ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Akuntansi

Pentingnya Laporan Keuangan Bagi Pemilik Bisnis

Para pelaku bisnis setidaknya harus tahu tentang cara membuat dan membaca laporan keuangan walaupun tidak mempelajari akuntansi secara khusus. Hal itu bertujuan mengetahui posisi keuangan usaha serta pos-pos pendapatan dan biaya apa saja yang akan dievaluasi sehingga bisa diambil keputusan yang tepat untuk perusahaan pada masa yang akan datang.

Hal-hal yang harus diketahui oleh para pelaku bisnis secara bertahap tentang akuntansi dan laporan keuangan sebagai berikut.

1. Manfaat Laporan Keuangan

Akuntansi keuangan memiliki beberapa tujuan

  • menyediakan informasi kondisi dan perkembangan keuangan yang berhubungan dengan perseorangan atau organisasi/perusahaan yang menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan yang tepat dan akurat.
  • memberikan informasi yang berguna bagi manajemen perusahaan.
  • menetapkan hak bagi masing-masing pihak yang mempunyai suatu kepentingan dalam suatu perusahaan, baik itu pihak internal maupun eksternal.
  • mengawasi dan mengendalikan berbagai macam suatu kegiatan yang terjadi pada perusahaan.
  • membantu suatu perusahaan untuk mencapai target yang telah ditetapkan.
  • Membantu perusahaan mengetahui laba yang diperoleh.
  • Memudahkan perusahaan untuk menghitung dan menentukan hak dari berbagai pihak internal dan eksternal yang terlibat.
  • Menyediakan informasi yang berguna bagi manajemen.
  • Mengelola (mengendalikan) dan mengawasi aktvitas dalam perusahaan.
  • Memudahkan pencapaian target yang telah ditetapkan.

2. Hakikat Laporan Keuangan

Setiap bisnis yang normal dan baik (bukan bisnis illegal) tentu membutuhkan laporan keuangan agar bisa mengetahui kondisi keuangan sehingga bisa dilakukan dan direncanakan hal-hal untuk memajukan perusahaan. Laporan keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan secara umum antara lain Neraca, Laba Rugi, dan Laporan Arus Kas (Cashflow).

Laporan keuangan yang baik adalah laporan yang bisa memberikan informasi kepada pemilik bisnis (pihak manajemen) untuk menentukan strategi bisnis pada masa yang akan datang.

Para pemilik bisnis belum tentu lulusan akuntansi atau setidaknya pernah belajar akuntansi sehingga mereka biasanya agak kesulitan untuk membuat laporan keuangan yang baik dan benar. Hal utama yang harus ada untuk membuat laporan keuangan adalah data transaksi keuangan bisnis.

Contoh transaksi, yaitu penjualan kepada pelanggan, pembelian kepada supplier, atau pembayaran beban-beban rutin seperti listrik dan lain-lain. Data transaksi tersebut yang akan kita catat sesuai kaidah akuntansi yang benar.

Kemudian pelajari tentang dasar-dasar akuntansi seperti cara membuat persamaan dasar akuntansi (persamaan akuntansi yang dipakai adalah aset = Liabilitas + Ekuitas yang mengacu kepada SAK (Standar Akuntansi Keuangan) di Indonesia, mencatat jurnal umum, membuat buku besar, dan tahapan laporan keuangan lainnya.

3. Cara Membaca Laporan Keuangan

Setelah mengerti cara membuat laporan keuangan, langkah yang terpenting selanjutnya bagi para pemilik bisnis atau pihak manajemen perusahaan adalah membaca laporan keuangan agar bisa membuat keputusan yang tepat. Bisnis yang baik adalah bisnis yang selalu dievaluasi dan bergerak maju.

Maju dalam konteks ini artinya bisa meningkatkan penjualan, meningkatkan laba atau keuntungan dari bisnis tersebut, dan masih banyak lagi tujuan-tujuan bisnis lainnya. Laporan keuangan juga dianggap sebagai bentuk pertanggungjawaban pihak manajemen terhadap pemilik perusahaan dan para pemegang saham.

Setelah memahami tentang laporan keuangan tentu akan lebih mudah untuk membuat keputusan yang berhubungan dengan kondisi keuangan perusahaan. Para pemilik bisnis juga lebih bisa memahami tentang kesulitan dan kendala-kendala yang sering dialami oleh para akuntan.

Selain itu, para pemilik bisnis juga mungkin bisa memberikan saran untuk perbaikan kepada akuntan jika mungkin ada kekurangan atau kesalahan dalam penyusunan laporan keuangan.

Setelah Anda memgetahui pentingnya laporan keuangan bagi jalannya bisnis Anda. Tentunya Anda membutuhkan tools yang tepat dalam memudahkan Anda membuat dan mengelola laporan keuangan. Anda bisa menggunakan Accurate Online untuk pengelolaan akuntansi dan laporan keuangan bisnis Anda.

Dengan segudang fitur yang di miliki Accurate Online, Anda bisa dengan mudah membuat berbagai laporan keuangan, mulai dari laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan keuangan siap pakai lainnya. Jalani bisnis lebih cepat dan mudah dengan Accurate Online sekarang.

Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu

 

 

Sumber : Retno Ayu

 

Related posts

Syarat Pembayaran: Pengertian, Jenis dan Contoh Soalnya

Eri Katsir

Jurnal Penjualan: Pengertian, dan Cara Membuat Jurnal Penjualan Perusahaan Dagang

Eri Katsir

Knowledge Management Adalah: Pengertian, Tujuan, Keuntungannya untuk Bisnis

Handry