ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Mengenal Sejarah Perkembangan Mesin Kasir

Mengenal Sejarah Perkembangan Mesin Kasir

Pernahkah Anda membayangkan apa yang terjadi jika suatu toko tidak didukung dengan adanya mesin kasir? Nah, kondisi tersebut tentunya pernah dialami sebelum tahun 1878. Saat itu, pemilik toko akan kesulitan untuk menghitung untung rugi bisnis nya karena hanya melakukan perhitungan dan mencatat seluruh detail transaksi secara manual.

Terlebih lagi, saat itu setiap pegawai yang malas dan tidak jujur masih dianggap wajar. Lantas, seorang pemilik salon asal Ohio, Amerika Serikat bernama James Jacob Ritty berhasil menciptakan mesin yang mampu membantu pencatatan komponen pajak dalam suatu penjualan.

Mesin kasir tersebut terbukti mampu membantu para pemilik usaha dan pelanggannya karena seluruh alur bisnis bisa berjalan secara lebih baik.

Terciptanya Mesin Pencatat Laporan Penjualan

Seiring berkembangnya zaman, maka mesin kasir hasil ciptaan Ritty pun mulai diperbarui dengan tambahan fungsi dan fitur. Sebuah perusahaan raksasa seperti Casio dan Sharp pun berlomba untuk mengembankan mesin kasir dan mulai memperjualkannya di seluruh dunia.

Mesin kasir tersebut memiliki tingkat kualitas yang sangat baik dan mampu mencatat berbagai laporan penjual sehingga mampu memaksimalkan seluruh proses bisnis pada suatu perusahaan.

Mesin kasir di Tahun 2000-an

Lantas, di abad ke 21 mesin kasir pun mulai banyak mengalami perubahan. Terdapat mesin kasir yang memang berfungsi khusus untuk menghitung jumlah transaksi, dan ada juga mesin kasir yang sudah terhubung dengan teknologi komputasi cloud dengan berbagai fitur pendukung di dalamnya.

Perkembangan mesin kasir paling baik saat ini adalah mesin kasir yang berbasis website atau aplikasi yang sudah terhubung dengan internet, selanjutnya mesin tersebut pun dikenal dengan istilah Point of Sales (POS)

Setiap pebisnis hanya perlu menyediakan perangkat gadget berupa ponsel pintas, jaringan internet, dan mesin printer kasir. Nantinya, teknologi tersebut akan langsung menghitung total transaksi pelanggannya.

Khusus untuk sistem POS yang berbasis aplikasi, maka penggunanya hanya perlu mendownload nya secara langsung di Playstore atau appstore dan tinggal memanfaatkan beragam fitur dengan harga yang cenderung sangat terjangkau. Oleh karena itu, jangan kaget jika saat ini sudah banyak sistem POS terbaru atau Cloud POS dan juga sudah banyak pebisnis yang menggunakannya.

Penggunaan Mesin Kasir

Pada mulanya, pemanfaatan mesin kasir ini hanyalah digunakan untuk mencatat suatu komponen pajak di dalam suatu penjualan. Lantas, fungsi tersebut bertambah menjadi alat yang mampu mencatat berbagai penjualan.

Bahkan, mesin kasir dengan sistem POS yang tersedia saat ini sudah dilengkapi dengan fitur lain, seperti manajemen karyawan, pengelolaan stok persediaan, program loyalitas pelanggan, atau memantau laporan penjualan. Dengan memanfaatkan Cloud POS, maka setiap pebisnis bisa mengakses laporan penjualannya kapanpun dan dimanapun secara real time.

Macam-Macam Mesin Kasir

1. Electronic Cash Register (ECR)

Jenis mesin kasir offline ini adalah salah satu mesin kasir yang paling banyak dan paling mudah kita temui di restoran ataupun di toko kecil, dengan adanya uang laci yang bisa terbuka jika transaksi penjualan sudah diterima oleh kasir.

2. Point of Sale (POS)

POS adalah mesin kasir versi terbaru dan tercanggih daripada ERC. Sistem POS ini sudah berbasis komputer, menggunakan aplikasi, atau menggunakan aplikasi kekinian yang mampu membantu setiap pebisnis untuk mencatat laporan penjualan, informasi pembelian, daftar inventaris dan data lainnya.

Selain itu, pencatatan yang dilakukan oleh sistem ini juga lebih detail dan akurat, serta mampu membaca purchasing behavior yang dilakukan pembeli agar bisa dijadikan data akurat jika sewaktu-waktu pemiliknya bisnis ingin menawarkan suatu diskon spesial.

3. MPOS dan Cloud POS

MPOS (mobile point of sale) adalah suatu sistem POS yang memanfaatkan tablet ataupun perangkat mobile lainnya, dan bisa dijalankan dengan sistem operasi iOS, Android, atau Windows.

Sistem POS yang satu ini sudah didukung dengan teknologi cloud, sehingga mampu memberikan data bisnis yang lebih komprehensif dan juga mampu membantu setiap pebisnis dalam memantau data penjualannya secara langsung, dimana saja dan kapan saja.

Kehadiran MPOS terbukti mampu memudahkan setiap pengusaha untuk mendapatkan akses ke teknologi yang lebih modern dan tetap mudah untuk digunakan.

Penutup

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa aplikasi kasir adalah aplikasi yang sangat berguna untuk setiap pebisnis.

Bahkan, saat ini setiap pebisnis bisa menggunakan aplikasi kasir dengan harga yang cenderung terjangkau, seperti yang disediakan oleh Accurate POS.

Accurate POS adalah salah satu aplikasi POS yang mampu membantu Anda dalam menjalankan bisnis secara lebih maksimal. Selain itu, Accurate POS juga bisa membantu Anda dalam mencatat laporan penjualan secara langsung, memberikan hak akses pada setiap staff Anda, dan memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan transaksi.

Sumber artikel: ibnuismail

Klik disini untuk informasi dan Trial Accurate POS Beta

 

Related posts

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H – Info libur ACCURATE Business Center Plaza Semanggi

ademuthia

Masa Sih UKM dan UMKM Bisa Jadi Jawara Baru Komoditi Ekspor Indonesia? Cari Tahu di Sini

ademuthia

Daftar Situs Gratis Membuat Logo Online Untuk UMKM

admin