27.1 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Bisnis

Punya Usaha Waralaba? Berikut adalah 17 Tips Waralaba yang Sukses

Manajemen dan pemasaran usaha waralaba bisa jadi sulit untuk diseimbangkan, tetapi tip ini dapat membantu Anda meningkatkan jaringan dan menarik prospek baru

Sebagai pemilik bisnis waralaba yang sukses, Anda akan terbiasa memimpin staf dan penerima waralaba. Anda terus-menerus mengevaluasi ulang proses, mengubah prosedur, dan belajar dari orang lain.

Anda dapat menggunakan keterampilan manajemen waralaba untuk menunjukkan keahlian Anda dalam jaringan Anda, dan menarik prospek baru untuk mengembangkannya. Berikut 16 cara caranya:

1. Tunjukan data dengan mudah dan pikat prospek baru dengan memposting semuanya secara online

Pengusaha yang paham bisnis yang ingin membeli peluang waralaba terbaik, cenderung melakukan banyak penelitian, sebagian besar secara online.

Jadikan hidup mereka lebih mudah dengan membuat profil di situs web peluang waralaba, berbagi informasi di blog situs web dan media sosial usaha waralaba Anda.

Anda bahkan dapat membuat halaman atau mengunduh lembar di situs web Anda dengan informasi keuangan, data penerima waralaba, statistik, dan testimoni dari pengguna waralaba saat ini.

2. Infomasikan semua secara transparan namun tidak berlebihan

Komunikasi antar franchisee Anda sangat penting. Namun pastikan untuk hati hati, terlalu banyak informasi dapat menyebabkan kebingungan. Buat buletin atau buletin mingguan atau dua kali seminggu dengan informasi yang mudah dicerna.

Praktik yang baik bagi tim manajemen waralaba untuk bergantian antara kabar baik dan tidak begitu baik untuk memungkinkan orang memproses apa yang telah mereka baca dengan lebih mudah.

3. Merencanakan pertumbuhan, mencapai tujuan besar

Jika bisnis Anda diarahkan untuk berkembang, begitu juga dengan pewaralaba Anda. Pastikan Anda memiliki sumber daya dan sistem untuk mendukung operator beberapa unit. Pastikan rencana bisnis, pemasaran, sistem, manajemen perusahaan, dan budaya merek Anda semuanya disiapkan untuk mendukung pertumbuhan penerima waralaba.

4. Hubungkan orang dan dorong percakapan untuk investasi yang lebih besar

Cara terbaik bagi calon pemilik usaha waralaba untuk mengetahui apakah sistem manajemen waralaba Anda benar-benar berfungsi untuk mereka adalah dengan bertanya.

Hubungkan pewaralaba saat ini dengan calon yang prospektif dan biarkan mereka menjual bisnis Anda. Wujudkan percakapan ini, buat daftar pewaralaba yang berkinerja terbaik, tepercaya, andal, dan percaya diri.

Tanyakan apakah mereka ingin mengerjakan skema pengembangan bisnis Anda dan mulai meluncurkannya kepada calon pewaralaba baru dan prospektif.

Catatan: Beri skema Anda judul yang terkenal sehingga pemegang waralaba yang ada merasa istimewa untuk menjadi bagian darinya. Menjadi bagian dari skema juga akan menghabiskan lebih banyak waktu mereka, jadi beri mereka hadiah dan hal yang sepadan untuk ini.

5. Selalu aktif

Temui calon pewaralaba sedini mungkin. Pemilik bisnis yang tidak melakukan hal sering kali menjadi pemecah kesepakatan bagi seseorang yang ingin menginvestasikan banyak uang ke perusahaan Anda.

Temukan tempat profesional yang akan membuat Anda dan prospek merasa nyaman dan dapat berbicara dengan bebas. Lakukan riset dan buat mereka merasa spesial. Kesan pertama itu penting!

6. Memahami tantangan dan meningkatkan sistem dengan bekerja di lapangan

Jika Anda ingin memahami bisnis secara menyeluruh, sediakan beberapa waktu setiap bulan untuk bekerja di lapangan, dalam operasi bisnis sehari-hari.

Melihat, mengalami, dan berbicara dengan orang-orang yang ada dalam bisnis Anda akan membantu Anda memahami tantangan yang dihadapi franchisee dan sistem yang mereka butuhkan untuk mendorong profitabilitas dan pertumbuhan yang lebih tinggi.

Dengan begitu Anda dapat bekerja lebih efektif untuk melakukan perbaikan pada sistem manajemen waralaba secara logis dan dalam genggaman keuangan semua pemegang waralaba.

7. Akui pencapaian dan perbarui hubungan

Usaha waralaba adalah bisnis kemitraan. Hubungan pribadi menginspirasi loyalitas dan pengertian timbal balik. Jaga hubungan untuk membantu Anda mengenali perjuangan dan pencapaian pemegang waralaba.

Terapkan prosedur untuk memantau jaringan Anda dan buat sistem penghargaan bulanan atau kuartalan. Tambahkan nilai pada penghargaan ini untuk memotivasi pemegang waralaba.

Tetap berhubungan dan bekerja dalam jaringan Anda juga akan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi orang yang berprestasi secara langsung.

8. Seimbangkan antusiasme dan profesionalisme

Penting bagi manajemen waralaba untuk menampilkan energi dan antusiasme yang tinggi. Energi bisa menular, sementara kekurangan energi bisa berdampak buruk.

Perlakukan semua orang dengan hormat dan sopan, meskipun Anda pasti sudah mengetahuinya, luangkan waktu sejenak untuk menganalisis bahasa dan nada yang Anda gunakan saat berbicara dengan orang-orang di jaringan Anda.

Apakah ini nada yang Anda inginkan dalam bisnis Anda? Tindakan Anda sehari-hari dan cara Anda menjalankan bisnis juga akan memengaruhi hal ini. Saat membuat keputusan sulit, pertimbangkan efeknya pada suasana dan moral di seluruh bisnis Anda.

9. Sajikan rencana untuk meningkatkan kepercayaan diri

Sajikan rencana yang jelas dengan jadwal dan biaya untuk semua skema pelatihan baru, skema dan prosedur pemasaran, dll.

Grafik dan visual membuat orang lebih mudah memahami perubahan serta melihat manfaatnya, dan ini juga meningkatkan kepercayaan diri selama tahap implementasi.

Buat rencana bersama penerima waralaba untuk memastikan Anda menjawab semua pertanyaan dan masalah yang mungkin timbul.

Rencana ini dapat dipublikasikan di forum dan ditinjau kembali untuk menunjukkan kesuksesan. Alternatifnya, mereka dapat ditambahkan dan dikembangkan, membuat semua orang mendapat informasi saat kampanye berkembang.

10. Jika Anda tidak bertanya, Anda tidak akan mengerti

Meminta umpan balik tentang inisiatif baru mendorong keterlibatan dan menunjukkan kepada pewaralaba bahwa Anda serius untuk mendengarkan.

Jika Anda meluncurkan prosedur baru, skema pelatihan, seragam, atau kampanye pemasaran melibatkan jaringan Anda selama proses pengambilan keputusan. Buat kuesioner seperti di Survey Monkey sederhana dan tunjukkan datanya.

Anda bahkan dapat membuat hadiah gaya lucky dip untuk peserta. Meskipun kedengarannya sederhana, hal ini menunjukkan rasa hormat yang meningkatkan komitmen.

11. Atasi kekhawatiran melalui diskusi rutin dan komunikasi tatap muka

Selalu tetap berhubungan dengan pemegang waralaba, jangan biarkan mereka merasa ditinggalkan. Bagikan informasi saat tersedia dan jangan biarkan segalanya menjadi diam dan kaku.

Siapkan grup whatsapp pribadi atau grup media sosial untuk membuat dan memantau diskusi. Namun, selain forum terbuka, penting bagi pemegang waralaba untuk merasa bahwa mereka dapat dengan mudah melakukan percakapan pribadi.

Pastikan Anda menghubungi pewaralaba segera setelah mereka mengungkapkan kekhawatiran apa pun. Jika tidak dibahas, mereka bisa berspekulasi dan membuat rumor yang tidak diinginkan. Berikan nomor telepon bantuan atau alamat email tertentu hanya untuk penerima waralaba yang ada.

Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah melacak dan memantau masalah.

12. Gunakan pengalaman dan berkolaborasi untuk menciptakan solusi yang solid

Usaha waralaba umumnya berasal dari latar belakang yang berbeda dan dengan ini muncul berbagai keahlian. Setelah bekerja di lapangan dalam jaringan Anda, Anda pasti akan menemukan kekuatan dan kekurangan baru dalam cara kerja masing-masing individu.

Kumpulkan umpan balik dan pengetahuan untuk membantu memecahkan tantangan. Anda mungkin terkejut saat mengetahui bahwa beberapa hal yang dilakukan dengan baik dapat diluncurkan sebagai prosedur standar.

13. Bicaralah dan hasilkan prospek berkualitas lebih baik

Berbicara di pameran dan acara adalah cara yang bagus untuk meningkatkan profil perusahaan Anda, menarik prospek baru yang berkualitas, dan membedakan diri Anda dari persaingan.

Teliti pameran lokal dan pameran dagang untuk menciptakan topik menarik yang mendidik dan tidak murni promosi penjualan.

Latihan membuat sempurna jadi pastikan untuk melatih ceramah Anda dan jawaban atas pertanyaan apa pun yang mungkin muncul, tidak peduli seberapa kaburnya menurut Anda pertanyaan itu. Tetapkan diri Anda sebagai ahli dalam industri Anda, karena ini akan sangat mencerminkan merek Anda.

14. Jangan terpaku pada yang baru, berinvestasilah pada yang lama

Banyak yang terpaku pada pembentukan franchisee baru. Namun, lebih mudah untuk mempertahankan dan menjaga penerima waralaba daripada membangun yang baru.

Investasikan pada franchisee Anda saat ini jika Anda ingin mengembangkan jaringan Anda. Menerapkan prosedur untuk membantu dan mendorong mereka tumbuh menjadi operator multi-unit.

Platform apa yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan produktivitas, berbagi informasi, dll? Persaingan yang bersahabat dapat memotivasi dan mendorong bisnis.

15. Berikan semua yang dibutuhkan franchisee Anda untuk memasarkan franchise mereka dengan sukses

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang berasal dari latar belakang pemasaran. Jika Anda memiliki sistem manajemen usaha waralaba yang kokoh untuk diikuti, maka Anda meminimalkan risiko merek Anda melemah.

Jangan memberikan kesempatan kepada pewaralaba untuk merendahkan identitas Anda dengan materi pemasaran yang murah dan diproduksi dengan buruk atau jaminan yang tidak sesuai dengan identitas merek Anda.

16. Atur sistem pemesanan Anda

Banyak pemilik usaha waralaba berpikir bahwa sistem yang mereka miliki berfungsi dengan baik. Namun kami baru-baru ini melakukan audit dan ternyata bukan itu masalahnya.

Memiliki banyak cara bagi pewaralaba untuk memesan jaminan pemasaran mereka dapat membuang-buang waktu dan uang. Inilah mengapa sangat penting untuk menyatukan semuanya ke dalam satu sistem pemesanan.

17. Selalu tawarkan teknologi untuk memudahkan operasi bisnis pewaralaba

Dalam bisnis apapun, teknologi selalu menjadi solusi untuk kemudahan bisnis dan peningkatan keuntungan, termasuk dalam usaha waralaba. Pastikan semua anggota pewaralaba Anda memiliki akses teknologi terbaik untuk kemudahan operasional bisnis yang menyeluruh, misalnya adalah proses pencatatan pembukuan untuk memantau keuntungan yang mereka dapatkan.

Dengan bantuan teknologi, pembukuan bukan lagi menjadi hal yang merepotkan dan memakan waktu. Bahkan bagi mereka yang tidak memahami ilmu akuntansi secara mendalam bisa mendapatkan laporan keuangan yang sesuai standar berkat software akuntansi yang banyak digunakan oleh bisnis kecil, salah satunya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis, termasuk usaha waralaba di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, anggota pewaralaba Anda bisa mendapatkan kemudahan pembukuan, proses rekonsiliasi otomatis, manajemen aset dan inventori, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Jika Anda tertarik menggunakan Accurate Online untuk membantu kemudahan usaha waralaba yang Anda miliki, Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan yang tersedia di  link ini.

Informasi lebih lanjut mengenai Accurate Online, Anda dapat hubungi kami melalui Whatsapp dengan klik gambar di bawah ini.

Related posts

Tips Membuka Bisnis Clothing Line

Erapuji

Yuk, Lebih Cepat Lagi dalam Mencatat Transaksi dengan Accurate POS Beta

Eri Katsir

5 Cara Menjadi Pengusaha Sukses Yang Bisa Anda Lakukan Sekarang

Miftah