ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Kisah Sukses Sandiaga Uno, Dari Pegawai Sampai Pengusaha

Sandiaga Uno baru-baru ini diangkat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif oleh Presiden Joko Widodo menggantikan Wishnutama. Sejak mencalonkan diri sebagai wakil presiden di Pilpres 2019, nama Sandiaga Uno santer terdengar. 

Sandiaga Uno merupakan sosok pengusaha inspiratif yang memulai karirnya dari seorang pegawai. Ia aktif membina para UKM untuk meningkatkan level bisnis mereka melalui pelatihan dan pemberian modal. Dalam artikel ini, kita akan membahas kisah sukses Sandiaga Uno dalam membangun karirnya sebagai pengusaha di berbagai lini bisnis. 

Pernah kena PHK

Setelah lulus dari Wichita States University di Amerika, Sandiaga Uno mengawali karirnya sebagai karyawan di Bank Summa. Karirnya meningkat setelah Ia masuk sebuah perusahaan di Singapura sebagai manajer investasi Seapower Asia Investment Limited. 

Pada tahun 1995, Sandiaga Uno mendapat kesempatan menjabat Wakil Presiden Eksekutif di NTI Resources Ltd di Kanada dengan gaji fantastis sebesar USD8.000 per bulan. Sayangnya, dua tahun kemudian terjadi krisis moneter sehingga perusahaan Sandi pun terdampak. 

Seperti kebanyakan orang lainnya pada saat itu, Sandi pun menjadi korban PHK dan harus memulai segalanya lagi dari nol. Sandiaga Uno pulang ke Indonesia dan berharap mendapat pekerjaan baru. 

Meski memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang bagus, tidak mudah bagi Sandi untuk mendapatkan pekerjaan. Ia mengirim lamaran kerja hingga ke 25 perusahaan dan semuanya menolak. 

Memulai Bisnis

Menjadi korban PHK dan susah mendapatkan kerja lagi memicu Sandi untuk menjadi seorang pengusaha. Bila sebelumnya ia hanya bekerja untuk perusahaan orang lain, kini ia ingin membangun bisnisnya sendiri. Sandiaga Uno merintis perusahaan jasa konsultan keuangan bernama PT Recapital Advisors bersama seorang temannya. 

Namun, bisnis tersebut ternyata tak semanis yang dibayangkan. Banyak calon klien perusahaanya yang masih memandang bisnis Sandiaga Uno.  Baru setelah enam bulan mulai ada klien yang percaya dengan jasa yang ditawarkan oleh Sandi. 

Bisnis tersebut ternyata membuka nasib baik bagi pria yang lahir pada 28 Juni 1969 itu. Jaringan pertemannya semakin meluas hingga akhirnya Ia bisa mendirikan perusahaan investasi yakni  PT Saratoga Investama Sedaya. 

Lini bisnis yang digarap oleh Saratoga Investama cukup beragam seperti telekomunikasi sampai pertambangan. Hingga 2009, setidaknya terdapat 12 perusahaan yang telah dibeli oleh PT Saratoga Investama. 

Prinsip Hidup Sandiaga Uno

Dalam meraih kesuksesannya, Sandiaga Uno selalu berpegang pada prinsip 4K yang diyakininya sejak dulu. Prinsip 4K tersebut adalah sebagai berikut. 

Kerja Keras

Segala sesuatu harus dikerjakan dengan serius, tidak setengah-setengah dan tidak selalu harus menggantungkan diri pada orang lain. Pengalaman menjadi pengangguran karena krisis ekonomi memberikan pengalaman hidup yang luar biasa pada diri Sandiaga Uno. Ia sadar harus bangkit dari kondisi yang sulit pada saat itu dengan kerja keras.

Kerja Cerdas

Kerja cerdas mendorong seseorang untuk bekerja secara efisien, mampu meraih hasil yang besar dengan kerja yang sedikit. Sebagai seorang fund manager di perusahaan investasi yang digelutinya, Sandiaga Uno harus menerapkan metode ini. Ia dan tim harus mampu melihat potensi sebuah bisnis dan menentukan apakah berinvestasi di perusahaan tersebut akan menguntungkan atau tidak. 

Kerja Tuntas

Kerja tuntas berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam mengorganisasikan pekerjaan, dari hulu hingga ke hilir. Sebagai seorang pengusaha, kita harus memastikan bahwa setiap bagian dari proses kerja, dari produksi hingga pemasaran ke konsumen dilakukan secara tepat. 

Kerja Ikhlas

Kerja ikhlas berarti mengerjakan segala sesuatu dengan penuh kerelaan, tidak menjadikannya suatu beban. Hal ini bisa dilakukan bila kita mulai mencintai apa yang kita kerjakan. Begitu pula dengan Sandiaga Uno, meski “terpaksa” menjadi seorang pengusaha, Sandi akhirnya menikmati karirnya sebagai pebisnis. Akhirnya, ia pun menjalani pekerjaannya dengan penuh keikhlasan. 

Itulah beberapa hal mengenai sosok pengusaha sukses Sandiaga Uno. Semoga dapat menginspirasi kamu para pengusaha muda yang saat ini sedang berjuang menjalani bisnis. 

Jika usaha yang kamu jalani sedang berkembang dengan pesat, mulailah mengefisienkan proses kerja keuangan dengan menggunakan Accurate Online. Software akuntansi yang sudah digunakan oleh ratusan ribu perusahaan di Indonesia ini dapat membantu kamu untuk membuat laporan keuangan yang mudah dan rapi. Software Accurate Online dapat diakses GRATIS selama 30 hari.

[andaman_services_button display=”block” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Related posts

3 Cara Praktis Lapor Pajak Secara Online Tanpa Ribet dan Ngantri !

ademuthia

10 Peluang Bisnis dengan Modal 1 Juta Rupiah, Tertarik untuk Mencoba? (Part I)

ademuthia

Bosan Jadi Pengangguran? Daftar Kerja di Accurate Aja

admin