28.7 C
Jakarta
May 15, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Bisnis

Ikigai Adalah: Berikut Pengertian dan Cara Mengaplikasikannya Dalam Bisnis

Pernah mendengar apa itu ikigai? Ikigai adalah kombinasi dari dua kata jepang yang dikemukakan Akihiro Hasegawa terdiri dari:

“Iki” (生 き) yang berarti “hidup” dan “Gai” (甲 斐) – “nilai atau nilai”

Makalah penelitian Akihiro Hasegawa menyebutkan kata “gai” berasal dari kata “kai” yang diterjemahkan menjadi “shell” dalam bahasa Jepang yang sangat berharga di zaman Heian.

Kata-kata Jepang serupa yang menggabungkan “gai”

Hatarakigai, (働 き が い) nilai kerja dan Yarigai ~ ga aru (や り 甲 斐 が あ る) “itu layak dilakukan.”

Ingin mengetahui apa itu ikigai dan cara mengaplikasikannya dalam diri dan bisnis Anda? Baca terus artikel ini sampai selesai:

Apa itu Ikigai?

Ikigai adalah kata dalam bahasa Jepang yang artinya diterjemahkan secara kasar menjadi alasan keberadaan, meliputi kegembiraan, rasa tujuan dan makna serta perasaan sejahtera.

Kata iki berasal dari kata hidup dan kai yang berarti perwujudan harapan dan harapan. Dalam bisnis, penggabungan elemen ikigai ke posisi karyawan dianggap menghasilkan tingkat keterikatan dan produktivitas karyawan tertinggi, sekaligus mendorong kepuasan kerja dan loyalitas kepada organisasi.

Dalam bukunya Taking Flight, Anthony de Mello menulis tentang menemukan ikigai dengan memeriksa tanggapan Anda terhadap empat pertanyaan:

  • Apa yang kamu sukai?
  • Apa yang Anda kuasai?
  • Anda dapat dibayar untuk apa?
  • Apa yang dibutuhkan dunia?

Bagaimana Ikigai Membantu Hidup dan Bisnis Anda Lebih Baik?

Verikut ini adalah empat faktor ikigai dan bagaimana kami dapat menerapkannya pada hidup dan bisnis untuk membantu menyeimbangkan dan menyelaraskan organisasi Anda.

1. Apa yang Anda sukai?

Pertama adalah menemukan dan mengklarifikasi apa yang benar-benar Anda sukai. Untuk seorang individu, itulah yang ingin Anda lakukan. Untuk sebuah perusahaan, pekerjaan itulah yang memotivasi budaya organisasi. Ini bisa berupa aktivitas tertentu, dampak yang Anda miliki di dunia, atau pelanggan yang ingin Anda bantu.

Beberapa contoh yang terlintas dalam pikiran: Apple senang menciptakan teknologi yang indah, Toms Shoes suka membantu komunitas yang kurang terlayani, dan Google suka mengatur informasi. Triknya adalah meskipun banyak hal yang Anda sukai untuk dilakukan, hanya beberapa di antaranya yang orang butuhkan.

2. Apa yang Anda kuasai?

Meskipun Anda mungkin suka melakukan banyak hal, Anda sebenarnya hanya akan ahli dalam beberapa hal. Dan untuk menjalani kehidupan yang bermakna dan menjadi bisnis yang seimbang, Anda perlu memastikan bahwa Anda ahli dalam apa yang Anda lakukan.

Di sinilah ikigai berangkat dari nasihat umum untuk hanya “lakukan apa yang Anda sukai” dan yang lainnya akan mengikuti. Faktanya, hanya melakukan apa yang Anda sukai tidak akan menghasilkan kehidupan yang bermakna. Anda juga harus pandai mengauasai hal itu.

3. Apa yang dibutuhkan dunia?

Terlepas dari apakah Anda seorang individu atau bisnis, jika hal yang Anda fokuskan tidak benar-benar dibutuhkan di dunia, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk membuat dan melakukan hal-hal yang tidak akan digunakan dan tidak dihargai.

Fokus Anda perlu menyediakan produk atau layanan yang diinginkan dan dibutuhkan oleh seseorang di suatu tempat.

Meskipun boleh saja memiliki niche, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki pasar yang cukup besar untuk membangun bisnis. Untungnya, di dunia yang sangat terhubung saat ini, Anda dapat menciptakan pasar yang sangat khusus dan menjangkau mereka secara global melalui internet.

4. Untuk apa Anda dibayar?

Meskipun Anda dapat menemukan sesuatu yang Anda sukai, sesuatu yang Anda kuasai, dan sesuatu yang dibutuhkan orang-orang, jika Anda tidak dapat mengenakan biaya yang cukup untuk menutupi biaya Anda plus menghasilkan keuntungan yang wajar, Anda tidak akan sukses.

Masalah yang dipecahkan oleh produk atau layanan Anda harus cukup penting untuk mendorong orang agar bersedia membayar layanan atau produk yang Anda berikan. Jika tidak, Anda membangun organisasi amal, bukan bisnis.

Sama seperti penduduk Okinawa dimana ikigai berasal, bisnis besar telah menemukan titik manis yang mencakup keempat faktor ini dan telah menguasai seni ikigai. Dan, seiring mereka berevolusi dan berubah seiring dengan dunia, mereka terus memantau dan mengasah tindakan penyeimbangan ini.

Jika dilakukan dengan buruk, ini akan menghasilkan kinerja yang di bawah standar dan kegagalan. Jika dilakukan dengan baik, hal itu dapat menciptakan kehidupan yang penuh makna dan berdampak luas.

ikigai adalah 2

Mendorong Tujuan dan Keterlibatan Organisasi dengan Ikigai

Menelusuri tujuan yang jelas dalam  hidup kita, atau Ikigai, adalah sesuatu yang dikejar manusia selama beberapa generasi. Menjadi semakin jelas bahwa tujuan memainkan peran kunci dalam kesehatan karyawan dan kesuksesan organisasi secara keseluruhan.

Dan saat kita menjadi masyarakat yang lebih dinamis, orang-orang mencari tujuan dan makna melalui kehidupan kerja mereka, dan kita melihat pergeseran progresif di mana karyawan tidak terlalu peduli tentang pemenuhan moneter dan lebih banyak tentang bagaimana pekerjaan mereka berupaya untuk memenuhi tujuan yang lebih besar.

Faktanya, sebuah studi terbaru oleh LinkedIn menemukan bahwa 74 persen kandidat pelamar kerja menginginkan pekerjaan yang menurut mereka penting.

Budaya tempat kerja tumbuh subur saat organisasi dan karyawannya mengidentifikasi dan memelihara tujuan kolektif mereka.

Tujuan di tempat kerja

Meskipun diketahui bahwa mengetahui tujuan Anda menghasilkan banyak manfaat pribadi termasuk peningkatan kesehatan dan umur panjang, tidur, kesehatan mental, fungsi kognitif, dan ketahanan, sering kali dilupakan di tengah meningkatnya tuntutan, tenggat waktu dan dalam memperjuangkan intinya adalah dalam konteksnya. di tempat kerja, tujuan sangat kuat.

Di tempat kerja, tujuan kolektif mengacu pada tujuan dan nilai bersama dari organisasi dan orang-orangnya. Ini adalah pemahaman tentang ‘mengapa’ bisnis – mengapa bisnis itu ada dan mengapa itu penting.

Dengan tidak adanya tujuan, organisasi hampir pasti menjadi fokus pada metrik, dan kehilangan kebutuhan manusiawi kita akan tujuan dan keinginan kita untuk terlibat dalam pekerjaan yang bermakna.

Tujuan bersama beroperasi sebagai kekuatan pendorong di belakang staf, mendorong mereka maju dengan arah yang jelas dan tujuan yang diakui bersama.

Tanpa tujuan organisasi, karyawan Anda hanya meluangkan waktu. Pikiran mereka mungkin tertarik, tetapi hati mereka tidak. Namun, ketika sebuah bisnis menetapkan tujuan kolektif, ia kehilangan kebutuhan akan pendekatan garis keras pada produktivitas dan inovasi.

Pekerja yang setuju dengan tujuan perusahaan dimotivasi dari dalam, yang berarti metode tekanan top-down kuno untuk kinerja dan hasil sebagian besar menjadi tidak diperlukan.

“Tanpa tujuan organisasi, karyawan Anda hanya meluangkan waktu. Pikiran mereka mungkin terlibat, tetapi hati mereka tidak akan “

Dalam arti individu, pemimpin yang memahami tujuan pribadinya cenderung lebih fokus, efisien, dan produktif, dan cenderung tidak mengalami kesusahan dan kekhawatiran.

Mereka juga lebih cenderung percaya diri dengan kemampuan mereka dan lebih tangguh dalam menghadapi tugas dan masalah yang kompleks. Dalam jangka panjang, orang dengan tujuan mengalami peningkatan vitalitas, optimisme, dan kepuasan kerja. Dalam sebagian besar kasus, mereka juga pensiun di kemudian hari daripada mereka yang tidak memiliki tujuan.

Menemukan tujuan Anda

Menemukan tujuan Anda dimulai dengan tugas mengidentifikasi nilai seseorang. Mulailah dengan menyoroti apa yang paling penting bagi Anda, baik dalam konteks rumah dan tempat kerja.

Tugas sederhana untuk mengidentifikasi nilai-nilai secara efektif memprioritaskan komitmen dan persyaratan hidup, menghasilkan pemahaman perspektif yang mendasar dari mana tujuan muncul.

Anda dapat melakukan ini dengan mendarat di Ikigai Anda, konsep Jepang yang dapat dipahami sebagai alasan keberadaan Anda. Ikigai memanggil Anda untuk memanfaatkan hasrat, bakat, dan keterampilan Anda untuk mengidentifikasi peran dan makna Anda dalam masyarakat.

Menemukan Ikigai Anda mengarah pada tujuan yang lebih jelas dan peningkatan kepositifan, yang tercermin dalam sikap, perilaku, dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Pada akhirnya, manfaat ini juga berdampak pada kehidupan kerja seseorang, dengan orang-orang yang telah mengidentifikasi Ikigai melaporkan tingkat produktivitas, efisiensi, dan keterampilan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Untuk menemukan Ikigai Anda, tanyakan pada diri Anda pertanyaan yang telah kami bahas sebelumnya yang adalah:

  • Apa yang kamu sukai?
  • Apa yang Anda kuasai?
  • Apa yang dibutuhkan dunia?
  • Anda dapat dibayar untuk apa?

“Ketika bisnis menetapkan tujuan kolektif, ia kehilangan kebutuhan akan pendekatan garis keras pada produktivitas dan inovasi”

Bagaimana mendorong tujuan organisasi?

Sehubungan dengan bisnis, sebagian besar organisasi memiliki misi atau pernyataan visi yang mengkomunikasikan apa bisnis itu dan apa artinya.

Masalahnya adalah bahwa sebagian besar organisasi memperlakukan ini sebagai latihan kotak centang, daripada alat berharga yang dapat digunakan untuk mendorong persaudaraan dan mengkomunikasikan tujuan.

Untuk mendorong tujuan organisasi, cobalah mengintegrasikan langkah-langkah berikut:

  • Pimpin dari atas. Menciptakan tempat kerja yang memiliki tujuan membutuhkan komitmen dan tindakan dari semua tingkatan organisasi. Untuk memungkinkan staf menemukan tujuan mereka, para pemimpin pertama-tama harus berusaha untuk menemukan dan mengartikulasikan tujuan mereka.
  • Komunikasikan tujuan sesering mungkin. Mengkomunikasikan tujuan organisasi, mendorong karyawan untuk ikut serta. Ini termasuk keinginan tulus untuk meningkatkan kehidupan kerja karyawan.
    Jangkar pengambilan keputusan Anda adalah pada tujuan. Dalam setiap keputusan yang Anda buat, tanyakan pada diri Anda, “apakah keputusan ini sejalan dengan tujuan organisasi?”
  • Dapatkan dukungan karyawan. Tanyakan kepada karyawan apa yang penting bagi mereka dan cobalah untuk mengintegrasikan umpan balik mereka ke dalam tujuan organisasi secara keseluruhan.

Sangat mudah untuk mengabaikan konsep tujuan sebagai sesuatu yang berlebihan, terutama dalam konteks tempat kerja, namun demikian, tujuanlah yang memisahkan bisnis rata-rata dari bisnis yang sukses, sehat, dan tumbuh cepat.

Pemahaman dan apresiasi terhadap tujuan seseorang adalah apa yang mendorong pekerja untuk melampaui dan melampaui, mempertahankan kesejahteraan mereka, dan pada gilirannya, mempertahankan organisasi dengan baik di masa depan.

Kesimpulan

Itu adalah pembahasan lengkap mengenai ikigai dan tips menggunakannya pada organisasi bisnis Anda. Memastikan apa tujuan adalah hal terpenting dalam sebuah bisnis dalam mencapai kesuksesan. Jangan sampai terjadi bias, hingga para anggota dan karyawan Anda kebingungan tentang apa yang harus mereka lakukan, termasuk dalam tujuan keuangan bisnis Anda.

Untuk kemudahan pengaturan keuangan dan pembukuan pada usaha, ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan mudah digunakan, salah satunya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan dikembangkan sejak 20 tahun lalu.

Jika ada yang ingin ditanyakan silakan hubungi ke no wa di 087865356777  ( Handry Liem )

Related posts

Tips Budidaya Ikan Nila dan Prospek Bisnis Besar di Dalamnya

Erapuji

Social Commerce, Cara Baru Menjual Produk Secara Langsung dari Media Sosial

Eri Katsir

Mengenal Pengertian Strategi Marketing Dan Manfaatnya

Erapuji