau layanan, dan memproyeksikan penjualan dan keuntungan.

Proses ini perlu dilakukan secara terperinci dan perhitungan yang tepat. Banyak pebisnis yang sering mengabaikan hal ini. Mereka hanya sekedar menghitung berapa banyak keuntungan diawal yang akan mereka dapatkan. Padahal di awal membangun bisnis, akan banyak biaya investasi yang mungkin akan dikeluarkan oleh para pelaku bisnis.

Hal ini sering terabaikan, karena lebih banyak para pengusaha hanya fokus pada menghitung keuntungan, tanpa melihat aspek pengeluaran yang mungkin akan mereka keluarkan selama bisnis berjalan.

Untuk melakukan penghitungan diawal, sebaiknya proyeksi penghitungan dilakukan dengan menggunakan software keuangan yang tepat. Kami menyarankan Anda menggunakan Software Accurate Online untuk melakukan perhitungan.

Software Accurate Online bisa Anda dapatkan hanya di Store resmi Abc Semanggi. Anda bisa mendapatkan trial Accurate Online selama 30 hari ataupun berkunjung ke Store Experience kami di Plaza Semanggi, Jakarta Pusat.

3. Proses Bisnis (Business Processes)

Bagaimana Anda akan membuat dan mengantarkan produk atau layanan Anda? Di sinilah Anda perlu mendefinisikan langkah-langkah yang terlibat dalam menjalankan bisnis Anda. Ini termasuk semuanya, mulai dari manufaktur dan logistik hingga pemasaran dan layanan pelanggan. Pastikan proses Anda efisien dan efektif untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan biaya.

Dengan adanya bisnis proses akan membantu dalam memberikan customer experience dengan service excellent yang akan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap brand.

4. Sumber Daya Manusia (Human Resources)

Orang-orang yang Anda pekerjakan adalah aset terpenting. Di sini Anda perlu menentukan keterampilan dan keahlian apa yang Anda butuhkan untuk membatu bisnis lebih berkembang. Anda juga perlu mengembangkan rencana untuk merekrut, melatih, dan mempertahankan karyawan terbaik.

Pastikan karyawan mendapatkan segala kewajiban yang disiapkan oleh Para pengusaha. Sehingga mereka tidak demotivasi atas pekerjaan yang mereka jalankan. Sebagai pengusaha, sumber daya manusia menjadi salah satu asset yang paling penting untuk dijaga.

Baca Juga: Panduan Komprehensif Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Anda

5. Keberlanjutan Bisnis (Business Sustainability)

Bagaimana Anda akan memastikan bisnis Anda bertahan dalam jangka panjang? Di sini Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti perubahan pasar, persaingan, dan kondisi ekonomi. Anda juga perlu mengembangkan rencana untuk mengelola risiko dan memastikan bahwa bisnis Anda dapat beradaptasi dengan perubahan.

Pastikan tim Anda selalu mengikuti tren perubahan yang selalu terjadi dan berlangsung. Dengan mengikuti perubahan yang ada, mulai dari pasar, behavior customer, hingga ekonomi akan membantu Anda dalam menemukan cara tercepat dalam mencapai kesuksesan bersama.

Kelima elemen utama bisnis ini perlu Anda hadirkan dan Anda jalankan pada bisnis Anda. Sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari bisnis. Selain kelima elemen diatas, terdapat elemen pendukung pada yang perlu dijalankan.

Faktor Penunjang Elemen Bisnis

Berikut beberapa faktor pendukung bisnis lainnya:

Segmentasi Pasar

Dalam bisnis para pengusaha tidak mampu menyasar ke seluruh target konsumen yang sama dengan kompetitor. Anda perlu sesuai karakteristik target konsumen yang ingin Anda incar. Dengan melakukan segmentasi, Anda bisa menyesuaikan strategi pemasaran yang tepat untuk menargetkan audiens yang sesuai dengan keunikan dari audiens Anda.

Channel Distribusi

Bagaimana menemukan channel distribusi yang tepat? Pemilihan channel distribusi akan berpengaruh terhadap efisiensi keterjangkauan untuk mencapai target pasar yang sesuai.

Supply Chain

Bagaimana cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan bahan atau sumber yang dibutuhkan dalam produksi, baik itu sumber bahan baku, sumber daya manusia, hingga bagaimana distribusi kepada para pelanggan dengan cara yang efisien dan efektif.

Sumber Pendapatan

Bisnis mungkin tidak hanya mengandalkan pemasukan yang bersumber dari transaksi jual beli produk atau jasa saja. Melainkan bisa medapatkan sumber pendapatan lain. Pendapatan bunga, pendapatan sewa, dan pendapatan sponsorship. Sehingga perusahaan dapat optimal dalam mengelola keuangan bisnis.

Layanan Pelanggan

Terakhir, bagaimana penanganan konsumen after sales? Bisnis perlu memikirkan hal ini untuk tetap menjaga hubungan dengan konsumen. Anda perlu memikirkan cara efektif untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Bagaimana Perusahaan menghadapi setiap keluhan pelanggan yang selalu hadir setiap harinya.

Kesimpulan

Dengan memahami setiap elemen utama bisnis hingga memahami elemen pendukung, akan mampu meningkatkan bisnis berkembang lebih cepat dan menghadirkan keuntungan lebih cepat dan mendapatkan cara-cara efisien dan efektif.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Menggali Lebih Dalam: Strategi Pemasaran dengan Konsep Scarcity Marketing

Agung

15 Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar yang Wajib Dicoba

Miftah

Mengatasi Revenue Leakage dalam Usaha: Menjaga Pendapatan Tanpa Bocor!

Agung