25.8 C
Jakarta
August 1, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Penghasilan Menggiurkan

Mahasiswa cenderung memiliki fleksibilitas waktu jam kuliah untuk bisa diisi dengan kegiatan yang positif, seperti berbisnis. Peluang bisnis untuk mahasiswa sebenarnya tidaklah sulit dicari. Ada banyak pilihan bisnis yang cocok untuk mahasiswa karena sifatnya tidak full time. Beberapa bisnis juga bisa dijalankan dengan modal yang tak terlalu besar.

Mengapa Mahasiswa Penting Belajar Bisnis

Dengan belajar berbisnis, mahasiswa berpotensi menjadi sosok yang lebih mandiri dan kreatif. Sebagai mahasiswa, kamu yang memiliki pengetahuan bisnis akan meningkatkan kepercayaan diri untuk bisa mendapat sumber penghasilan. 

Ketika kamu berhasil menjalankan sebuah bisnis saat kuliah, hal ini bisa jadi nilai plus. Misalnya, saat mahasiswa sedang interview saat melamar kerja, mahasiswa bisa mengemukakan pengalaman berbisnis tersebut.

Andaikan bisnis yang dijalankan beresiko gagal, hal ini bisa menjadi pembelajaran agar nantinya bisa lebih matang dalam menyelesaikan permasalahan. Berbisnis akan melatihmu untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ada. Ini akan membantumu yang mungkin akan jadi Generasi Sandwich setelah lulus. 

Beberapa Rekomendasi Bisnis Untuk Mahasiswa

1. Bisnis Online Shop

Bisnis online shop adalah bisnis yang relatif mudah untuk memulainya. Kamu setidaknya hanya butuh gadget, koneksi internet, dan barang yang akan dijual. Terlebih lagi ditunjang dengan platform media sosial dan marketplace, sebagai wadah untuk memasarkan produk ke pasaran.

Jika kamu belum punya cukup modal usaha untuk produksi barang dagangan sendiri, kamu bisa coba menjadi reseller atau dropshipper. Dengan menjadi reseller atau dropshipper, kamu bisa tetap memiliki banyak waktu luang untuk bisa menyelesaikan tugas lain.

Selain minim modal, bisnis ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Yang perlu diperhatikan adalah kamu tetap harus melakukan review produk guna mengontrol kualitas produk yang kamu jual.

2. Menjual Kemampuan di Internet

Keahlian apa yang bisa dijual di internet? Misalnya seperti desain grafis, programming, menulis artikel, menerjemahkan bahasa, data entry, dan lainnya. Di era sekarang ini, kamu bisa mempromosikan keahlianmu secara online.

Kamu bisa mulai melakukan branding diri di internet, bisa dengan media sosial, blog. Buat portofolio yang bagus, tunjukkan bahwa kamu menguasai keahlian tersebut. Coba tawarkan  jasamu kepada orang-orang, UMKM, atau badan usaha yang berpotensi membutuhkan jasa tersebut.

Kamu juga bisa bergabung di platform online freelance yang saat ini sudah banyak tersedia. Umumnya, dalam platform seperti itu lebih mudah untuk mencari pekerjaan yang sesuai keahlian.

3. Jadi Guru Les Privat

Bisnis untuk mahasiswa selanjutnya adalah menjadi guru les privat. Jika kamu percaya diri dengan kemampuan akademismu, bisnis ini bisa kamu coba. Kamu bisa membuka les privat di rumah  atau kamu yang datang ke rumah murid les.

Tarif les privat ini bisa bervariasi tiap pertemuan, sekitar 20 ribu – 150 ribu per pertemuan. Dengan tarif seperti itu, bisnis ini sangat layak diperhitungkan.

Apalagi jika kamu punya banyak waktu luang, kamu bisa menerima beberapa murid. Kamu bisa mendaftar di sejumlah layanan jasa les privat online agar potensi untuk mendapatkan murid jadi lebih besar. Selain itu, kamu pun bisa memaksimalkan pemasaran Instagram  untuk menarik minat murid baru terhadap jasa yang kamu tawarkan. 

4. Jual Makanan

Di kampus, kamu akan berjumpa dengan banyak orang dan setiap orang butuh makanan. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk berjualan camilan atau makanan kecil. Target pembelinya tentu adalah teman-temanmu, terutama mahasiswa yang malas ke kantin karena jauh dari ruang kuliah.

Tak harus di kampus, kamu bisa juga menjual ke lingkup yang lebih luas lagi. Lebih bagus jika kamu manfaatkan media sosial untuk mempromosikan makanan yang kamu jual. Kemudian jika ada yang memesan, kamu antar langsung ke pembeli. Jika ingin lebih mudah lagi, kamu bisa menitipkan jualan di sejumlah kantin sekolah ataupun warung.

5. Jualan Pulsa Elektrik

Bisnis yang satu ini sudah banyak diterapkan oleh mahasiswa, karena modal yang dibutuhkan tak terlalu besar. Apabila dikelola dengan baik dan tekun, bisnis pulsa elektrik bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Tentu saat ini banyak orang yang butuh pulsa, apalagi sekarang ada pulsa listrik, sehingga segmen pasarnya cukup luas. Setiap sekali penjualan pulsa, kamu bisa mendapat untung sekitar Rp 500 – Rp 1500.

Perlu diingat, kamu harus siap dengan resiko masalah penagihan, terlebih jika pembeli adalah teman atau keluarga. Kamu harus tegas untuk menagih pulsa yang telah mereka beli.

Nah, itulah ulasan bisnis untuk mahasiswa yang bisa kamu coba. Apabila bisnis tersebut ditekuni dengan sungguh-sungguh, tidak menutup kemungkinan mahasiswa sepertimu bisa menjadi entrepreneur yang sukses. 

Jika salah satu usaha yang kamu geluti sudah cukup maju, mulailah melakukan pencatatan keuangan dan administrasi dengan baik. Untuk memudahkannya, kamu dapat menggunakan aplikasi akuntansi seperti Accurate Online untuk membantu pencatatan dan pelaporan keuangan usaha. Accurate Online tersedia secara GRATIS selama 30 hari.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Related posts

Bagaimana Accurate Online Dapat Membantu Operasional Perusahaan

ademuthia

Promo Spesial Accurate Online x Bank DBS Indonesia

ademuthia

Siap-Siap Besok Mulai PSBB Accurate Online!

ademuthia

Leave a Comment