25.3 C
Jakarta
September 27, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Bisnis

5 Bisnis Online Terbaru dan Menjanjikan di Kala Pandemi

Selain bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi, saat ini teknologi internet juga sering dimanfaatkan dalam dunia bisnis, khususnya bisnis online yang terbaru seperti saat ini. Pada dasarnya, bisnis online adalah bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan internet, khususnya dari segi penjualan dan juga promosi.

Dalam beberapa tahun terakhir, bahkan tren bisnis online terus meningkat karena memang bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun selagi mempunyai perangkat yang terkoneksi dengan internet. Para pelakunya pun cenderung tidak membutuhkan modal yang besar dalam pengerjaannya.

Tapi, keuntungan yang bisa dihasilkan dari bisnis online sangat berlimpah, karena akses penyebaran produk bisa dilakukan tanpa batasan wilayah, kota ataupun negara.

Selain beberapa keuntungan tersebut, menggeluti bisnis online juga akan berdampak langsung pada tingkat perekonomian suatu negara. Berdasarkan penjelasan para ahli, bangsa yang maju adalah bangsa yang penduduknya memiliki profesi sebagai pengusaha, minimal 3% dari total populasi masyarakat.

Tapi di Indonesia sendiri, tingkat persentase pebisnis di Indonesia hanya menyentuh angka 1,65%, artinya masih sangat jauh dari angka yang dijelaskan oleh para ahli di atas. Untuk itu, untuk Anda atau siapun yang sering memanfaatkan internet, cobalah untuk memanfaatkannya sebagai suatu lahan bisnis yang mampu mendatangkan keuntungan.

Peningkatan pengguna internet di Indonesia sendiri pada dasarnya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, hal ini juga menjadi alasan untuk beberapa startup besar seperti tokopedia, lazada, bukalapak, gojek  dan beberapa perusahaan startup besar lain untuk terus mengeruk dan menguasai pasar Indonesia.

Sebelum masuk pada pembahasan inti dari artikel ini, mari kita bahas terlebih dahulu tentang peningkatan pengguna internet di setiap tahunnya.

Di tahun 2017 lalu, Indonesia menduduki peringkat ke empat sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia, sebelumnya ada China, India, dan Amerika Serikat. Untuk di 2018, Indonesia menduduki peringkat ke lima.

Sedangkan di tahun 2019, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia ternyata meningkat dari 54,7% menjadi 66% dari total seluruh penduduk Indonesia. Itu artinya, peningkatan pengguna internet di Indonesia naik sebanyak 17,3%.

Lantas bagaimana di tahun 2020? Berdasarkan data yang diambil dari laman resmi statista, proyeksi pengguna internet di Indonesia dari tahun 2017 hingga tahun 2023 adalah 150 juta pengguna. Dengan adanya peningkatan pengguna internet ini, maka peluang bisnis yang ada di dalamnya tentu akan sangat luar biasa.

Nah, saat ini kita akan masuk pada pembahasan inti dari artikel ini, yaitu lima bisnis online terbaru dan menjanjikan di tahun 2020, khususnya di kala pandemi dan krisis seperti saat ini.

Bisnis Online Terbaru dan Menjanjikan Dikala Pandemi

1. Bisnis Online Terbaru : Penjualan Artwork

Saat ini, penjualan bisnis artwork bisa terbilang baru dan masih sangat jarang sekali dilakukan. Biasanya, bisnis ini dilakukan dengan menjual stok gambar yang menarik dari suatu lukisan, foto, sketsa, dll.

Di beberapa negara maju, bisnis penjualan artwork sudah berkembang dan dibuktikan dengan banyaknya situs website yang memberikan fasilitas untuk para penjual artwork dalam menjual karyanya. Beberapa website tersebut adalah creativemarket.com, artworkheroes.com, society6.com, etsy.com, redbubble.com, dll.

Situs website tersebut akan menampilkan berbagai karya terbaik dari seluruh dunia yang berkaitan dengan sketsa, wallpaper, lukisan, dll. Gambar-gambar tersebut tentunya tidak bisa di download secara cuma-cuma, Anda harus membayar sejumlah harga yang sudah ditetapkan untuk bisa mendownload gambar yang Anda inginkan.

Setiap karya tersebut dibandrol dengan harga yang cukup bervariasi, yaitu mulai dari $1- $1000, tergantung kualitas gambar tersebut.

2. Jasa Web Development

Di zaman serba teknologi seperti saat ini, mereka yang memiliki keahlian web development akan sangat dibutuhkan sekali. Jasa ini pun masih terbilang baru dan sangat populer dalam beberapa tahun terakhir ini.

Dengan membuka jasa web development, maka Anda akan dicari oleh banyak perusahaan, instansi, atau lembaga. Permintaanya pun beragam, ada yang ingin sekedar dibuatkan profil, kegiatan, atau aktivitas perusahaan tersebut.

Karena tingkat permintaannya sangat banyak, maka membuka jasa web development akan menjadi lahan bisnis tersendiri yang cukup menjanjikan. Sama seperti bisnis online lainnya, untuk bisa mempromosikan jasa web development, Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk menyebarkan bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan website resmi lain yang mampu menghubungkan Anda dengan calon klien Anda, seperti situs projects.co.id, upwork.com, sribulancer.com, dll.

Pendapatan yang bisa dihasilkan dari membuka jasa ini pun sangat luar biasa, yaitu berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 200 juta. Tergantung tingkat kesulitan dan negosiasi antara Anda dengan pihak klien.

3. Jasa Konsultasi

Bisnis online terbaru berikutnya adalah jasa konsultasi. Di negara maju, jasa konsultasi ini banyak sekali dan dicari, sehingga bisa dijadikan sebagai suatu profesi yang sangat menjanjikan.

Profesi inipun sudah mulai diminati oleh berbagai negara berkembang seperti di Indonesia. Jasa konsultasi yang paling banyak dicari di Indonesia adalah jasa konsultasi ekonomi, politik, hukum, kesehatan, dll.

Perubahan dan perkembangan yang terjadi pada bisnis jasa konsultasi pun tergolong sangat signifikan. Jika sebelumnya para konsultan harus memasarkan dirinya melalui iklan koran ataupun lewat kerabat terdekat, maka saat ini jasa konsultasi bisa di iklankan di media sosial atau media lainnya dengan memanfaatkan tekonologi internet.

Bahkan, dalam pelaksanaannya pun Anda tidak harus bertemu langsung, karena Anda masih bisa melakukannya dengan video call melalui aplikasi skype, zoom, google meet, atau aplikasi lainnya. Lebih dari itu, jasa konsultasi ini juga disebut-sebut sebagai bisnis online syariah, karena saat ini memang sudah banyak jasa konsultasi zakat, investasi syariah, dll.

Pemasukan yang didapat dari membuka bisnis jasa konsultasi ini pun terbilang beragam, tergantung tingkat kesulitannya. Namun, umumnya Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah.

Untuk meningkatkan rasa percaya klien Anda, maka cobalah untuk membuat website tentang data diri ataupun cv Anda, serta portofolio Anda secara lengkap.

Anda juga harus memberikan informasi terkait jasa konsultasi apa yang Anda geluti, karena tidak semua masyarakat mengetahui tentang bisnis jasa konsultasi itu sendiri.

4. Bisnis Menjadi Pengembang Software

Adanya peningkatan pengguna software yang terjadi di era serba tekonologi seperti saat ini bisa Anda jadikan peluang besar untuk membuka bisnis online. Salain ke tiga poin diatas, bisnis online lain yang bisa Anda coba adalah dengan menjadi seorang pengembang software. Artinya, Anda harus paham dan ahli dalam dunia pemrograman.

Anda bisa mulai mencoba menciptakan suatu software yang menarik untuk kemudian dijual pada perusahaan yang bergerak di bidang tekonologi. Contoh software sederhana yang bisa Anda buat adalah software game. Setelah Anda selesai membuatnya, maka Anda bisa coba menawarkannya pada perusahaan yang memang sedang memerlukannya.

Selain itu, Anda juga bisa coba menjadi seorang pengembang software freelancer, dimana Anda bisa membantu suatu perusahaan untuk dibuatkan software demi menunjang kemajuan perusahaan tersebut. Baik itu pengembang software keuangan, software akuntansi, software komunikasi, software keamanan, dll. Anda bisa mencoba menjual jasa Anda melalui website project.co.id.

Pada intinya, Anda harus memiliki keberanian dalam mencoba mengembangkan bisnis ini, karena bisa jadi apa yang Anda buat hari ini bisa sangat berguna di masa depan.

5. Bisnis Online Menjual Plugin dan Template WordPress

WordPress adalah salah satu aplikasi website dengan basis open source. Saat ini, wordpress memiliki banyak penggemar di kalangan para pebisnis online. Dari aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan yang berlimpah.

Terlebih lagi, dengan banyaknya pengguna wordpress seperti sekarang, sudaha banyak situs yang juga menjual berbagai plugin wordpress untuk meningkatkan penghasilan bisnisnya. Harga yang ditawarkan untuk tiap plugin pun tidak terlalu mahal, yaitu sekitar $12 hingga $58.

Tapi, harga tersebut tidaklah seberapa jika dibandingkan dengan pengguna situs wordpres yang bisa mencapai 74.652.825 di seluruh dunia. Itu artinya, Anda bisa mendapatkan peluang dan keuntungan yang cukup besar dari jumlah pengguna situs wordpress jika Anda menjual plugin maupun templatenya.

Contoh penjulan template bisa Anda lihat di website codecanyon.net atau themeforest.net. para penjual di dalamnya bisa melakukan transaksi tiap hari dengan keuntungan yang mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah. Jadi, jika Anda memiliki keahlian dalam membuat theme atau plugin wordpress, cobalah Anda manfaatkan kemampuan Anda untuk mendapatkan keuntungan dengan cara ini.

Kesimpulan

Pada dasarnya, bisnis online adalah bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan internet, khususnya dari segi penjualan dan juga promosi. Dalam beberapa tahun terakhir bahkan tren bisnis online terus meningkat karena memang bisa dilakukan oleh siapaun, kapanpun, dan dimanapun selagi mempunyai perangkat yang terkoneksi dengan internet.

Keuntungan yang bisa dihasilkan dari bisnis online sangat berlimpah, karena akses penyebaran produk bisa dilakukan tanpa batasan wilayah, kota ataupun negara.

Untuk itu, bagi Anda atau siapun yang sering memanfaatkan internet, cobalah untuk memanfaatkannya sebagai suatu lahan bisnis yang mampu mendatangkan keuntungan. Terdapat lima bisnis online yang baru dan menjanjikan di kala pandemi saat ini, yaitu bisnis penjualan artwork, jasa web development, jasa konsultasi, jasa software development, dan menjual theme atau plugin wordpress.

Namun, Anda harus memiliki keahlian dalam memasarkan jasa Anda. Selain itu, Anda juga harus mengatur keuangan Anda secara tepat dan rapih.

Tapi Anda tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online untuk melakukan hal tersebut. Dengan Accurate Online,  memantau laporan keuangan bisnis Anda secara mudah dan real time.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1

 

 

Sumber : Ibnuismail

 

Related posts

Apa itu Profit dan Omzet? Berikut Pengertian, Perbedaan dan Cara Meningkatkannya

Wida

4 Tips Bisnis Online Hoax yang Wajib Diketahui Para Startup Bisnis

Miftah

Cara Sukses Ternak Ayam Bangkok, Mulai Dari Analisa Usaha Hingga Cara Budidayanya

Erapuji