25.8 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

5 Cara Mudah Mengelola Stok Barang Usaha Anda

mengelola stok barang

Mengelola stok barang menjadi salah satu hal krusial dalam sebuah bisnis. Setiap pebisnis wajib mengelola stock barang usahanya dengan baik. Pengelolaan stok berfungsi untuk menyesuaikan proyeksi proses produksi, jumlah bahan baku yang diperlukan, jumlah barang yang tersedia untuk dipasarkan dan banyak hal lainnya.

Maka dari itu diperlukan pengelolaan stok dan manajemen penyimpanan barang yang baik. Berikut ada 5 Cara Mudah untuk Mengelola Stok Barang Usaha Anda.

Memiliki Gudang Penyimpanan

Ketika Anda ingin mengatur dan mengelola stok barang di gudang, pastikan Anda sudah menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan stok Anda tersebut. Meskipun bisnis Anda terbilang masih cukup kecil, sebaiknya Anda sudah mempersiapkan tempat khusus tersebut untuk menimbun stok tersebut.

Jika memang belum memadai, Anda bisa menggunakan sebuah etalase, rak gudang, dan juga memanfaatkan barang bekas seperti kardus untuk menyimpan persediaan barang dagangan Anda.

Membuat Daftar dan Jumlah Stok Barang

Daftar dan jumlah stok barang adalah informasi penting yang harus anda ketahui setiap saat. Karena dengan informasi tersebut, anda dapat mengontrol aktivitas inventaris. Anda juga bisa menganalisis barang mana yang sering terjual dan mana yang sudah mulai menumpuk karena tidak kunjung terjual, sehingga anda dapat melakukan tindakan tepat dan sesuai dengan keadaan stok barang yang ada.

Contohnya, ketika anda sudah mulai kekurangan stok dan anda segera tahu kapan barang ini harus segera ditambah. Apalagi vendor anda membutuhkan waktu untuk memproses pemesanan, anda akan mempunyai waktu untuk memesan barang tersebut.

Untuk mendapatkan informasi tentang daftar dan jumlah stok barang dengan lebih akurat, anda butuh mencatat setiap pergerakan keluar-masuk barang. Pencatatannya dapat anda lakukan dengan cara tradisional dengan melalui formulir atau secara digital dengan menggunakan aplikasi seperti Accurate Online.

Baca Juga: Real Time Stock Accurate Online, Fitur Canggih Kelola Stock Barang Anda

Memberikan Kode untuk Setiap Barang

Berikanlah kode untuk setiap barang yang ada, terlebih bila anda menjual berbagai macam jenis barang dengan banyak warna, motif atau model. Kode pada setiap barang membantu anda untuk mengetahui jenis barang yang lebih spesifik pada saat penjualan. Misalnya untuk membedakan warna kode yang diberikan adalah Hijau = HJ, Putih = PT, Merah = MR, dst.

Contoh nyata yaitu ketika dalam penjualan ada seorang pelanggan yang membeli baju hitam dengan kode HTM, maka anda sebagai penjual langsung mengetahui bahwa kaos yang dibeli pelanggan adalah kaos yang berwarna hitam. Jika anda tidak memberikan kode terhadap barang yang begitu banyak maka kemungkinan anda akan mengalami kesulitan dalam mencari barang tersebut. Bayangkan jika anda hanya mengandalkan nama barang, berapa panjang nama yang anda akan pakai ketika menggambarkan satu barang yang spesifik? Hal ini nanti akan merepotkan anda. Selain itu dengan menggunakan kode anda bisa menghasilkan barcode yang bisa dipindai dengan barcode scanner.

Membuat Forecast Persediaan

Setelah Anda telah mengumpulkan data input dan output barang, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat forecast atau perkiraan persediaan stok barang berupa berapa jumlah persediaan yang dibutuhkan pada periode ini. Hal ini bukan tahap yang mudah bila Anda memiliki penjualan produk dengan jenis yang bermacam-macam.

Melakukan Pengecekan Barang (Stok Opname) Secara Berkala

Dalam tempat penyimpanan seringkali terjadi hal yang tidak kita inginkan seperti barang hilang, rusak, atau dipindahkan tanpa anda tahu. Alhasil informasi tentang jumlah stok yang anda punya berbeda dengan jumlah stok fisik yang ada di gudang. Apalagi dengan jumlah barang yang sangat banyak di dalam gudang yang besar.

Lakukanlah pengecekan barang secara berkala. Lihat apakah barang yang ada di gudang masih sesuai dengan informasi dalam laporan yang anda pegang. Ini bertujuan agar anda dapat mengetahui ketika ada barang yang hilang dan rusak secara periodik.

 

Jadi, jangan lupa untuk selalu mengelola stok barang Anda di gudang ya!

INFO : DISKON ACCURATE ONLINE 1.5 JUTA RUPIAH

Related posts

Mencegah Korupsi Dalam Bisnis Anda dengan Accurate Online

ademuthia

E-Budgeting Adalah: Tujuan, Kelebihan, dan Kekurangannya

Eri Katsir

Pandemi Corona, Ibu Kota Jadi Pindah Gak Sih?

ademuthia

Leave a Comment