26.3 C
Jakarta
May 25, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
Akuntansi

Opportunity Cost: Pengertian dan Manfaatnya dalam Pengambilan Keputusan

Opportunity cost adalah suatu biaya yang timbul akibat hilangnya sebuah kesempatan dari kebutuhan lain yang dipenuhi. Selain itu, opportunity cost ini fungsinya sebagai tolak ukur dari biaya ekonomis yang perlu dikeluarkan dalam rangka memproduksi suatu barang atau jasa tertentu yang berkaitan dengan alternatif lain yang harus dikorbankan.

Baca juga  : Apa Itu Business Analyst dalam Software Development?

Ciri-Ciri Opportunity Cost atau Biaya Peluang

Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari opportunity cost:

  1. Cara untuk menghitung opportunity cost ini tidak selalu berkaitan dengan uang saja, akan tetapi bisa dikaitkan dengan waktu, benefit, maupun kebahagiaan yang akan diperoleh di masa yang akan datang.
  2. Memiliki banyak possibility terkait dengan kegunaan dan fungsinya.
  3. Penetapan mengenai biaya peluangan ini tergantung dari kondisi setiap perusahaan/individu.
  4. Opportunity cost dihitung dari nilai terbaik yang dikorbankan jika terdapat lebih dari dua pilihan.

Manfaat dan Fungsi Opportunity Cost

Opportunity cost sangat penting untuk dihitung sebelum mengambil suatu keputusan, baik dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah manfaat dari opportunity cost:

Memudahkan Menentukan Prioritas

Setiap pilihan yang diambil tentu saja memiliki keuntungan dan kerugian yang akan timbul. Dengan perhitungan opportunity cost sejak awal, Anda bisa menentukan prioritas. Pilihlah yang paling penting dan menguntungkan, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.

Dalam bisnis, menghindari keputusan yang sia-sia dan tidak menguntungkan adalah hal yang sangat diinginkan.

Meminimalisir Resiko

Dengan mengetahui opportunity cost, Anda bisa mengurangi risiko saat membuat keputusan. Anda dapat melakukan perbandingan antara dua pilihan atau lebih untuk memilih yang terbaik.

Memudahkan Perhitungan Modal

Opportunity cost memudahkan dalam perhitungan modal, yang sangat penting dalam pengembangan bisnis. Dengan menghitung biaya peluang terlebih dahulu, Anda dapat mengetahui berapa modal yang diperlukan.

Pengeluaran Usaha Lebih Hemat

Opportunity cost juga membantu menghemat pengeluaran usaha. Ini berarti Anda tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk hal-hal yang tidak perlu dan kurang efektif. Fokuslah pada hal-hal pokok yang dapat membantu perusahaan menghemat pengeluaran secara tidak langsung.

Contoh Opportunity Cost

Dalam konteks ekonomi, kelangkaan menjadi masalah fundamental. Penggunaan dan distribusi optimal dari sumber daya yang langka adalah masalah yang perlu diatasi. Saat terdapat kelangkaan, kita harus membuat pilihan.

Misalnya, jika Anda memiliki uang sebesar Rp 300.000, Anda dapat menghabiskannya untuk membeli buku pelajaran ekonomi atau untuk makan di restoran. Dalam kasus ini, terdapat biaya peluang dan Anda harus membuat pilihan yang memengaruhi masa depan Anda.

Contoh lainnya adalah dalam pengeluaran pemerintah. Jika pemerintah memutuskan untuk membangun jalanan baru, uang yang digunakan untuk itu tidak dapat digunakan untuk pendidikan atau perawatan kesehatan.

Jika pemerintah memberikan potongan pajak pendapatan, biaya peluangnya adalah pendapatan pemerintah yang tidak dapat digunakan untuk membiayai aspek pengeluaran lainnya.

Cara Menghitung Opportunity Cost

Perhitungan opportunity cost dapat bervariasi tergantung pada situasi dan pilihan yang ada. Namun, intinya adalah mengidentifikasi alternatif yang tersedia, mengevaluasi manfaat dan biaya dari setiap alternatif, dan memutuskan alternatif mana yang akan memberikan hasil terbaik sesuai dengan tujuan Anda.

Baca juga : Sistem Penjualan Langsung: Kelebihan dan Kekurangannya

Kesimpulan

Opportunity cost adalah konsep penting dalam pengambilan keputusan ekonomi. Dengan memahami dan menghitung opportunity cost, Anda dapat membuat keputusan yang lebih bijak dan menghindari pemborosan sumber daya berharga.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Mengetahui lebih Jauh Tentang Pengertian Kas Kecil dalam Akuntansi

Handry

3 Alasan Mengapa Cloud Accounting Memudahkan Bisnis Anda

Miftah

Bagaimana Akuntansi Pajak Berkaitan dengan Persediaan

admin