Official Store Software Akuntansi Accurate
Akuntansi

Pengertian Akuntansi Anggaran: Jenis dan Manfaatnya

Pengertian Akuntansi Anggaran

Dengan memahami pengertian akuntansi anggaran dapat membantu bisnis Anda untuk lebih menghemat uang dengan tetap berpegang pada aturan pengeluaran yang ketat. Anggaran dapat berupa spreadsheet sederhana atau diatur dengan software akuntansi.

Kunci untuk membuat akuntansi anggaran yang efektif adalah belajar memahami konsep penghitungan angka-angka dan berpegang teguh pada anggaran. Pada artikel ini, Anda akan diajak untuk memahami mengapa penganggaran dalam akuntansi itu penting beserta jenis-jenis anggaran dalam akuntansi.

Pengertian Akuntansi Anggaran

Akuntansi anggaran adalah salah satu ilmu akuntansi yang berkaitan dengan penghitungan pendapatan dan pengeluaran selama periode akuntansi tertentu di masa depan. Penganggaran dalam akuntansi biasanya disusun dan dievaluasi kembali secara berkala.

Anggaran dapat dibuat untuk seseorang, sekelompok orang, bisnis, hingga pemerintah. Salah satu fungsi utama dari akuntansi ahggaran adalah untuk meramalkan hasil keuangan dan posisi keuangan suatu entitas untuk periode mendatang. Hal ini bertujuan agar perencanaan dan pengukuran kinerja bisnis Anda jadi lebih baik.

Misalnya saat Anda butuh data tentang pengeluaran untuk aset tetap, meluncurkan produk baru, melatih karyawan, menyiapkan rencana bonus, mengendalikan operasi, dan sebagainya. Dengan data dari akuntansi anggaran, Anda juga jadi lebih bijak dalam membuat keputusan atau merancang strategi untuk keberlangsungan bisnis Anda di masa depan.

Baca Juga: Akuntansi Nonprofit: Pengertian Lengkap dan Cara Melakukannya

Mengapa Akuntansi Anggaran Itu Penting?

Dengan membuat akuntansi anggaran untuk bisnis Anda, hal tersebut dapat membantu Anda untuk melacak biaya dan pendapatan dengan cara yang lebih terorganisir. Anggaran juga dapat meningkatkan keuntungan bisnis, baik yang berskala kecil maupun besar.

Bahkan, sebagian besar bisnis menggunakan data dan informasi dalam akuntansi anggaran untuk menjaga keuangan tetap teratur dan membuat pengajuan pajak jadi lebih sederhana. Akuntansi anggaran juga penting untuk menutupi pengeluaran umum atau biaya individu.

Misalnya, bisnis Anda ingin menambah jumlah tenaga kerja dan departemen baru. Untuk itu, Anda mungkin memerlukan anggaran induk yang mencakup anggaran operasi dan tenaga kerja. Sederhananya, penganggaran dalam akuntansi sangat penting untuk memberikan Anda ‘gambaran besar’ mengenai kondisi finansial bisnis Anda.

Dengan memahami pengertian akuntansi anggaran, berarti Anda bisa mengetahui kemana dan apa tujuan pengalokasian dana bisnis Anda pergi. Selain itu, Anda akan memiliki kendali yang lebih besar atas keuangan bisnis Anda.

Jenis-Jenis Anggaran dalam Akuntansi

Ada banyak jenis anggaran dalam akuntansi yang perlu Anda pertimbangkan untuk bisnis Anda. Sebagian besar bisnis sering menggunakan software penganggaran untuk memudahkan dalam melacak pengeluaran, tetapi penting juga untuk mengetahui apa saja jenis anggaran yang harus digunakan. Nah, berikut adalah beberapa jenis anggaran dalam akuntansi:

1. Anggaran Dasar

Anggaran dasar adalah jenis anggaran yang bertujuan untuk memetakan pengeluaran dan pendapatan sederhana. Umumnya, anggaran dasar dibuat dalam bentuk spreadsheet atau menggunakan template, dan sangat recommended untuk Anda aplikasikan dalam penganggaran rumah tangga atau bisnis berskala kecil.

Anggaran dasar ini dinilai sangat sederhana dan fleksibel sehingga semua orang dapat dengan mempelajari dan menerapkannya. Anda dapat menggunakan jenis anggaran ini saat Anda perlu memetakan informasi akuntansi sederhana seperti pengeluaran rumah tangga atau pengeluaran usaha kecil.

2. Anggaran Tetap

Tujuan penerapan anggaran tetap adalah untuk mengendalikan biaya ketika pendapatan dan pengeluaran yang tidak diharapkan berubah sewaktu-waktu. Kelebihan dari jenis anggaran ini adalah dapat memberikan Anda gambaran sederhana tentang pengeluaran dan pendapatan sehari-hari dalam bisnis Anda.

3. Anggaran Fleksibel

Jenis anggaran selanjutnya adalah anggaran fleksibel yang bertujuan untuk merencanakan berbagai tingkat aktivitas dalam pengeluaran atau pendapatan dalam jangka pendek atau panjang. Anggaran fleksibel menawarkan lebih banyak fleksibilitas untuk proses penganggaran dan perencanaan untuk bisnis Anda.

Anda dapat menerapkan jenis anggaran ini ketika Anda mengharapkan volume pendapatan dan pengeluaran yang berbeda. Misalnya, jika bisnis Anda sedang melalui fase ekspansi, menambah produk dan layanan, dan lain sebagainya.

4. Anggaran Statis

Tujuan pengaplikasian anggaran statis dalam bisnis adalah untuk memperhitungkan pengeluaran statis yang tidak akan berubah. Anggaran statis memungkinkan pandangan Anda terfokus pada pengeluaran tetap dan konstan meskipun ada fluktuasi volume penjualan dan pendapatan.

Jenis anggaran ini dapat Anda gunakan untuk pengeluaran statis. Misalnya, biaya warehouse setiap tahun, biaya overhead¸ dan lain-lain.

5. Anggaran Tenaga Kerja

Jenis anggaran ini umumnya digunakan dalam akuntansi untuk melacak biaya tenaga kerja dalam kaitannya dengan pendapatan. Bisnis Anda dapat menggunakan anggaran tenaga kerja untuk melacak biaya tenaga kerja umum atau merencanakan pengurangan atau peningkatan kebutuhan tenaga kerja yang akan datang.

Misalnya, penganggaran untuk gaji pokok karyawan, masa cuti, upah lembur, upah bonus penjualan, dan sebagainya. Dengan menggunakan jenis anggaran ini, Anda dapat memperoleh data perencanaan tentang jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, biaya tenaga kerja untuk tiap unit produk, serta kebutuhan alur kas.

Baca Juga: Pengertian Akuntabilitas dalam Akuntansi, Tingkatan dan Dimensinya

Manfaat Menerapkan Akuntansi Anggaran dalam Bisnis

Akuntansi anggaran adalah salah satu bagian terpenting dalam menjalankan bisnis. Ketika penganggaran bisnis Anda dilakukan dengan benar, maka Anda dapat merencanakan dan memastikan bahwa bisnis Anda memiliki pendapatan yang masuk untuk mengimbangi pengeluaran. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan akuntansi anggaran:

1. Punya Persiapan Dana untuk Keadaan Darurat

Akuntansi Anggaran untuk Persiapkan Dana Darurat
Akuntansi Anggaran untuk Persiapkan Dana Darurat

Anda tidak pernah tahu apa saja masalah yang bisa muncul dalam menjalankan bisnis. Jadi, seperti halnya dalam kehidupan pribadi, penting untuk merencanakan hal-hal yang tidak terduga dalam bisnis. Namun dengan menerapkan akuntansi anggaran, Anda bisa menyisihkan dana jika terjadi keadaan darurat sehingga Anda tidak perlu mengambil dana lain dari operasi bisnis.

2. Menarik Investor

Mampu Menarik Investor

Sebelum investor menanamkan sahamnya dalam bisnis Anda, tentu mereka ingin tahu apakah akuntansi anggaran Anda disusun dengan baik atau tidak. Pasalnya, akuntansi anggaran menunjukkan komitmen Anda terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Ketika seorang investor melihat laporan akuntansi anggaran bisnis Anda yang terstruktur, maka mereka akan lebih yakin dalam berinvestasi. Itu karena investor dapat memahami tentang rincian pemasukan dan pengeluaran selama perjalanan bisnis Anda.

3. Memudahkan Urusan Perpajakan

Memudahkan Perpajakan

Dengan memiliki laporan akuntansi anggaran, Anda bisa mempermudah urusan perpajakan dalam bisnis, entah itu Anda melakukan pajak bisnis sendiri atau menyewa seroang profesional. Misalnya, Akuntansi anggaran dapat membantu Anda untuk membuat proses perpajakan berjalan lebih cepat sehingga berpotensi menghemat lebih banyak biaya.

4. Membantu dalam Pengambilan Keputusan Finansial

Akuntansi Anggaran untuk Pengambilan Keputusan Finansial
Akuntansi Anggaran untuk Pengambilan Keputusan Finansial

Sebagian besar pemilik bisnis bertanggung jawab atas setiap keputusan bisnis yang akan mempengaruhi pemasukan dan pengeluaran. Dengan informasi dalam akuntansi anggaran, Anda akan lebih mudah membuat keputusan yang diperlukan. Misalnya kemampuan untuk meningkatkan gaji, meningkatkan operasional, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Nah, itulah tadi penjelasan terkait pengertian akuntansi anggaran dalam bisnis, beserta jenis-jenis serta manfaat yang bisa Anda rasakan dengan menerapkannya. Mengingat pentingnya penerapan akuntansi ini, ada baiknya jika Anda menggunakan software akuntansi untuk mempermudah proses pembukuan dan penganggaran bisnis Anda.

Anda bisa mendapatkan software akuntansi Accurate Online hanya di ABCSemanggi sebagai store resmi penjualan Accurate Online. Dan nikmati Accurate Online secara gratis 30 hari.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

6 Jenis Anjak Piutang yang Perlu Anda Ketahui

Faqih Jafar

Pembahasan Lengkap Teori Akuntansi Dan Perkembangannya Di Indonesia

Miftah

Butuh Rekening Koran? Ini 6 Fungsi dan Komponennya

Faqih Jafar