skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Restorasi Arsip Penting Perusahaan Pasca Banjir

Restorasi Arsip Penting Perusahaan Pasca Banjir

restorasi arsip perusahaan – Senin 6 Januari 2020, merupakan hari pertama masuk kembali bekerja untuk sebagian besar kantor setelah libur Panjang tahun baru. Seperti yang kita tahu, di awal tahun ini sebagian besar wilayah Jabodetabek mengalami bencanca banjir yang cukup parah dan sangat-sangat tidak terduga. Sesaat setelah kita merayakan tahun baru, wilayah Jabodetabek langsung diguyur hujan tanpa henti dengan intensitas yang tinggi selama 12 jam dan akhirnya mengakibatkan banjir.

Banjir yang tidak terduga ini mengakibatkan sebagian wilayah Jabodetabek tergenang, mulai dari 10 cm bahkan sampai menenggelamkan lantai 1 beberapa perumahan warga. Banjir menggenang wilayah perumahan, sekolah, pusat perbelanjaan umum dan bahkan wilayah perkantoran.

Karena banjir “dadakan” ini, tidak banyak orang yang dapat mengamankan surat-surat berharga pribadi ataupun perusahaan mereka seperti. Pastinya keselamatan diri nomer 1. Namun jangan sedih, karena Lembaga Arsip Nasional RI atau yang biasa kita kenal dengan ANRI dapat membantu restorasi surat-surat berharga pribadi ataupun perusahaan kita.

Dilansir dari Anri.go.id, Arsip Nasional RI mempunyai program untuk mempreservasi dan meningkatkan aksesibilitas arsip statis yang merupakan arsip bernilai guna tinggi, salah satunya adalah arsip yang rusak akibat terjadi nya bencana. Salah satu programnya, ANRI mencoba melindungi dan menyelamatkan arsip pascabencana, terutama yang terjadi di dalam Indonesia. Program ini berawal dari tahun 2004 ketika terjadi bencana Tsunami yang menimpa Aceh dan Nias. Bencana Tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 , merupakan bencana besar, yang tidak hanya menghilangkan nyawa dan material, tetapi sebagian besar arsip ikut hanyut dan hilang. Hal inilah yang membangkitkan ANRI untuk menyelamatkan sertifikat kepemilikan atas tanah-tanah para korban bencana tsunami ini. Dengan menggunakan tehnologi Vacum Freeze Dry Chamber yang merupakan bantuan dari Jepang ANRI dapat menyelamatkan arsip-arsip yang terkena bencana ini. Program ini akhirnya berlanjut sampai sekarang.

Meskipun awalnya diperuntukan untuk restorasi arsip keluarga, ternyata restorasi ANRI dibuka untuk arsip perusahaan juga loh namun tetap dikenakan biaya tambahan (Voa.com, 2020)

Lalu, bagaimana mekanisme untuk melakukan restorasi arsip perusahaan tersebut?

Kita bisa langsung ke

GEDUNG ARSIP NASIONAL RI

Arsip Nasional Republik Indonesia
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Simak info grafik berikut:

 

Semoga informasi ini dapat membantu rekan-rekan Accurate Online untuk melakukan restorasi arsip perusahaan yang rusak akibat bencana banjit kemarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top