ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Uncategorized

Pentingnya Mengetahui Keuntungan Bisnis Berdasarkan Laporan Keuangan

Menghitung keuntungan bisnis itu penting! Perusahaan yang menjual produk atau layanan membutuhkan lebih dari sekadar laporan penjualan dan alat untuk berjualan yang tepat untuk benar-benar memahami bisnis mereka.

Mungkin perusahaan Anda menghasilkan milyaran rupiah dalam setahun, namun apakah Anda tahu berapa keuntungan dari bisnis Anda?

Anehnya fenomena ini sangat umum dari yang Anda kira. Banyak pebisnis yang menjual produk atau layanan kesulitan mengetahui perbedaan antara pendapatan dan laba yang mereka dapatkan dari usaha mereka karena tidak memiliki sistem pembukuan yang jelas.

Jadi, tanpa mencatat seluruh nilai penjualan, biaya yang dikeluarkan perusahaan, dan pos pengeluaran atau pemasukan pada pembukuan, Anda hanya akan mendapat sebagian dari gambaran besar tentang kesehatan finansial bisnis.

Dan pada akhirnya Anda hanya membuat keputusan bisnis berdasarkan asumsi, bukan berdasarkan data keuangan yang faktual.

Cara Mengetahui Keuntungan dalam Bisnis

Jika Anda telah menemukan cara penjualan yang efektif untuk produk Anda seperti menggunakan platform penjualan iSeller, langkah selanjutnya adalah menghitung berapa keuntungan yang Anda dapatkan dalam bisnis.

Hal ini sangat penting, karena laba yang Anda dapatkan berguna untuk pengembangan dan perencanaa anggaran pengeluaran usaha Anda kedepannya.

Siap melihat bagaimana cara menghitung margin keuntungan dalam bisnis? Lihatlah beberapa contoh di bawah ini tentang beberapa cara menghitung laba atau keuntungan dalam usaha Anda.

Margin laba bersih

Untuk contoh ini, Analogikan  Anda tidak tahu berapa jumlah pendapatan bersih bisnis Anda. Karena Anda belum mengetahui jumlah laba bersih. gunakan rumus berikut:

Margin Laba Bersih = [(Pendapatan – HPP – Beban Operasional – Beban Lainnya – Bunga – Pajak) / Pendapatan] X 100

Untuk mengetahui pendapatan bersih Anda, ikuti bagian pertama rumus, yaitu mengurangkan berbagai pengeluaran dari pendapatan Anda.

Berikut adalah rincian biaya yang perlu Anda kurangi dari pendapatan Anda:

Pengeluaran

  • HPP: 4.000.000
  • Biaya operasional: 3.000.000
  • Beban lainnya: 1.500.000
  • Bunga:  500.000
  • Pajak: 1.000.000

Pendapatan Anda 20.000.000. Total pengeluaran Anda berjumlah  10.000.000

Masukkan jumlah total Anda ke dalam rumus di atas untuk menemukan margin laba bersih Anda.

  • [( 20.000.000 – 4.000.000 –  3.000.000 –  1.500.000 – 500.000 – 1.000.000) / $ 20.000] X 100
  • [( 20.000.000 –  10.000.000) / 20.000.000] X 100

Margin laba bersih bisnis Anda adalah 50% atau 0,50 [( 10.000.000 /  20.000.000) X 100].

Jika Anda sudah mengetahui total pengeluaran, Anda dapat melewati langkah mengurangi seluruh pos pengeluaran Anda dari pendapatan dan cukup membagi pendapatan bersih Anda dengan total pendapatan Anda, lalu kalikan totalnya dengan 100

Margin laba kotor

Katakanlah Anda ingin mencari margin laba kotor pada produk tertentu yang Anda tawarkan. Untuk mengetahui margin laba kotor, Anda perlu mengetahui berapa banyak barang yang dijual (pendapatan) dan berapa biaya pembuatannya (HPP).

Analogikan Anda menjual kemeja seharga 25.000. Biayanya 15.000 untuk membuat kaos (HPP). Untuk menemukan margin laba kotor Anda, masukkan total Anda ke dalam rumus di bawah ini:

Margin Kotor = [(Pendapatan Total – HPP) / Pendapatan Total] X 100

Margin Kotor = [( 25.000 – 15.000) /  25.000] X 100

Margin laba kotor bisnis Anda adalah 40%, atau 0,40. Ini berarti Anda menghasilkan 40% dari setiap kemeja yang Anda jual.

Margin laba operasi

Misalkan Anda ingin mencari margin laba operasi bisnis Anda. Pendapatan operasional Anda 10.000.000 dan pendapatan Anda 40.000.000 Masukkan informasi operasi Anda ke dalam rumus margin laba operasi.

Margin Laba Operasi = (Pendapatan / Pendapatan Operasional) X 100

Margin Laba Operasi = ( 10.000.000 /  40.000.000) X 100

Margin laba operasi perusahaan Anda adalah 25% atau 0,25.

 

Gunakan Alat yang Tepat untuk Menjual Produk dan Menghitung Keuntungan Bisnis

Jika Anda menggunakan cara manual untuk melakukan penghitungan keuntungan diatas, tentu akan memakan waktu. Terlebih jika Anda memiliki pos pengeluran dan pemasukan yang beragam, belum lagi Anda harus mengurus proses penjualan dan memastikan operasi bisnis berjalan sesuai rencana.

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan kebutuhan bisnis, ada baiknya Anda menggunakan alat atau sistem yang memudahkan seluruh  proses operasional dalam bisnis Anda sehingga meningkatkan efisiensi juga meminimalisir kesalahan pada saat Anda mengerjakannya secara manual.

Anda bisa menggunakan platform penjualan platform penjualan omni-channel dan aplikasi kasir berbasis teknologi informasi seperti iSeller yang dirancang untuk mempermudah Anda mengelola dan mengembangkan bisnis di berbagai industri termasuk Retail, F&B dan Express.

Jika Anda sudah menggunakan iSeller sebagai platform penjualan dalam usaha, Anda bisa mengintegrasikannya dengan Accurate Online untuk proses pembukuan dan pengelolaan data finansial yang menyeluruh dan optimal.

Dengan integrasi iSeller dan Accurate Online, Pertama Anda akan mendapatkan kemudahan dalam memasarkan dan menjual produk melalui berbagai kanal dan juga mendapatkan solusi point of sales dengan fitur terbaik.

Selanjutnya, Anda bisa melihat bagaimana seluruh data penjualan itu diterjemahkan oleh Accurate Online ke dalam laporan keuangan yang komprehensif sehingga membantu bisnis membuat keputusan yang tepat dengan data keuangan yang faktual.

Hal lain apa yang akan Anda dapatkan dalam integrasi ini?

iSeller memungkinkan Anda untuk melakukan pencatatan penjualan dan pesanan pembelian melalui aplikasi POS nya sekaligus memberi Anda kemudahan dalam memasarkan produk atau layanan Anda baik secara online maupun offline.

Integrasi Accurate Online dan iSeller dapat menghadirkan solusi akuntansi dan pengelolaan laporan finansial berdasarkan data dari setiap transaksi yang terjadi dan nilai persediaan yang ada dalam bisnis Anda.

Integrasi iSeller dan Accurate Online juga bisa:

  • Sinkronisasi Data Transaksi. Setiap transaksi yang terjadi dalam 1 hari akan langsung diposting ke Accurate sehingga Anda tidak perlu repot-repot memasukkan data secara manual ke pembukuan.
  • Secara otomatis melaporkan harga pokok penjualan dan penyesuaian inventaris ke jurnal Accurate Online untuk penghitungan real-time yang berkelanjutan.
  • Export-Import Seluruh Produk Anda. Anda tidak perlu lagi mendaftarkan ulang produk-produk Anda. Tinggal export saja semua data produk dari iSeller untuk kemudian di import di Accurate.
  • Posting Penjualan per Shift. Di setiap penutupan register shift, iSeller akan memposting data transaksi per shift ke Accurate lengkap mulai dari Sales Invoice, Sales Return dan Sales Receipt.
  • Pengelolaan Multi Outlet. Walaupun Anda punya banyak outlet, Anda bisa mengelola semuanya baik secara terpisah maupun secara keseluruhan.

Ingin tahu lebih banyak tentang integrasi ini? Anda bisa klik disinihttp://bit.ly/aolgratis30hari

Sumber : Sugi Priharto

 

Related posts

Prive Adalah: Berikut Pengertian Lengkap dan Karakteristik Akun Prive dalam Akuntansi

Wida

Membahas Lebih Jauh Pengertian Freelance dan Beberapa Contohnya

Handry

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis

Handry