fbpx
skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Sektor Pertanian Kini Bangkit Kembali Setelah Sekian Lama Hampir Dilupakan | Peluang Usaha

Sektor Pertanian Kini Bangkit Kembali Setelah Sekian Lama Hampir Dilupakan | Peluang Usaha

Peluang Usaha – Dewasa ini semakin banyak sektor industri baru untuk mengimbangi perkembangan teknologi saat ini. Saking banyaknya industri baru yang muncul akhirnya memicu kita untuk mendalami masing-masing industry tersebut sehingga hampir saja melupakan sektor industri penting yang bahkan menjadi penopang hidup kita sehari-hari.

Salah satu sektor industri yang hampir dilupakan oleh generasi saat ini adalah sektor pertanian. Banyak orang yang menganggap sektor pertanian bukanlah hal yang “keren” dan kekinian sehingga mereka enggan untuk melirik sektor yang satu ini.

Kalau kita bertanya pada anak kecil atau anak-anak muda jaman sekarang, apa cita-cita mereka? Kebanyakan dari mereka akan menjawab ingin menjadi seorang guru, dokter, polisi atau bahkan youtuber. Hampir tidak ada dari mereka yang bercita-cita menjadi seorang petani.

Dilansir dari Kompas.com, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Survei Pertanian Antar Sensus (Sutas) 2018 mengumumkan, ada sebanyak 27.682.117 rumah tangga pertanian. Jika membandingkan jumlah populasi penduduk Indonesia yang berjumlah 265 juta (Bappenas, 2018), maka sekitar 10,44 persen penduduk Indonesia merupakan petani.

Baca Juga: Peluang Bisnis dari Gaya Hidup Zero Waste

Namun sayangnya jumlah ini lebih didominasi oleh petani dengan umur 45 – 54 yang jumlahnya mencapai 7.841.355 (28,38 persen). Berbanding jauh dengan petani yang berumur 25 tahun ke bawah yang berjumlah 191.000 (0,68 persen).

Maka dari itu saat ini pemerintah bekerjasama dengan berbagai lembaga untuk membangun program untuk menarik minat generasi saat ini ke sektor pertanian. Dilansir dari website Kementrian Pertanian Nasional, pemerintah mulai menyedian program-progam untuk meningkatkan kesejahteraan hidup pelaku sektor pertanian dengan penyediaan layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR), program Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) dan pembentukan Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostra Tani).

Selain itu pemerintah daerah pun mulai menggalakan program Bertani untuk millennial seperti yang dilakukan di Jawa Barat, Yogyakarta serta berbagai daerah lainnya. Selain itu saat ini mulai ada sektor pertanian 4.0 yang digagas oleh Tanihub.

Sektor pertanian identik dengan kawasan pedesaan yang asri, hamparan lahan hijau yang luas dan aktifitas lapangan yang penuh dengan tanah. Padahal dengan adanya perkembangan teknologi seperti sekarang ini, aktivitas di sektor pertanian pun bias dilakukan dengan “cantik” dibalik meja kerja kita yang pastinya dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Dilansir dari Petanidigital.id ada beberapa usaha di sektor petanian yang dapat kita jadikan peluang bisnis menjanjikan di tahun 2020 ini, yaitu:

Usaha Bunga Potong

Menjalankan bisnis di bidang pertanian satu ini sebenarnya sangatlah mudah dan tidak jauh berbeda dengan usaha jual tanaman hias pada umumnya. Tetapi yang membedakan usaha yang satu ini adalah kita menyajikan bunga potong yang merupakan sejenis tanaman hias dengan akar yang sudah dipotong.

Bunga potong biasanya digunakan untuk acara resmi, seperti pesta pertunangan, pesta pernikahan, acara pemakaman, ulang tahun, dan lainnya. Karena banyak digunakan untuk kebutuhan tersebut, sehingga menjalankan usaha jual bunga potong juga tidak kalah menariknya untuk dicoba.

Dengan berjualan Bungan potong, kita bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari usaha tersebut, asalkan kita menjalankan usaha jualan bunga potong dengan sungguh-sungguh dan tidak berputus asa.

Usaha Bibit Tanaman Tanpa Bibit

Yang dimaksud dengan jualan bibit tanaman tanpa bibit di sini adalah kita menjual bibit secara online dengan cara menjadi reseller. Mudah bukan? Kita tidak perlu mengumpulkan modal yang besar untuk menjalankan usaha pertanian yang satu ini. karena yang dibutuhkan di sini hanya gadget dan koneksi internet yang lancar.

Tanpa menyetok bibit tanaman, tentunya tidak akan membuat kita merugi ketika ada beberapa jenis bibit tanaman yang tidak laku terjual. Usaha pemasaran tentu jadi lebih mudah dengan manfaatkan berbagai akun sosial media kita saja.

Baca Juga: Mulai Bisnis Modal Smartphone? Tuntu Bisa! Cek Di Sini!

Usaha Terarium

Terarium memang dikenal sebagai sarana terbaik untuk bercocok tanam yang menjadi peluang usaha pertanian di lahan sempit. Kita yang tinggal di perkotaan besar juga bisa mencoba menjalankan jenis bisnis menguntungkan satu ini. Terarium dapat diletakkan di dalam ruangan dengan wadah kaca bening.

Tampilannya yang cantik dengan ukuran mungil tentu saja banyak orang yang akan tertarik untuk memilikinya. Terarium bahkan bisa dijadikan sebagai hiasan meja paling sempurna pada beberapa hunian minimalis modern.

Selain terarium, tanaman hias juga menjadi pilihan yang tepat untuk mempercantik dan memperindah rumah, kantor, dan lain-lain. Ini merupakan salah satu jenis usaha agrobisnis terbaik yang menjanjikan. Jenis tanaman hias pun ada banyak sekali ragamnya.

Untuk mendapatkan konsumen lebih cepat pada saat pertama kali menjalankan usaha jualan tanaman hias, disarankan agar memilih jenis tanaman yang banyak diminati masyarakat. Bila perlu, kita pasarkan melalui berbagai sosial media dengan begitu usaha kita bisa menjangkau konsumen yang lebih luas lagi.

Usaha Tanaman Hidroponik

Tanaman hidroponik sudah banyak dikembangkan dan ‘laku’ di pasaran.

Teknik yang kini sudah mulai banyak digunakan ini dengan mudah oleh banyak orang yang menjual tanaman hidroponik dan kualitasnya lebih baik.

Saat ini sistem hidroponik banyak dipilih para pelaku usaha untuk membudidayakan sayur-sayuran seperti bayam, selada, sawi, dan kangkung. Langkah ini diambil karena di beberapa pasar modern seperti supermarket, sayuran hidroponik dijual dengan kisaran harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran yang ditanam melalui media tanah. Harga sayuran tersebut berbeda karena sayuran hidroponik tidak menggunakan media tanah sehingga kondisi sayurannya lebih bersih, dan tidak menggunakan pestisida.

Apapun peluang usaha sektor pertanian yang akan dijalankan nantinya, jangan lupa untuk selalu membuat laporan keuangan usaha dengan Accurate Online. Satu-satunya aplikasi keuangan bisnis paling mudah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top