27.6 C
Jakarta
June 15, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Uncategorized

Pengertian Identitas Produk dan Fungsinya

Sebuah identitas menjadi penting dan memberikan banyak manfaat. Sebagai pengusaha tidak hanya strategi yang harus dibangun, tetapi juga bisa menerapkan bagaimana cara membangun product identity agar dikenal khalayak luas.

Apa Itu Sebenarnya Identitas Produk?

Pernah dengar merek dan logo? Jika pernah, maka hal tersebut merupakan bagian dari sebuah proses dalam membangun product identity. Setiap barang atau produk tentu harus diberi identitas agar lebih jelas dan bisa dikenal oleh semua masyarakat.

Sebuah produk akan dilihat secara nyata oleh konsumen. Saat itulah peran sebuah identitas menjadi penting bagi barang atau layanan yang Anda buat, sehingga menghasilkan sesuatu dengan keistimewaan tersendiri kepada konsumen dalam mengenal suatu barang atau layanan.

Suatu merek bisa divisualisasikan dengan adanya product identity tersebut. Masyarakat saat ini merupakan penilai yang pasti. Suatu perusahaan harus membangun konsep produk dan identitasnya sehingga masyarakat bisa menilai merek tersebut.

Ada kesan mendalam yang diberikan perusahaan terhadap suatu produk untuk para pelanggan. Seperti logo yang unik, paduan warna, nama produk dan sebagainya. Selanjutnya perusahaan juga akan membentuk tim dibalik layar guna menciptakan brand dari suatu produk.

Inilah tata nilai yang akan diciptakan, sebuah product identity yang akan membedakan dengan produk perusahaan lain. Sebuah produk dinilai sangat digemari jika identitas dari produk tersebut bisa memberikan pemahaman baru kepada masyarakat dan melahirkan branding yang kuat.

Itulah kenapa identitas suatu produk bisa menjadi sangat penting dan memiliki berbagai macam fungsi guna mempromosikan produk dengan berbagai merek.

Selain menjadi alat yang sangat penting dalam pengembangan usaha, melakukan hal ini juga untuk membuat produk Anda lebih dikenal masyarakat luas, mulai dari merek, kemasan hingga tagline dari produk.

Fungsi Dari Identitas Suatu Produk

Saat memahami bagaimana suatu product identity bisa berpengaruh terhadap branding perusahaan. Maka identitas tersebut memang memiliki banyak fungsi yang menjadikan suatu produk dikenal dan sangat istimewa.

Konsumen akan melihat berbagai faktor pada saat membeli suatu produk. Maka dengan adanya identitas tersebut bisa memudahkan konsumen.

1. Branding

Setiap produk yang dikeluarkan oleh perusahaan harus dipikirkan dengan matang di meja tim perusahaan. Bagaimana suatu produk itu bisa menghasilkan branding yang kuat.

Maka untuk menciptakan hal tersebut digunakanlah product identity. Bisa dengan melihat merek, logo hingga tagline produk tersebut. Inilah yang dinamakan identitas suatu produk untuk branding.

2. Ciri Khas Suatu Produk

Dalam membuat identitas tidak hanya berhenti pada merek atau logo saja. Namun, juga konsep warna, desain hingga pemilihan bahan. Hal ini akan menjadikan sebuah produk memiliki ciri khas tertentu sehingga masyarakat akan lebih mengenal produk tersebut.

3. Memberikan Nilai Yang Berbeda

Identitas dibuat agar sebuah produk yang diciptakan oleh suatu perusahaan memiliki nilai. Nilai ini bisa berupa estetika, ukuran dan harga. Maka hal tersebut yang akan menjadikan suatu produk bisa berbeda dengan produk dari perusahaan lainnya. Selain itu, penilaian ini juga didasarkan pada persepsi masyarakat.

4. Sebagai Wadah Suatu Produk

Identitas produk bisa berupa kemasan yang diciptakan guna melindungi sebuah produk dari bahaya luar. Misalnya saja menjual makanan, maka diperlukan tempat untuk membungkus. Terciptalah wadah yang didesain khusus guna menunjang produk tersebut ditawarkan ke konsumen.

5. Meningkatkan Efisiensi

Untuk meningkatkan sebuah efisiensi dalam memperkenalkan produk, maka identitas untuk produk memiliki peran yang penting. Cara yang efektif adalah dengan merencanakan setiap detail ciri khas dari produk tersebut. Selanjutnya gunakan penambahan ornamen seperti bentuk fisik, ejaan merek dan desain yang berbeda dari produk lainnya.

Fungsi dari identitas suatu produk memang sangat menguntungkan perusahaan. Selanjutnya perusahaan harus membangun cara sebuah identitas dari produk tersebut. Agar identitas dari produk bisa lebih dikenal khalayak luas.

Identitas suatu produk memang sangat penting dibangun guna mengenakan keunggulan dan value produk pada konsumen. Perusahaan akan memakai beberapa strategi dalam membangun cara memperkenalkan identitas tersebut.

Sebagai contoh, produk minuman dibuat dengan visualisasi efektif pada kemasan produk. Kepentingan sebuah perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas tidak bisa lepas dari identitas merek itu sendiri.

Berbagai fungsi dari membangun product identity juga menghasilkan berbagai keuntungan untuk perusahaan yang memproduksi sebuah produk. Keberhasilan produk bisa menjadi istimewa dimata konsumen adalah karena branding yang kuat.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi yang cocok untuk berbagai jenis bisnis, mulai usaha dagang sampai jasa, UKM sampai pabrik manufaktur. Memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi kepercayaan 300 ribu pengguna dan pemilik usaha di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Informasi lebih lanjut mengenai Accurate Online, Anda dapat hubungi kami melalui Whatsapp dengan klik gambar di bawah ini.

Related posts

Pentingnya Mengenali Harga Pokok Penjualan Dalam Sebuah Bisnis

Wida

Definisi Dan Pengertian Laporan Laba Rugi Secara Mendalam

Wida

Brand Awareness: Pengertian, Fungsi, Strategi dan Contohnya

Handry