28.7 C
Jakarta
May 15, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Hai UKM dan UMKM Indonesia, Yuk Mulai Berani Terjun ke Bisnis Ekspor

Produk-produk UMKM di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menembus pasar ekspor. Dengan melakukan ekspor, UMKM berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, karena pasarnya akan menjadi semakin luas. Hanya saja, masih banyak yang tidak mengetahui dan memahami bagaimana prosedur dan mekanisme yang harus dilalui supaya produknya bisa dieskpor ke luar negeri.

Dilansir dari kompas.com, Kementerian Perdagangan menilai pelibatan usaha mikro, kecil, dan menengah ( UMKM) dalam pelepasan ekspor serentak akan berdampak baik terhadap ekonomi Indonesia. Sebab, UMKM merupakan sektor yang berperan penting dalam pemulihan ekonomi. Berdasarkan data BKPM, UMKM mampu menyumbang produk domestik bruto (PDB) 61,7 persen. “Dari kami Kementerian Perdagangan mendorong UMKM untuk bisa ekspor. Ekspor itu penting, kami menyadari upaya dalam pemulihan ekonomi nasional sekarang ini adalah dengan membangkitkan dan memperkuat UMKM Indonesia. Salah satu caranya adalah mendorong mereka supaya bisa mengakses pasar ekspor,” ujar Staf Khusus Menteri Perdagangan, Alexander Yahya Datuk dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/12/2020).

Selain untuk memperkuat perekonomian negara, sebenarnya apa sih manfaat UKM dan UMKM melakukan ekspor? Yuk simak ulasan berikut yang kami lansir dari misterexportir.com

Menjangkau Pasar yang Belum dijangkau Kompetitor

Manfaat kegiatan perdagangan internasional khususnya pada sektor ekspor barang untuk para pelaku usaha domestik atau pengusaha lokal tanah air adalah bertujuan agar dapat menjangkau pangsa pasar yang belum dijamah atau dijangkau oleh kompetitor.

Jika selama ini orientasi “marketshare” nya hanya sebatas pasar dalam negeri (Indonesia) saja yang hanya memiliki ukuran kurang lebih 269 juta penduduk, maka tdak ada salahnya untuk mencoba peluang pada pasar ekspor yang mana audiens nya justru lebih besar dibandingkan domestic market, yaitu sebesar 7,4 Miliar penduduk atau lebih besar 28x dari pangsa pasar Indonesia sendiri.

Meningkatkan Jumlah Omset Dagang

Mungkin bukanlah menjadi rahasia umum lagi bahwa manfaat ekspor barang bagi para pelaku UKM Indonesia salah satunya adalah dapat meningkatkan omset penjualan lebih signifikan. Karena mereka dapat menjual sesuatu produk yang dihasilkan secara partai besar dan bahkan dalam kuantiti yang tidak terbatas tentunya ke pasar global.

Bertansaksi dengan Mata Uang Asing

Salah satu yang berbeda dengan kegiatan penjualan dari lokal ke penjualan internasional ialah dari penggunaan mata uang, yang menggunakan valuta asing. Biasanya uang yang sering dipakai ialah Dollar dari Amerika Serikat, ada keuntungannya juga kita dapat menyesuaikan harga barang dengan negara tujuan.

Kamu juga mendapat keuntungan dari kurs konversi mata uang kepada rupiah dan kita bisa menentukan margin keduanya dan bisa mendapatkan dari keuntungan kurs valas.

Untuk teman-teman UKM yang ingin mencoba peluang dalam bisnis ekspor, jangan lupa untuk selalu melakukan pencatatan keaungan bisnis menggunakan Accurate Online. Agar seluruh transaksi bisnis tercatat dengan baik dan arus kas bisnis berjalan dengan lancar.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba GRATIS Accurate Online” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Related posts

Grand Launch ACCURATE Online (AOL)

ademuthia

Beberapa Hal yang Sering Bikin Pebisnis Pemula Sulit Mengelola Keuangan

admin

Google My Business, Pebisnis Harus Tau Manfaatnya!

admin