29.1 C
Jakarta
September 20, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Penting Untuk UMKM, Ini Tips Menyiapkan Harbolnas

Harbolnas atau hari belanja nasional merupakan program promosi yang banyak diselenggarakan oleh e-commerce di Indonesia setiap akhir tahun. Momen ini ditunggu-tunggu oleh konsumen karena mereka mengincar barang dengan harga miring. Event ini sudah diselenggarakan sejak tahun 2012 lalu oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia. 

Sebagai pelaku usaha, kamu pun dapat ikut memanfaatkan event ini untuk meraih peningkatan penjualan. Tetapi, kamu perlu menyiapkan harbolnas dengan beberapa hal berikut ini, nih

Antisipasi Stock Barang

Jika kamu membuat diskon atau promo khusus pada Harbolnas, pastikan kamu sudah siap dengan potensi melonjaknya order yang masuk. Dalam hal ini, kamu sebaiknya sudah memiliki manajemen inventory barang yang rapi sehingga ketersediaan barang dapat dicek secara tepat setiap saat. 

Selain stock barang, persiapkan juga perlengkapan pengiriman seperti bubble wrap dan kertas pembungkus paket. Jangan sampai, lonjakan order ini malah membuat pengiriman menjadi terkendala. Meski kebanyakan pembeli memaklumi event ini mungkin akan membuat pesanan mereka lambat terkirim, tetap saja kamu perlu menyiapkannya sebaik mungkin. 

Beri Tahu Konsumen Beberapa Hari Sebelumnya

Agar penjualan pada Hari Belanja Nasional menghasilkan penjualan yang signifikan, pastikan memberitahu pelanggan kamu di media sosial. Buat beberapa konten yang menginformasikan kepada pelanggan barang-barang yang akan di diskon. Kamu bisa juga membuat konten interaksi seperti menanyakan kesiapan mereka untuk harbolnas nanti dan barang apa saja yang mereka incar. 

Intinya, maksimalkan akun media sosial bisnis kamu baik secara kualitas maupun kuantitas menjelang hari belanja nasional. 

Siagakan Admin Toko Online

Untuk mengantisipasi lonjakan order yang masuk pada harbolnas, kamu juga perlu menyiagakan admin toko online baik di media sosial maupun platform e-commerce. Ini penting agar order yang masuk dapat ditangani sesegera mungkin. Jangan sampai, konsumen membatalkan orderan karena pelayanan dari CS yang terlalu lama. Sayang sekali, bukan?

Siapkan Strategi Diskon

Dalam event Harbolnas, tentu saja yang menarik minat pembeli adalah diskon. Tentukan jauh-jauh hari barang mana yang akan kamu berikan potongan. Misalnya, kamu memberikan potongan diskon yang cukup besar pada barang-barang yang sudah lama di gudang. Ini dilakukan jika kamu berniat menghabiskan stok barang tertentu. 

Baca Juga: Cara Menyesuaikan Harga Diskon Produk pada Accurate Online | Fitur Penyesuaian Harga

Selain diskon kamu dapat memainkan psikologi harga dengan menawarkan harga produk yang “nanggung”. Misalnya kamu memberikan harga sebesar “Rp298.000” untuk sebuah produk. Secara psikologis, konsumen akan merasa harga itu lebih murah ketimbang Rp300.000. 

Strategi lain yang bisa kamu coba adalah dengan menggratiskan ongkos kirim. Strategi gratis ongkir ini banyak diterapkan oleh platform e-commerce karena terbukti efektif dalam mendorong minat pembelian. Konsumen akan merasa diuntungkan karena tidak perlu membayar tambahan biaya untuk barang yang mereka beli. Tentunya, baik diskon maupun gratis ongkos kirim harus disesuaikan lagi dengan margin yang kamu ambil. 

Berikan Free Gift

Tips menyiapkan harbolnas selanjutnya adalah memberikan gift kepada konsumen. Strategi ini opsional dan dapat disesuaikan dengan industri masing-masing. Penjual produk kaos misalnya, sering menyisipkan stiker dan gift card pada barang yang dikirim. Ini penting jika kamu sedang berupaya membangun brand awareness merek. 

Kesimpulan  

Momen hari belanja online nasional menjadi ajang tahunan yang dapat dimaksimalkan oleh pelaku usaha untuk mendongkrak penjualan. Namun, event ini perlu disiapkan dengan baik untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti keterlambatan pengiriman maupun manajemen orderan yang berantakan. 

Nah, untuk membantu manajemen usaha terutama dalam hal keuangan, kamu bisa memanfaatkan software akuntansi Accurate Online. Software ini bakal memudahkan pelaku usaha dalam membuat laporan keuangan yang rapi, transparan dan sesuai dengan standar akuntansi. 

Accurate Online sendiri merupakan aplikasi keuangan buatan anak negeri yang telah digunakan lebih dari 300 ribu perusahaan. Saat ini, dapat dipakai secara GRATIS selama 30 hari.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Related posts

Realtime Stock Online, Fitur Yang Sangat Membantu Pengusaha

ademuthia

3Hal Yang Harus Dilakukan Jika Kamu DI-PHK

ademuthia

UMKM Wajib Tahu! Ini Cara Dapat BLT Rp2,4 Juta Dari Pemerintah

admin

Leave a Comment