28.9 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
Marketing

Efektivitas Strategi Pemasaran 9P dalam Bisnis

Strategi Pemasaran 9p untuk bisnis

Sebagai owner bisnis, operator, supervisor, eksekutif pemasaran, manajer atau karyawan wajib tahu apa itu strategi pemasaran 9P yang sangat bermanfaat jika diterapkan dalam suatu bisnis. Strategi marketing ini dapat menjadi satu strategi yang bisa digunakan oleh berbagai perusahaan untuk memasarkan produk maupun jasa.

Nah, mau tahu lebih jauh mengenai strategi marketing ini? Jika iya, langsung saja simak artikel berikut untuk memperoleh penjelasan lebih lanjut seputar strategi pemasaran 9P!

Apa Itu Strategi Pemasaran 9P?

Strategi pemasaran 9P adalah salah satu cara untuk membantu perusahaan, terutama tim penjualan, dalam mengembangkan brand mereka. Dengan menggunakan strategi pemasaran, dapat membantu brand manajer, manajer pemasaran, pengusaha, dan lainnya bekerja dalam struktur dengan variabel pengamatan yang jelas.

Begitu pula dengan penelitian pengembangan produk baru, layanan pelanggan, dan implementasi pasar. Ditambah hubungan dengan mitra, promosi strategis, serta presentasi produk yang lebih baik, kegiatan pemasaran jadi lebih efektif dan tepat sasaran.

Strategi pemasaran 9P terdiri dari sembilan variabel, yaitu planning (perencanaan), product (Produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat), target pasar, proses, partners (mitra), presentasi, dan passion. Untuk penjelasan mengenai masing-masing variabel, simak penjelasan di poin berikutnya!

Baca Juga: 10 Strategi Marketing Paling Efektif untuk Bisnis Fesyen

Variabel Strategi Pemasaran 9P

Sesuai namanya, strategi pemasaran ini terdiri dari sembilan variabel yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan serta mendapatkan lebih banyak keuntungan. Berikut ini penjelasannya:

1. Planning (Perencanaan)

Seperti yang mungkin sudah Anda duga, variabel ‘P’ yang pertama salam strategi pemasaran ini adalah perencanaan. Sama dengan strategi pemasaran pada umumnya, Anda harus memulainya dengan menyusun rencana dan melakukan riset.

Pasalnya, Anda tidak akan bisa memasarkan produk atau layanan yang Anda tawarkan secara efektif jika Anda tidak tahu kepada siapa Anda menawarkannya. Dengan membuat perencanaan dan riset, berarti Anda dapat mengetahui siapa yang paling diuntungkan dari produk atau layanan Anda.

Alhasil, Anda juga bisa mengetahui apa yang konsumen minati, bagaimana cara menjangkau mereka, jenis persaingan bisnis, strategi untuk melampaui kompetitor, dan lain-lain. Lakukan riset yang tepat sebelum memulai kampanye pemasaran Anda. Jika tidak demikian, maka Anda bisa diibaratkan hanya terbang buta dalam menjalankan bisnis.

Anda dapat menghasilkan keuntungan, tetapi tanpa data maka akan sulit untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari strategi pemasaran Anda. Jika sudah begitu, maka Anda juga akan sulit untuk meniru dan menerapkan kesuksesan yang sama di masa depan.

2. Product (Produk)

‘Produk’ adalah semua barang dan jasa yang Anda tawarkan melalui bisnis Anda. Salah satu dari variabel strategi pemasaran 9P ini berguna untuk menentukan seperti apa branding Anda nantinya. Anda harus mempertimbangkan segala hal yang berhubungan dengan produk Anda.

Mulai dari nama brand, packaging, motif, desain, dan lain sebagainya. Pasalnya, ini akan memengaruhi kesan dan citra bisnis Anda di mata konsumen. Apalagi jika Anda menggunakan website khusus bisnis, maka merk dari produk Anda bisa jadi tampilan pertama yang dilihat konsumen saat mengunjunginya.

3. People (Konsumen)

Ini adalah langkah di mana Anda benar-benar harus mulai memikirkan siapa target konsumen dari produk atau layanan Anda. Bangun beberapa buyers persona. Kumpulkan karakteristik yang Anda yakini dimiliki oleh pelanggan ideal Anda.

Variabel ini juga menentukan target pasar Anda. Pada dasarnya, variabel “people” adalah konsep marketing untuk menarik, melibatkan, dan mengubah pelanggan potensial Anda dari awal penawaran hingga proses pembelian.

Bukan ide yang buruk untuk mengembangkan beberapa buyers persona. Ini akan memungkinkan Anda untuk bereksperimen dengan strategi untuk kelompok yang berbeda agar bisa memberikan penawaran terbaik untuk pelanggan potensial Anda.

4. Price (Harga)

Harga adalah konsep di mana Anda bisa menentukan nilai dari produk atau layanan yang Anda tawarkan. Anda harus dapat memanfaatkan harga menjadi variabel yang menguntungkan Anda.

Harga yang Anda tentukan sudah termasuk harga grosir, eceran, promo, diskon, kredit, periode penjualan dan pembayaran, dan persyaratan kredit. Pengambilan keputusan mengenai harga harus Anda pertimbangkan dengan teliti.

Pasalnya, harga yang Anda tentukan juga melibatkan penyesuaian harga yang berkaitan dengan lingkungan persaingan, situasi ekonomi, dan melibatkan persepsi pembeli terhadap kualitas produk Anda. Pertimbangkan apakah harga produk Anda lebih mahal dari kompetitor serta faktor yang membuat produk Anda memiliki nilai yang lebih baik daripada produk kompetitor.

5. Promotion (Promosi)

Variabel strategi pemasaran 9P ini berfokus pada cara mengomunikasikan produk Anda kepada audiens target. Ini mencakup metode komunikasi, mulai dari direct marketing, hingga self marketing, content marketing, email marketing, dan lain-lain.

Untuk bisa menerapkan variabel yang satu ini, penting untuk melihat kembali variabel pertama dan ketiga. Anda seharusnya sudah memiliki perencanaan atau strategi dasar yang dipetakan untuk mengejar target audiens saat menawarkan produk Anda.

Misalnya, Anda akan menerapkan strategi pemasaran melalui LinkedIn.Tetapi setelah Anda memutuskan bahwa audiens Anda kemungkinan berusia antara 18-24 tahun, Anda mungkin harus menyesuaikannya dan menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, atau TikTok.

Baca Juga: Mengenal Pengertian Strategi Marketing Dan Manfaatnya

6. Place (Tempat / Distribusi)

Varibel ini berfokus pada pendistribusian produk Anda kepada pelanggan. Untuk bisnis yang menjual barang fisik biasanya menggunakan etalase atau rak barang untuk menempatkan dan menampilkan produk mereka. Sedangkan untuk bisnis online, Anda harus memikirkan bagaimana metode pengiriman barang agar bisa sampai ke pelanggan.

Ini bisa jadi langkah di mana sangat penting untuk memikirkan kenyamanan bagi pelanggan Anda. Jika sulit bagi pelanggan untuk mendapatkan produk Anda, mereka mungkin mencari alternatif.

7. Partners (Mitra)

Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan penjualan adalah dengan membangun hubungan kemitraan, entah itu dengan influencer atau dengan merek lain. Dengan menjalin kemitraan, Anda dapat memperluas jangkauan pemasaran produk atau layanan Anda. Strategi ini juga ampuh untuk menambah pelanggan potensial yang baru serta meningkatkan loyalitas mereka.

8. Presentasi

Ini adalah kesempatan Anda sebagai pemasar untuk menyampaikan variabel strategi pemasaran 9P sebelumnya yang telah Anda kumpulkan menjadi narasi yang menarik untuk di presentasikan. Baik itu kepada pemangku kepentingan, investor, calon konsumen, pelanggan, dan target audiens Anda yang lain.

Setiap elemen pemasaran tersebut, mulai dari perencanaan hingga kemitraan, harus Anda kembangkan dengan cermat. Pasalnya, dengan presentasi yang menarik, bisa menjadi kesempatan bagi bisnis atau produk Anda untuk dipilih oleh pelanggan atau calon investor.

Pikirkan tentang emosi seperti apa yang ditimbulkan merek Anda dan tunjukkan itu melalui materi pemasaran Anda. Jika memungkinkan, hadirilah event-event pitching sebagai ajang untuk mempresentasikan bisnis Anda sekaligus memperluas jaringan yang berpotensi meningkatkan penjualan Anda.

9. Passion

Aspek ini mengacu kepada seberapa besar kemampuan Anda dalam menonjolkan keunggulan produk atau layanan Anda daripada produk lainnya. Misalnya, bagaimana produk Anda dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, bagaimana Anda mempresentasikan ide dan materi, dan bagaimana Anda dapat membuat perencanaan serta mengevaluasinya.

Sebelum memasarkan dan menawarkan produk kepada pelanggan, pastikan bahwa Anda serta tim penjualan percaya pada produk. Dengan begitu, Anda bisa lebih baik dalam memahami produk Anda serta menyampaikan manfaatnya kepada pelanggan secara lebih mendalam dan bersemangat.

Menjadi bersemangat tentang sesuatu dan mampu menyampaikan kegembiraan itu menambah tingkat keefektifan komunikasi. Misalnya melalui ulasan pelanggan, Anda jadi lebih tahu mengenai kepuasan atau kesulitan yang dialami pelanggan. Dengan kata lain, jika Anda tidak percaya dengan apa yang Anda tawarkan, maka itu bukan passion Anda.

Nah, itulah pembahasan seputar strategi pemasaran 9P yang bisa Anda terapkan dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan Anda. Dalam upaya menjalankan bisnis menggunakan strategi ini, sangat penting bagi Anda untuk memiliki sistem pembukuan yang terstruktur dan sesuai dengan standar.

Untuk membantu Anda dalam hal pembukuan dan pelaporan akuntansi bisnis, ABCSemanggi hadir sebagai solusi untuk Anda mendapatkan software akuntansi. ABCSemanggi menawarkan Accurate Online sebagai software akuntansi yang memiliki berbagai fitur, modul, template laporan, serta software akuntansi yang cocok untuk bisnis kecil, menengah, besar, hingga lembaga pemerintahan.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

SMS Marketing: Pengertian dan Tips Sukses Menggunakannya

Erapuji

Ide Nama Usaha Makanan yang Menarik Bisnis Kuliner

admin

Contoh Target Audience Bisnis dan Trik Mengidentifikasinya

admin