skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Pentingkah Manajer Keuangan Dalam Sebuah Perusahaan?

Pentingkah Manajer Keuangan dalam Sebuah Perusahaan?

Manajer Keuangan – Sebagai seorang karyawan pasti ingin memiliki jenjang karir yang jelas dan cemerlang di perusahaan tempat mereka bekerja. Salah satu jenjang karir yang diidam-idamkan oleh para karyawan adalah menjadi seorang manager. Namun, menjadi manager biasanya disandang oleh kalangan yang sudah memiliki pengalaman. Faktor tersebut biasanya diukur dari usia, karena usia mencerminkan “kematangan” seseorang dalam memimpin dan mengambil keputusan.

Akuntansi dan keuangan, merupakan 2 hal yang sangat vital dan menjadi rujukan utama perusahaan saat akan mengambil sebuh keputusan besar. Baik itu untuk pengembangan perusahaan ataupun keputusan-keputusan lainnya. Maka dari itu, harus ada orang-orang kompeten dibidangnya yang berada dalam divisi keuangan dan akuntansi sebuah perusahaan.

Manajer keuangan adalah manajer perusahaan yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan penting mengenai keputusan investasi dan pendanaan, Manajer keuangan akan terlibat langsung dalam perencanaan dan pengendalian penggunaan dana.

Manajer keuangan mempunyai peranan yang besar dalam memperlancar aliran kas atau danakarena manajer keuangan bertindak sebagai “perantara” (intermediary) yang berada pada posisi diantara sumber atau pemberi dana (Pasar modal, Bank, danPemberikredit).

Fungsi Manajer Keuangan

Fungsi Manajer keuangan adalah memperoleh dan menggunakan dana untuk menghasilkan kontribusi yang maximum terhadap operasi yang efisien dari suatu organisasi, selain itu fungsi manajer keuangan adalah berperan sangat penting dalam pengambilan keputusan dalam pengaturan pendanaan, yaitu sebagai berikut :

  • Keputusan investasi (Investment decision), keputusan dalam penentuan aktiva riil yang dibutuhkan perusahaan.
  • Keputusan pembelanjaan  (Financing decision), keputusan yang berkaitan dengan bagaimana mendapatkan dana.
  • KebijakanDividen (Dividen policy).
  • Keputusan manajemen aktiva, Keputusan yang berkaitan dengan pengeluaran aktiva dengan efisien (manajemen aktiva lancer

Tugas Utama Manajer Keuangan

Tugas utama manajer keuangan adalah bertanggung jawab untuk membantu perencanaan bisnis dan pengambilan keputusan dengan memberi nasihat keuangan yang sesuai. Adapun tugas dari manajer keuangan yang lainnya adalah sebagai berikut:

  • Bekerja sama dengan manajer lainnya untuk merencanakan serta meramalkan beberapa aspek dalam perusahaan termasuk perencanaan umum keuangan perusahaan.
  • Menjalankan dan mengoperasikan roda kehidupan perusahaan se-efisien dan se-efektif mungkin dengan menjalin kerja sama dengan manajer lainnya.
  • Mengambil keputusan penting dalam investasi dan berbagai pembiayaan serta semua hal yang terkait dengan keputusan tersebut.
  • Menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, di mana perusahaan dapat memperoleh dana dan surat berharga perusahaan dapat diperdagangkan.

Tanggungjawab Utama Manajer Keuangan

Tanggung jawab utama dari manajer keuangan antara lain sebagai berikut:

  • Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan, serta pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
  • Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan, serta mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan.
  • Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat.
  • Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem serta prosedur keuangan dan akuntansi. Selain itu juga mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan tertib dan teratur.
  • Merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan.
  • Merencanakan, mengkoordinasi, dan mengontrol arus kas perusahaan (cash flow), terutama pengelolaan piutang dan utang. Sehingga, hal ini dapat memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan kondisi keuangan dapat tetap stabil.

 

Dengan berbagaimacam kewajiban yang harus dipikul oleh seorang manajer keuangan, maka penting bagi seorang manajer keuangan untuk memiliki skill dan pengalaman yang mumpuni di bidang akuntansi dan keuangan. Selain itu sebagai seorang manajer keuangan harus lihai dalam mengoperasikan software penunjang pekerjaan akuntansi seperti Accurate online.

Accurate Online mampu membantu manajer keuangan perusahaan Anda dalam menghasilkan laporan keuangan yang cepat, tepat dan pastinya akurat. Sehingga dapat mempermudah para manajer untuk menganalisa laporan keuangan dan dapat memberikan keputusan terbaik untuk perkembangan usaha Anda.

Tertarik untuk Mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top