fbpx
skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
5 Tips Jitu Mulai Usaha Bunga Potong Di Tengah Pandemi Corona | Peluang Usaha Bunga Potong

5 Tips Jitu Mulai Usaha Bunga Potong di Tengah Pandemi Corona | Peluang Usaha Bunga Potong

Peluang Usaha Bunga Potong – Salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan dari sektor pertanian adalah peluang usaha bunga potong. Peran bunga potong di era modern sekarang telah berubah menjadi kebutuhan yang kerap diperhitungkan, sebut saja untuk acara – acara penting seperti pernikahan, dekorasi, bahkan upacara pemakaman. Semua tidak terlepas dari peran bunga potong.

Baca Juga: Sektor Pertanian Kini Bangkit Kembali Setelah Sekian Lama Hampir Dilupakan | Peluang Usaha

Tak heran, usaha bunga potong ini menjadi peluang usaha yang sangat menarik untuk dicoba. Setelah ini kami akan memberikan beberapa tips untuk kamu yang ingin memulai usaha bunga potong.

Ketahui Pasar Peminat Bunga Potong

Seperti biasa, saat akan memulai sebuah usaha kita harus melakukan riset pasar. Bagaimana ketertarikan pasar akan produk yang akan kita jual nantinya. Lalu bagai mana dengan usaha bunga potong sendiri? Siapa saja yang tertarik akan produk yang satu ini?

Bunga potong biasanya menjadi salah satu kebutuhan bagi bisnis perhotelan, restoran dan kantor. Meningkatnya jumlah perkantoran, hotel dan restoran juga membawa peluang besar bagi perkembangan bisnis bunga potong.

Sementara peminat bunga potong lainnya juga datang dari kalangan bisnis merangkai bunga untuk kebutuhan acara pernikahan, ulang tahun, acara pemakaman atau momen-momen penting lainnya yang membutuhkan bunga sebagai pelengkap keindahan. Tentu tidak mengherankan jika sentra bisnis bunga potong seperti yang berada di kawasan Rawa Belong Jakarta Barat seakan tidak pernah berhenti berdenyut karena tingginya permintaan akan produk bunga potong.

Baca Juga: Ingin Mendapatkan Penghasilan Tambahan Selama Corona? Cek di sini!

Siapkan Kelengkapan Usaha Bunga Potong

Produk usaha kita adalah bunga potong yang merupakan benda hidup. Maka dari itu ada beberapa treatment dan kelengkapan khusus yang harus disiapkan saat kita akan memulai usaha bunga potong ini.

  • Perhatikan kondisi iklim, tanah dan air pada lokasi usaha kita nantinya.

    Unsur-unsur tersebut sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bunga dan tanaman hias yang akan dibudidayakan. Ketersediaan air akan menentukan diterapkannya budidaya yang dapat dirancang untuk panen sepanjang tahun. Tanpa tersedianya air maka usaha tani ini akan menjadi budidaya tradisional musiman. Syarat yang harus diperhatikan adalah bahwa air harus harus bebas dari hama penyakit serta benih gulma karena sistem irigasi yang digunakan adalah biasanya dengan sistem perendaman atau irigasi tetes (drip irrigation).

  • Siapkan Rumah Naungan dan Listrik

    Kecenderungan iklim yang panas atau intensitas hujan yang tinggi di daerah tropik, hama dan penyakit tanaman, serta perubahan suhu dan kelembaban merupakan risiko usaha yang dominan pada usaha ini. Dengan demikian, membangun rumah naungan menjadi keharusan, dengan kualitas dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan modal dan kondisi lapang.

  • Tanaman Induk (Mother Plant)

    Kamu dapat melewatkan ini jika kamu telah memiliki supplier tanaman sendiri. Pertimbangan dalam memilih mother plant dari tanaman induk impor atau tanaman induk produksi dalam negeri sangat tergantung dari sejauh mana orientasi pasar. Jika dilakukan impor, maka yang perlu diperhatikan adalah kemampuan bahan tanaman tersebut untuk diperbanyak tanpa menyebabkan penurunan mutu stek yang dihasilkan.

Baca Juga: Bisnis Bibit Tanaman, Bisnis Laris Kebal Corona! | Peluang Usaha Bibit Tanaman

Pahami Momen dan Trend

Kita harus menyadari bahwa trend pemakaian bunga dan tanaman hias selalu berubah setiap waktu sehingga produsen harus mengetahui jenis bunga atau tanaman hias yang dikehendaki pasar. Apabila dulu orang senantiasa memakai anggrek dan bunga lokal seperti gladiol, sedap malam dan dahlia, maka setelah munculnya bunga-bunga potong sub tropis perilaku konsumen mulai berubah.

Selain itu kita juga harus mengetahui saat-saat tertentu dimana kebutuhan akan bunga meningkat. Hal tersebut penting dipelajari, agar produksi dapat diserap pasar dengan baik. Saat-saat tersebut antara lain Hari Lebaran, Natal, Tahun baru, Imlek, 17 Agustus, Valentine dan bulan-bulan ramai pernikahan (seperti bulan haji menurut kalender islam, dan sebagainya).

Asah Kemampuan Merangkai Bunga

Biasanya mereka yang membuka usaha bunga potong juga menyediakan jasa rangkai bunga. Kemampuan merangkai bunga dapat diasah dengan mengikuti kelas-kelas pelatihan merangkai bunga ataupun belajar mandiri melalui youtube.

Jangan Lupa Evaluasi Penjualan

Apapun usahanya kita harus tetap melakukan evaluasi penjualan, termasuk dalam usaha bunga potong ini. Kita perlu melihat bunga apa yang paling laris, keuntungan yang dihasilkan, biaya operasional yang dikeluarkan dan hal-hal lain yang nantinya akan jadi penentu apakah peluang usaha bunga potong cocok untuk kita jalankan.

Accurate Online dapat membantu menyajikan laporan penjualan serta laporan keuangan secara keseluruhan untuk usaha kamu. Sehingga kamu bias memantau performa usaha bunga potong kamu setiap bulannya.

Penasaran ingin coba Accurate Online? Kami berikan GRATIS khusus untuk kamu yang daftar melalui link di bawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top