fbpx

4 Cara Memahami Akuntansi Dasar Secara Cepat Dengan Accurate Online

memahami akuntansi dasar

memahami akuntansi dasar. source : msuiit.edu.ph

Apa yang akan Anda lakukan ketika diminta untuk membuat pembukuan bisnis? Cari orang yang lebih mengerti atau melakukannya sendiri? Sebagai seorang pebisnis, pembukuan adalah ilmu yang wajib dikuasai. Apalagi hanya sekedar memahami akuntansi dasar dan untuk membuat pembukuan bisnis.

Anda tentu sudah memahami kenapa harus membuat pembukuan bisnis. Pembukuan bisnis akan menjadi penolong Anda untuk melihat pendapatan dan pengeluaran bisnis Anda. Dan juga bisa menjadi informasi mengenai kondisi bisnis Anda. Meskipun usaha Anda hanya se-level UMKM, pembukuan tetap wajib dilakukan.

Kalau Anda tidak mengerti mengenai pembukuan Anda harus belajar sedikit mengenai akuntansi dasar. Apabila Anda belum memungkinkan untuk menyewa maupun mempekerjakan seorang akuntan. Maka Anda bisa mencoba membuat pembukuan sendiri. Bagaimana caranya?

Pahami Akuntansi Dasar

Pembukuan adalah bagian dari akuntansi. Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memahami pembukuan adalah dengan belajar mengenai akuntansi dasar. Ketika Anda sudah memahami akuntansi dasar, membuat pembukuan tidak akan menjadi suatu yang berat lagi.

Akuntansi pada umumnya adalah seni mencatat, klasifikasi, meringkas, mengolah, dan menyajikan data transaksi keuangan. Data tersebut akan menjadi bahan pertimbangan Anda sebagai pemilik bisnis untuk mengambil suatu keputusan yang layak untuk tujuan bisnis.

Akuntansi dasar meliputi beberapa hal, seperti debit-kredit, penjurnalan, buku besar, neraca saldo, dan laporan keuangan pada bisnis. Serta Anda wajib memahami hubungan antara harta, utang, dan modal yang menjadi poin penting dalam akuntansi.

Nama dan Nomor Akun

Dalam akuntansi diperlukan juga sebuah akun dan berikut penomorannya. Fungsi akun ini akan memudahkan dalam menyusun laporan keuangan secara baik dan sistematis. Akun menjadi catatan rinci dari setiap perubahan aktiva, pasiva dan beban.

Akun terbagi menjadi tiga jenis, yakni :

Rill Akun

Akun rill yang disajikan kedalam neraca antara lain harta/aktiva, utang, modal. Akun rill disebut sebagai akun terbuka, sebab saldo yang ada di akun rill bisa di buka di tahun selanjutnya. Contoh akun rill adalah aktiva, utang, modal.

Nominal Account (Akun Nominal)

Akun ini berfungsi untuk menyajikan ke dalam laporan laba rugi antara lain pendapatan/penjualan dan beban. Akun ini tidak memiliki saldo, sebab semua saldo sudah dipindahkan ke modal. Terkadang akun nominal disebut sebagai akun sementara, karena sifat akun ini yang tertutup.

Akun Campuran

Akun campuran terdiri dari akun yang selalu menambahkan akun. Misalnya akun untuk pengeluaran biaya operasional. Akun ini juga menjadi akun penambah. Serta bisa menjadi akun yang mengurangi akun lain. Seperti akun penyusutan barang, kerugian piutang, return, potongan pembelian, dan potongan penjualan.

Ketahui Tentang Siklus Akuntansi

Ketika kedua hal di atas sudah Anda pahami, sekarang Anda wajib mengetahui siklus akuntansi. Siklus akuntansi merupakan berbagai tahapan proses akuntansi yang harus dijalankan untuk membuat pembukuan bisnis yang layak.

Tahapan dasar siklus akuntansi:

  • Pencatatan dan pengolongan
  • Ikhtisar laporan keuangan
  • Pembuatan dan penyajian laporan keuangan

Tahapan tersebut harus dilakukan secara detail agar hasil dari pembukuan bisa dilakukan dengan mudah hingga menjadi sebuah laporan keuangan yang layak sesuai dengan PSAK (pernyataan standar akuntansi keuangan) sesuai dengan aturan yang berlaku.

Menyusun Laporan Keuangan

Memahami akuntansi dasar adalah ilmu wajib yang harus dimiliki oleh pengusaha. Banyak pengusaha yang tidak dapat menyusun laporan keuangan secara baik. Karena tidak memiliki pemahaman terhadap akuntansi dasar . Padahal ini penting untuk kemajuan bisnis Anda. Setelah Anda memahami akuntansi dasar, Anda harus membuat pembukuan untuk bisnis Anda.

Pembukuan ini akan menjadi dasar dalam penyusunan laporan keuangan yang efektif. Demi menghasilkan laporan keuangan yang akurat. Semua proses di atas tidak akan sulit seperti yang dibayangkan. Meskipun Anda tidak paham akuntansi sama sekali.

Sekarang sudah ada tools yang bisa membantu Anda dalam melakukan pembukuan hingga menyusun laporan keuangan untuk memudahkan setiap proses akuntansi. Seperti software akuntansi Accurate Online yang bisa membantu Anda dalam membuat pembukuan bisnis secara mudah dan tepat.

Bahkan Anda bisa membuat pembukuan kurang dari satu jam. Hingga bisa menghemat waktu Anda. Sehingga Anda bisa fokus untuk mengembangkan bisnis ke depan tanpa harus ribet mengurus akuntansi bisnis. Dengan Accurate Online semua proses akuntansi terasa lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *