fbpx

Udah Jadi Entrepreneur, Sudah Tahu Tentang 6 Konsep Marketing? Kalau Belum Mari Kita Simak!

Konsep pemasaran

Konsep Pemasaran. Source : http://data.ibcconnect.com

Pemasaran umumnya dikenal sebagai proses mengenalkan suatu produk ke masyarakat atau calon customer. Setiap proses pemasaran tidak dilakukan secara asal-asalan. Namun semua dilakukan secara terpadu dan terukur. Meskipun begitu, ada konsep pemasaran yang harus dijalankan oleh setiap pengusaha.

Secara spesifik pemasaran dilakukan untuk mengenalkan produk atau jasa yang Anda buat untuk dikenalkan kepada publik. Namun, Anda tidak hanya mengenalkan produk atau jasa Anda saja. Anda juga harus siap mengedukasi masyarakat untuk menggunakan hingga membeli produk atau jasa Anda.

Konsep sebuah pemasaran dilakukan berdasarkan apa tujuan perusahaan. Secara umum, konsep pemasaran memiliki enam konsep. Ide atau konsep merupakan konsep dasar yang bisa dikembangkan oleh perusahaan atau oleh bisnis Anda untuk menarik ataupun mendapatkan customer.

Apa saja konsep pemasaran yang harus Anda ketahui sebagai pengusaha?

Konsep Produksi

Apakah bisnis Anda melakukan produksi secara besar-besaran untuk menciptakan sebuah produk? Jika iya, maka konsep bisnis Anda menerapkan konsep produksi. Konsep produksi umumnya diterapkan oleh perusahaan barang yang cepat habis.

Bisnis yang menerapkan konsep ingin menghasilkan barang atau jasa dengan harga terjangkau, sehingga dapat dibuat dimana saja dan kapan saja. Cara ini dilakukan untuk menekan biaya produksi dan menguatan sistem distribusi. Sehingga konsumen dari manapun bisa menikmati produk atau jasa yang Anda ciptakan.

Konsep Produk

Perusahaan yang menerapkan konsep produk dalam konsep pemasaran mereka merupakan perusahaan yang ingin menjamin mutu, kualitas, karakter, maupun performa dari barang atau jasa yang diciptakan menjadi yang paling unggul.

Bisnis yang menerapkan konsep produk pada umumnya memiliki pasar yang segmented dan tidak begitu luas. Karena mereka fokus pada mutu dan kualitas produk, sehingga produk atau jasa yang diciptakan pun akan menghasilkan harga yang relatif tinggi. Dan harga yang tinggi dari sebuah produk atau jasa tidak semua konsumen sanggup untuk membelinya dan memakainya.

Konsep Penjualan

Sering sekali kita menemukan berbagai promo yang dilakukan oleh suatu brand. Cara ini merupakan konsep pemasaran jenis penjualan. Bisnis yang menerapkan konsep penjualan selalu berpikir, kalau konsumen tidak dapat ditinggalkan secara sendirian. Pada konsep ini, produsen harus bisa memikirkan, bagaimana agar konsumen mau membeli produk atau jasa yang diciptakan.

Cara yang sering dilakukan dengan konsep yang satu ini biasanya melakukan promosi secara besar-besaran. Baik itu melalui media iklan, dan mengenalkan kepada konsumen secara detail produk dan jasa yang ditawarkan. Anda bisa saja melakukan cara ini, tetapi menerapkan konsep penjualan Anda memerlukan modal yang cukup besar di awal untuk melakukan pemasaran dan promosi.

Konsep Pemasaran

Pasti Anda bertanya-tanya, apakah konsep pemasaran mirip dengan konsep penjualan? Pada dasarnya tidak, para ahli pemasaran mengatakan. Kalau konsep penjualan lebih fokus pada produk atau jasa yang dijual. Sedangkan konsep pemasaran lebih memfokuskan pada keinginan dan kebutuhan pembeli.

Semua perusahaan yang menerapkan konsep ini, selalu berfokus pada kepuasan konsumen. Sehingga produk atau jasa yang dihasilkan harus berdasarkan dengan kebutuhan konsumen. Dengan begitu, produk atau jasa yang diciptakan bisa memberikan kepuasan kepada konsumen secara efisien dan efektif.

Konsep Pemasaran Sosial

Sudah ada konsep pemasaran, kali ini konsep pemasaran sosial? Bagaimana membedakannya? Pada konsep ini, rata-rata produsen ingin menghasilkan produk dan jasa yang betul-betul demi kepentingan pasar potensial.

Sehingga produk yang diciptakan haruslah produk yang bisa memberikan kepuasan, kebutuhan, dan keinginan pelanggan. Produsen akan berfokus untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat secara luas.

Konsep Pemasaran Global

Bisnis yang menerapkan konsep pemasaran global akan mengacu pada faktor-faktor lingkungan yang mampu mempengaruhi marketing agar berupaya menerapkan pada manajemen strategis. Pada akhirnya, konsep pemasaran global menjadi salah satu konsep yang bisa memberikan dampak luas kepada semua pihak yang terlibat dalam bisnis.

Nah itulah konsep pemasaran yang harus diketahui oleh banyak pengusaha. Jika Anda pengusaha UMKM, Anda bisa menerapkan salah satu dari keenam konsep di atas. Ketika bisnis Anda semakin membesar, Anda bisa menerapkan beberapa konsep di atas tanpa kesulitan sekalipun. Sehingga produk atau jasa yang Anda ciptakan benar-benar menghasilkan kepuasan, kebutuhan, dan kesejahteraan kepada konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *