33.4 C
Jakarta
June 21, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
AkuntansiBisnis

Mengenal SKU Analysis: Optimalkan Gudang dan Keuntungan Bisnismu

Dalam dunia bisnis, SKU analysis menjadi salah satu kunci penting dalam mengelola persediaan dan mengambil keputusan yang tepat terkait restocking. SKU analysis, singkatan dari Stock Keeping Unit, mencakup pengawasan terhadap jumlah SKU yang dimiliki oleh suatu usaha serta analisis mendalam terhadap data SKU yang tersedia. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi berharga dan mengambil keputusan terbaik guna meningkatkan efisiensi usaha dan manajemen gudang.

Baca juga : 3 Tips Manfaatkan Customer Service untuk Bikin Penjualan Makin Tokcer!

Mengapa SKU Analysis Perlu Dilakukan?

1. Mengurangi SKU Proliferation

Seiring berkembangnya usaha, muncul kecenderungan untuk menciptakan variasi produk yang beragam. Meskipun variasi ini dapat meningkatkan pendapatan, namun jika tidak terjual dengan baik, akan menimbulkan masalah. SKU proliferation dapat membuat gudang penuh dengan persediaan produk yang tidak terjual, sehingga meningkatkan biaya manajemen gudang. Melalui SKU analysis yang rutin, Anda dapat mengendalikan SKU proliferation dan menjaga persediaan barang tetap terkendali.

2. Menekan Persediaan Produk yang Kurang Menguntungkan

Tidak semua produk memberikan keuntungan yang signifikan. Beberapa produk hanya menyumbang sedikit pada total keuntungan, sementara produk best seller menjadi andalan utama. Melalui SKU analysis, Anda dapat mengidentifikasi produk-produk yang kurang menguntungkan dan mengambil langkah untuk mengurangi persediaannya. Ini dapat dilakukan dengan menghentikan penjualan produk tersebut atau menggabungkannya dalam bundling atau penawaran diskon.

Langkah-langkah Melakukan SKU Analysis

1. Lakukan Rasionalisasi

Rasionalisasi merupakan langkah krusial dalam melakukan SKU analysis. Dalam tahap ini, hitunglah tingkat keuntungan dan biaya untuk setiap SKU di gudang Anda. Dengan melakukan perhitungan ini, Anda dapat menentukan SKU mana yang layak dipertahankan dan mana yang sebaiknya dihentikan penjualannya.

2. Cari Data yang Diperlukan

Untuk hasil yang lebih detail, carilah data-data terperinci tentang riwayat SKU dan penjualan Anda. Dengan memeriksa perubahan-perubahan terkait penjualan dan persediaan barang, Anda dapat membuat analisis yang lebih mendalam terkait kondisi SKU dan gudang Anda.

3. Temukan Penyebab Masalah dan Solusi

Identifikasi SKU yang membebani gudang dan cari tahu penyebab masalahnya. Dengan demikian, Anda dapat merancang berbagai solusi untuk mengatasi masalah SKU yang berlebihan, sehingga dapat mengurangi beban gudang dan mencegah kelebihan persediaan.

Baca juga : Menggali Lebih Dalam: Strategi Pemasaran dengan Konsep Scarcity Marketing

Kesimpulan

SKU analysis bukan hanya sekadar proses pengawasan, tetapi juga alat strategis untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnis Anda. Dengan mengurangi SKU proliferation dan menekan persediaan produk yang kurang menguntungkan, Anda dapat mengoptimalkan manajemen gudang dan meningkatkan profitabilitas. Langkah-langkah rasionalisasi dan analisis data yang teliti akan menjadi kunci keberhasilan dalam mengimplementasikan SKU analysis secara efektif. Dengan demikian, Anda dapat membuat keputusan yang cerdas dan memajukan bisnis Anda ke tingkat yang lebih baik.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Tips dan Trik Menjadi Wirausaha Sukses

admin

Pentingnya Laporan Keuangan dalam Bisnis: Pengertian, Komponen, dan Tujuannya

Agung

Komponen Penyusun Neraca Keuangan Perusahaan

Miftah