28.7 C
Jakarta
May 15, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Berita Manajemen

Integrated Marketing Communication untuk Strategi Pemasaran yang Lebih Maksimal, Ini Penjelasannya!

Dewasa ini, IMC atau Integrated Marketing Communication sudah menjadi salah satu metode yang semakin populer di dalam dunia pemasaran.

Pada dasarnya, IMC itu sendiri sebenarnya bukanlah hal yang baru. Metode ini sudah digunakan sejak pertengahan tahun 1980 an yang kala itu diperkenalkan oleh Don Schultz dalam bukunya yang berjudul Integrated Marketing Communication.

Saat ini, aktivitas IMC di jaman yang serba canggih sudah berkembang dengan cepat dan bisa dilakukan pada berbagai media offline maupun online. 

Apa itu Integrated Marketing Communication?

Integrated marketing communication (IMC) adalah suatu metode tentang bagaimana suatu bisnis bisa disampaikan dengan pesan yang sama pada seluruh media pemasaran.

Tujuan utama dari dilakukannya kegiatan ini adalah agar bisa memengaruhi banyak orang dengan elemen promosi di dalamnya yang mampu menyentuh tingkat kognisi, afeksi, serta konasi.

Biasanya, elemen pemasaran yang digunakan di dalamnya adalah soft sell dan hard sellSoft sell dalam hal ini mencakup advertising, public relation atau PR, CSR, dan interactive marketing dengan tujuan untuk bisa memengaruhi audiens kepada tingkatan kognisi serta afeksi.

Disisi lain, hard sell yang diantaranya berupa personal selling, direct selling serta sales promotion digunakan untuk bisa memengaruhi audience pada tingkat konasi.

Pentingnya Melakukan Strategi Integrated Marketing Communication

Strategi pemasaran berupa integrated marketing communication sangat mampu membantu setiap marketing dalam perusahaan dalam mencapai target penjualannya, hal itu dikarenakan:

  • IMC dilakukan dengan tujuan guna menyampaikan suatu pesan secara konsisten, sehingga setiap calon konsumen benar-benar mampu menerima dan juga memahami pesan yang nantinya ingin disampaikan.
  • IMC juga sangat berguna dalam membangun citra suatu brand. Seluruh unsur-unsur yang terdapat dalam suatu merek juga akan di ikut sertakan juga akan lebih mudah untuk diterima oleh
  • IMC juga sangat penting untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Di dalam dunia digital, setiap audience tidak hanya mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan saja, mereka juga memerlukan pengalaman yang benar-benar mampu memenuhi ekspektasinya.
  • Selain mampu memperkuat pesan yang kuat di dalam pikiran audience, IMC juga mampu menjadi pesan dan tujuan yang jelas di dalam bisnis Anda sendiri.

Penerapan Strategi Integrated Marketing Communications

Dibawah ini adalah beberapa alasan untuk setiap pebisnis dalam melakukan strategi pemasaran produk dengan integrated marketing communication.

  • Integrated marketing communication dilakukan agar bisa menyampaikan seluruh pesan yang dalam suatu produk secara konsisten. Hingga pada akhirnya konsumen benar-benar memahami dan mengerti pesan yang terkandung pada sebuah produk.
  • Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa IMC mampu membangun suatu kesan baik pada brand atau perusahaan. Tidak terbatas pada pesan pada produk saja, tapi pada produk lainnya pun konsumen akan lebih memahami.
  • Yang termasuk dalam ciri-ciri promosi tersebut adalah logo, konten dan pesan suara yang mampu disampaikan dengan baik, sehingga akan mampu menghasilkan suatu merek produk yang lebih mudah diketahui dan diingat oleh publik.
  • Dengan menerapkan integrated marketing communication, tidak hanya bermanfaat dalam membangun pengalaman yang baik dengan konsumen saja. Namun karena canggihnya teknologi di dalam dunia digital, maka konsumsi juga tidak hanya mencari produk berdasarkan kualitas dan pelayanannya saja. Konsumen juga memerlukan produk yang memiliki review yang sesuai dengan keperluannya.
  • Dengan adanya pesan produk yang baik di dalam integrated marketing communication, maka konsumen yang sudah merasakan produk Anda juga akan bersedia untuk menentukan bagaimana pesan produk Anda bisa tersampaikan di masyarakat, sehingga mampu menghasilkan suatu keuntungan yang baik untuk perusahaan.

Jenis Contoh Integrated Marketing Communications

Berikut ini adalah beberapa jenis contoh dari integrated marketing communication:

1. Promosi Iklan

Salah satu jenis promosi yang dilakukan secara soft selling adalah iklan. Di dalamnya, iklan berguna untuk menunjukkan suatu kelebihan produk dan mengetahui posisinya daripada produk yang lainnya. Umumnya, iklan bisa digunakan pada berbagai media, seperti televisi, media sosial, radio, dll.

Selain itu, iklan juga berguna untuk memberikan pengetahuan akan suatu brand kepada konsumen. Contoh sederhananya adalah pemasaran produk iklan Indomie, iklan promosi yang mereka lakukan selalu memberikan kesan dan keinginan pengetahuan yang selalu muncul di dalam benak konsumen.

Saat mengonsumsi produk tersebut, kesan yang selalu ditimbulkan adalah makanan yang enak dan harum, sehingga pesan juga akan lebih mudah disampaikan kepada konsumen.

2. Promosi Public Relation atau Hubungan Masyarakat

Sama seperti customer service yang menjadi bagian dari hubungan masyarakat, konsep publik relation juga bisa dilakukan secara langsung. Cara ini adalah salah satu cara bagi calon konsumen untuk lebih dalam mengenal perusahaan atau brand Anda.

Strategi ini harus bisa dilakukan secara ramah dan ceria, sehingga mampu memberikan kesan positif untuk konsumen dan mengundang mereka untuk bisa datang kembali.

Konsep public relation ini adalah sebagai salah satu bentuk dari integrated marketing communication dalam hal meningkatkan kepercayaan konsumen pada brand dan juga produk Anda.

3. Promosi Melalui Sales Promotion

Sales promotion adalah salah satu promosi penjualan produk yang baik di dalam integrated marketing communication. Contoh sederhananya adalah diskon dan juga bonus, setiap pebisnis pada umumnya akan melakukan promosi beli satu gratis satu atau potongan harga pada jumlah belanjaan dengan minimal pembayaran yang sudah ditentukan.

Cara ini mampu meningkatkan minat konsumen untuk membeli dan juga mempromosikan produk Anda ke kerabat atau teman-temannya yang lain.

4. Promosi Melalui Event & Experience

Konsep pemasaran lainnya yang terdapat pada integrated marketing communication adalah event atau experience, misalnya saja suatu brand produk yang mengikuti promosi pada konser musik atau acara anak muda lainnya.

Pada umumnya, produk brand tersebut akan menjadi suatu produk sponsor dan akan dipromosikan secara halus, sehingga akan menampilkan suatu figur yang menjadi idola masyarakat sebagai brand ambassador dari produk tersebut.

5. Promosi Melalui Direct Selling

Direct selling adalah salah satu contoh dari penerapan hard selling, yang di dalamnya akan dilakukan penjualan produk secara langsung. Di dalamnya juga pihak marketing akan menunjukkan kelebihan produk dan akan mampu memengaruhi pengalaman konsumen.

Direct selling biasanya akan menjual suatu produk dari seseorang ke beberapa orang lainnya atau juga bisa dengan menampilkan suatu produk di supermarket atau mall.

Tujuan Rencana Integrated Marketing Communications

Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan untuk bisa mencapai hasil yang maksimal dalam melakukan strategi integrated marketing communication, yakni:

1. Menganalisis situasi pemasaran iklan, caranya adalah dengan menganalisa kelebihan dan kelemahan memanfaatkan data yang faktual, memahami titik permasalahannya, dan juga mencari tahu solusinya.

2. Menganalisis informasi yang diberikan, salah satu caranya adalah dengan memahami hasil analisa pada setiap tanggapan dari penerimaan informasi, tahapan dalam pengiriman informasi, dan juga media informasi yang digunakan.

3. Menyusun anggaran biaya, caranya dengan mengetahui apakah modal sudah tersedia dengan baik atau dengan menentukan segmen pasar, lokasi target pasar, dan nominal biaya yang diperlukan dalam menyusun strategi periklanan.

4. Mengembangkan program integrated marketing communication dengan menempuh seluruh program komunikasi pemasaran.

5. Menerapkan dan mengintegrasikan strategi integrated marketing communication, caranya adalah dengan melakukan strategi marketing mix, dan melakukan berbagai hal yang sudah ditetapkan sesuai rencana yang sudah disusun.

6. Kontrol, pantau serta evaluasi seluruh konsep integrated marketing communication, caranya adalah dengan mengevaluasi efektivitas hasil kerja. Sehingga, hasilnya akan bisa dilihat apakah strategi yang ditempuh sudah sesuai dengan rencana atau belum.

Penutup

Dengan menerapkan integrated marketing communication, maka Anda tidak hanya bisa memperkuat pesan yang akan diterima oleh konsumen, Anda juga akan memiliki tujuan yang lebih jelas. Sehingga, bisa kesuksesan perusahaan bisa diraih dengan tepat.

Namun, penerapan integrated marketing communication ini membutuhkan anggaran marketing yang cukup agar bisa sukses dijalankan. Nah, agar lebih mudah dalam mengatur anggaran dana di bidang marketing atau di bidang lainnya, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai proses akuntansi, mulai dari laporan arus kas,rekonsiliasi bank, laporan perubahan modal, dll. Accurate Online juga akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai proses akuntansi yang rumit. Jadi, Anda bisa mencatat seluruh transaksi laporan keuangan Anda dengan cepat.

Tertarik? Anda bisa menghubungi ke no wa di 087865356777 ( Handry Liem )

Related posts

Accurate Online x iSeller Solusi Cerdas untuk Bisnis di Tengah Pandemi

admin

Project Management Adalah: Aspek, Tahapan, dan Tujuannya

Handry