31 C
Jakarta
February 21, 2024
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Siap-Siap 2021 UKM dan UMKM Jadi Ujung Tombak Perekonomian Negara

Di tahun 2020 ini hampir seluruh sektor industri porakporanda dihadang pandemi Corona, tak terkecuali sektor perekonomian. Ada jutaan orang kehilangan pekerjaaan, ribuan bisnis bangkrut dan banyak orang yang menahan dana mereka sehingga arus kas tidak berjalan lancar. Lalu bagaimana dengan 2021 nanti?

Dilansir dari okezone.com, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi salah satu dari empat kementerian yang disebutkan Presiden Joko Widodo sebagai ujung tombak ekonomi di Indonesia. Selain Kemenkop, ada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan.

UKM jadi Ujung Tombak Perekonomian 2021

Menurut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Kemenkop menjadi ujung tombak karena perekonomian saat ini sedang menurun. Untuk itu, dirinya mendapat tugas meningkatkan perekonomian melalui produk-produk koperasi.

Selain itu Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani menyampaikan kebijakan terkait dengan pemulihan ekonomi harus difokuskan pada penguatan usaha kecil menengah (UKM) dan korporasi pada 2021.

Rosan mengatakan kedua sektor tersebut memiliki peran yang signifikan dalam penyerapan tenaga kerja, produk domestik bruto (PDB), hingga penerimaan perpajakan negara.

“UKM kita tahu penyerapan tenaga kerjanya lebih dari 66 persen, kontribusinya ke PDB 60 persen, kontribusi ke perpajakan 85 persen dari sektor korporasi, jadi dua bidang ini harus didorong,” katanya, Selasa (22/12/2020).

Rosan mengatakan dunia usaha pada 2021 akan mengalami tranformasi yang besar, khusunya di bidang teknologi, sejalan dengan ekonomi digital yang terakselerasi selama pandemi Covid-19.

Rosan optimistis, momentum pemulihan ekonomi pada tahun depan akan semakin baik, tercermin dari beberapa indikator ekonomi yang sudah mulai menunjukkan pemulihan, misalnya PMI manufaktur telah kembali ke level ekspansif dan indeks keyakinan konsumen yang mulai mengalami peningkatan.

Jadi untuk para pegiat UKM Indonesia, sudah siap untuk menghadapi tahun 2021? Jangan lupa untuk selalu mencatat keuangan bisnis dengan Accurate Online. Software akuntansi paling mudah di Indonesia.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

E-Budgeting Adalah: Tujuan, Kelebihan, dan Kekurangannya

Eri Katsir

Apasih Manfaat Menggunakan QR Code dalam Bisnis?

admin

Strategi Ampuh Membangun Bisnis Rumahan

admin