27.1 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Bisnis Marketing

Panduan Pengembangan Growth Strategy Untuk Bisnis Rintisan

strategi pertumbuhan bisnis rintisan

Panduan Pengembangan Growth Strategy Untuk Bisnis Rintisan

Pernah mendengar tentang growth strategy? Bayangkan, visi Anda untuk startup atau bisnis rintisan yang sukes terletak 3 lantai ke atas, tapi kali ini, Anda tidak akan menggunakan elevator untuk mencapai puncak, Anda menggunakan tangga.

Ya, sebuah tangga. Setiap anak tangga di tangga menandakan tantangan yang harus Anda atasi untuk melanjutkan ke yang berikutnya.

Satu langkah salah, dan Anda harus memulai dari awal.

Setiap anak tangga menandakan strategi pertumbuhan Anda dan tangga sekaligus adalah jalan Anda menuju kesuksesan.

Hanya ide bagus yang tidak dapat menopang bisnis dalam jangka panjang. Tanpa strategi pertumbuhan, tanpa rencana, Anda pasti kehilangan keseimbangan.

Kenyataannya, hanya sekitar 50% bisnis yang bertahan di tahun kelima mereka, sementara hanya 30% yang berhasil mencapai sepuluh tahun.

Jadi, jika startup Anda belum memiliki growth strategy atau strategi pertumbuhan, sekarang saatnya merumuskannya dan artikel ini siap memandu Anda.

Apa Itu Growth Strategy?

Growth strategy atau strategi pertumbuhan mengacu pada metode yang diadopsi oleh perusahaan untuk menangkap pangsa pasar yang lebih besar. Strategi ini menopang bisnis dalam jangka panjang dan formulasinya melampaui kondisi pasar saat ini.

Beberapa faktor mempengaruhi perumusan strategi pertumbuhan, seperti yang tercantum di bawah ini –

  • Kondisi pasar
  • Target audiens dan calon atau audiens yang belum tersentuh
  • Persaingan yang ada di pasar
  • Saluran distribusi

Analogikan kesuksesan bisnis Anda dengan menaiji anak tangga. Saat Anda menaiki tangga itu, Anda harus sangat berhati-hati dengan langkah yang Anda ambil. Akan ada pesaing yang mencoba menjatuhkan Anda, berharap Anda jatuh.

Cuaca mungkin berangin, mungkin hujan. Lalu apa yang akan kamu lakukan? Bagaimana Anda akan melanjutkan pendakian?

Oleh karena itu, tidak bijaksana untuk hanya berfokus pada visi. Atau lebih buruk lagi, tidak memiliki visi dalam pikiran dan mendaki tanpa tujuan.

Namun, Jangan bingung antara growth strategy dengan growt hacking:

Growth Strategy dan Growth Hacking

Growth hacking menghasilkan pertumbuhan besar-besaran dalam waktu singkat dan seringkali merupakan proses yang murah. Growth strategy, di sisi lain, adalah proses jangka panjang yang membutuhkan pengujian beberapa pendekatan untuk mendorong pertumbuhan.

Anda dapat membedakan kedua hal ini secara jelas atas dasar berikut –

  • Hasil: Setelah penerapan, hasil untuk growth strategy stabil dan lambat. Sedangkan, untuk growth hacking, Anda dapat melihat hasil yang cepat.
  • Kecepatan Implementasi: Growth strategy diterapkan dalam jangka panjang dan melalui ini, bisnis kecil bertujuan untuk menumbuhkan basis pelanggan mereka dan mencoba saluran yang berbeda. Di sisi lain, growth hacking difokuskan pada pertumbuhan basis pengguna dengan cepat dan dengan harga rendah dengan menjalankan teknik tertentu pada saluran tertentu.

Cara Mengembangkan Growth Strategy untuk Startup Anda

Berikut adalah faktor kunci yang harus Anda kuasai saat Anda mengembangkan strategi pertumbuhan untuk startup Anda:

  • Informasi pasar melalui analisis pasar. Ini termasuk pemahaman –
    • Industri
    • Audiens
    • Kompetisi
  • Strategi Pertumbuhan Jangka Panjang yang masing-masing akan dijelaskan secara detail, sehingga Anda dapat memilih strategi mana yang paling sesuai dengan perusahaan Anda.
  • Mengukur pertumbhuan dengan membentuk kerangka kerja untuk pelaksanaan strategi jangka panjang yang dipilih.

Analisis Pasar

Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang layanan yang dapat Anda tawarkan, Anda perlu memahami audiens yang ingin Anda layani, kondisi pasar, dan layanan yang ditawarkan oleh pesaing Anda.

Analisis Pesaing dan pemahaman tentang demografi ausiens memberi Anda gambaran yang jelas tentang posisi Anda saat memasuki pasar.

Seringkali pesaing tidak memenuhi kebutuhan konsumen, namun karena kurangnya alternatif konsumen harus tetap berpegang pada produk atau layanan tersebut.

Anda bisa mendapatkan keunggulan di sini dan menawarkan layanan yang tidak dimiliki pesaing Anda.

Inilah yang dilakukan DuckDuckGo.

Dengan proposisi nilai “Mesin telusur yang tidak melacak Anda”, DuckDuckGo bersaing dengan Google Chrome. Sejak dimulainya pada tahun 2008 hingga sekarang, ia membanggakan pertumbuhan tahunan sebesar 30%.

DuckDuckGo memisahkan diri dari persaingan sejak awal dalam hal privasi yang tidak pernah ditawarkan oleh mesin pencari lain.

Ini adalah contoh bagaimana Anda dapat melayani permintaan pelanggan yang tertekan.

Selain ini, terkadang pelanggan tidak menyadari bahwa ada kemungkinan alternatif. Kembali pada tahun 2009, ketika Whatsapp diluncurkan, BlackBerry Messenger, SMS, dan G-Talk adalah beberapa cara untuk bertukar pesan virtual.

Para pendiri Whatsapp memahami kebutuhan pelanggan (pesan internet seperti SMS ke kontak telepon yang sebenarnya) dan meluncurkan aplikasi dengan tagline “Tanpa Iklan! Tidak ada permainan! Tidak ada Gimmicks! ”. Tak perlu dikatakan, audiens sangat tertarik sejak itu.

Ini adalah contoh bagaimana startup Anda bisa menjadi alternatif bagi orang-orang.

Jadi yang bisa Anda pelajari:

Itu semua bermuara pada proposisi nilai Anda. Bagaimana startup Anda meningkatkan kehidupan pelanggan? Insentif apa yang mereka miliki atas konsumsi produk atau layanan Anda?

Agar setiap bisnis rintisan atau startup berhasil, penting untuk memahami sepenuhnya kebutuhan pelanggan dan mengidentifikasi area yang kekurangan pesaing Anda.

Analisis pesaing dapat membantu Anda memastikan area yang dapat Anda layani dengan lebih baik dan area yang dapat Anda jelajahi. Anda juga harus ingat, persaingan Anda bisa menjadi penyebab kegagalan Anda jika tidak dipantau dengan hati-hati.

Berikut adalah contoh growth strategy ShareChat:

Ketika India sudah didominasi oleh Whatsapp, Facebook, dan Instagram, ShareChat muncul dengan proposisi unik dari platform media sosial yang berbagi informasi dalam bahasa sehari-hari. ShareChat hari ini, menawarkan 60 juta pengguna aktif bulanan.

Aplikasi ini menarik pelanggan bukan karena mereka dapat berbagi pesan, tetapi karena mereka dapat melakukannya dalam bahasa mereka sendiri. Ide yang sederhana seperti ini, mengubah ShareChat menjadi perusahaan dengan valuasi $ 650 juta dolar. Itu berhasil membuat pelanggan menyadari nilainya dan menciptakan kebutuhan akan aplikasi.

growth strategy 2

Strategi Pertumbuhan Jangka Panjang

Setelah Anda selesai dengan analisis pasar dan memiliki gagasan yang jelas tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan, tugas terbesar adalah memutuskan strategi pertumbuhan jangka panjang mana yang akan Anda adopsi.

Jadi, mari kita lihat beberapa strategi realistis untuk pemula beserta contoh strategi pertumbuhan.

Network effect

Network effect atau efek jaringan penjualan secara sederhana berarti bahwa suatu produk atau layanan meningkat nilainya seiring dengan semakin banyaknya orang yang menggunakannya.

Ada enam kekuatan yang biasanya berkontribusi pada efek jaringan, Anda dapat memahaminya dengan contoh kasus strategi pertumbuhan aplikasi airbnb berikut:

  • Buyer-to-seller cross side: “Anda harus mencantumkan tempat Anda di Airbnb. Saya ingin menyewanya dari aplikasi tersebut ”.
  • Buyer same side: “Jangan mencantumkan tempat Anda di situs web XYZ, daftarkan di Airbnb, aplikasi itu dapat dipercaya”.
  • Direct-to-buyer: Iklan Airbnb yang meminta orang untuk memesan penginapan mereka melalui Airbnb.
  • Seller-to-buyer cross side: “Saya telah mendaftarkan tempat saya di Airbnb, Anda dapat membuat reservasi sekarang”.
  • Seller same side: “Saya mendaftarkan tempat penginapan saya di Airbnb, Anda juga harus”.
  • Direct-to-seller: Iklan Airbnb bertujuan meminta penjual untuk menyewa tempat mereka di Airbnb dan menghasilkan uang dengan mudah.

Perhatikan contoh Segmen.

Segmen telah menggunakan model jaringan untuk meningkatkan penggunanya. Perusahaan memodelkan enam saluran pertumbuhan yang disebutkan di atas dan menetapkan metrik kuantitatif untuk mereka.

Segmen menggunakan model ini untuk membuat keputusan berdasarkan data dan mengidentifikasi saluran mana yang akan diinvestasikan, untuk memaksimalkan keuntungan.

Anda juga dapat memilih segmen pasar utama Anda sebagai ceruk pasar khusus dan merencanakan ekspansi bertahap ke dalam pasar melalui pembangunan jaringan.

Namun, untuk meyakinkan pengguna Anda agar merujuk produk / layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda, Anda harus:

  • Memberikan layanan pelanggan yang baik
  • Tentukan proposisi nilai Anda
  • Pastikan sistem Anda dapat menangani pertumbuhan tersebut

Ingat:

Efek jaringan berkembang secara positif untuk sebuah startup jika penggunanya memperoleh nilai inheren dan nilai jaringan setelah mengonsumsi dan merujuk produk.

Pendekatan Tatap Muka

Strategi tatap muka mengacu pada peningkatan kesadaran merek dan penggunaannya dengan menghubungi calon pelanggan secara langsung.

Strategi cerdas Tinder adalah yang terbaik untuk menjelaskan pendekatan ini.

Tinder menargetkan demografi tertentu dan berhasil mengambil alih dunia kencan online. Awalnya, untuk menumbuhkan basis penggunanya, Tinder menyelenggarakan acara sosial, pertemuan, dan pesta untuk mahasiswa di mana hanya orang-orang yang telah menginstal aplikasi tersebut.

Mereka juga masuk ke kampus dan dengan cepat aplikasi tersebut mendapatkan popularitas. Pengguna memahami nilainya seperti yang dirangkum dalam poin-poin berikut –

  • Antarmuka gratis dan mudah digunakan
  • Pendaftaran tanpa repot
  • Kesempatan nyata untuk bertemu orang secara langsung

Hampir tidak ada pemain di bidang kencan online dan Tinder menjadi solusi kencan online.

Banyak yang bisa dipelajari dari strategi pertumbuhan Tinder. Mereka memberi pengguna kendali penuh atas siapa yang ingin mereka ajak bicara dan menawarkan pengalaman yang sangat realistis.

Strategi Produk Gratis

Seperti yang mungkin sudah Anda duga dari namanya, Anda bisa mengajak semua stakeholder utama untuk mencoba produk Anda melalui strategi ini.

Clearbit, mesin data pemasaran, sangat mengeksploitasi strategi ini sehingga menjadi pendorong lalu lintas tunggal terbesar mereka.

Bagaimana mereka melakukannya?

Clearbit meluncurkan API logo di mana perusahaan dapat langsung mendesain logonya. Mereka memprioritaskan kepuasan instan dan segera, menghasilkan lebih dari 60.000 tampilan halaman di minggu pertama mereka.

Itu adalah alat berharga yang diberikan secara gratis yang membantu menghasilkan brand awareness yang luar biasa.

Matt Sornson, CMO di Clearbit, menyatakan bahwa giveaway gratis dari layanan mereka menyebabkan sejumlah besar inbound dari pelanggan perusahaan besar.

Metode ini sangat berguna untuk produk yang sangat teknis atau SaaS.

Strategi Bonus Refferal

Tujuan dari strategi ini adalah memberikan insentif kepada pelanggan untuk pertumbuhan perusahaan.

PayPal mendapatkan pengguna awalnya melalui strategi ini.

Perusahaan mendapatkan pengguna awalnya untuk merujuk mereka ke orang lain dan memberi mereka uang untuk melakukannya. Bonus ditetapkan sebesar $ 20 untuk pendaftaran.

Secara alami, berita menyebar dan pengguna tumbuh dengan cepat. Dan saat mereka tumbuh, bonus pendaftaran dikurangi menjadi $ 10 dan kemudian $ 5.

Ini sangat efektif untuk PayPal karena program rujukan membantu mereka berkembang menjadi 5 juta pengguna harian dan perusahaan sekarang memiliki basis pengguna aktif sebanyak 305 juta.

Kita dapat menyimpulkan bahwa, meskipun strategi ini membutuhkan investasi modal yang tinggi pada awalnya, keuntungannya juga akan cukup besar jika dilakukan setelah penelitian yang tepat.

Mengukur Pertumbuhan

Setelah Anda memilih strategi pertumbuhan untuk startup atau bisnis rintisan Anda, sekarang saatnya bagi Anda untuk membagikan visi Anda dengan rekan satu tim Anda.

Pecahkan strategi jangka panjang menjadi rencana tahunan dan triwulanan yang ditentukan.

Rencana tahunan dan triwulanan yang strategis akan membantu Anda:

  • Bagilah tugas di antara anggota tim
  • Ajak setiap orang bertanggung jawab
  • Perkuat visi
  • Berdayakan setiap anggota tim
  • Tingkatkan pengambilan keputusan

Rencana strategis akan memaksa tim Anda untuk secara sadar memperhitungkan faktor internal dan eksternal yang memengaruhi bisnis.

Menetapkan KPI juga mendukung dan memengaruhi tujuan bisnis. Mereka menunjukkan seberapa efektif Anda bekerja menuju tujuan yang ditetapkan. Tanyakan pada diri Anda target apa yang harus Anda penuhi untuk mencapai kesuksesan.

Kesimpulan

Jadi sekarang Anda sudah siap dengan produk Anda dan menemukan cara untuk melakukan growth strategy yang optimal:

Anda dapat membuat jaringan orang-orang termasuk teman dan keluarga Anda dan meminta mereka untuk mengujinya terlebih dahulu. Umpan balik mereka dapat membantu Anda memastikan area peningkatan dan juga membantu Anda membuat asumsi tentang audiens target.

Apa pun industri yang Anda geluti, mendaki ke puncak kesuksesan tidak akan pernah mudah. Karena itu, penting untuk tidak melupakan tujuan Anda dan terus mendaki, satu anak tangga akan memiliki masalah dan cara penyelesaian yang berbeda oleh sebab itu growth strategy akan sangat berguna bagi bisnis Anda.

Kemungkinan besar akan terjadi pengeluaran biaya dalam setiap strategi yang akan Anda lakukan. Pastikan semua biaya tersebut tercatat dengan baik agar Anda bisa mengukur setiap tindakan yang telah Anda lakukan berdasarkan nilai yang telah Anda keluarkan.

Untuk membantu pencatatan biaya tersebut, gunakanlah software akuntansi seperti Accurate Online yang sudah terpercaya sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Anda juga bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Sumber artikel: sugi priharto

Related posts

Product Launch: Pengertian, Kelebihan Dan Kekurangan Product Launch

Eri Katsir

Tertarik Membangun Usaha Barber Shop? Berikut adalah Tipsnya

Eri Katsir

Warehouse Management System (WMS): Pengertian, Konsep dan Kelebihannya

Eri Katsir