28.7 C
Jakarta
May 15, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Bisnis

5 Usaha Kecil Menjanjikan Yang Bisa Anda Lakukan

Pernahkah Anda membayangkan memiliki usaha kecil yang menjanjikan ? Memang menjalankan usaha menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang bingung mau kerja apa atau habis dipecat perusahaan.

Dengan memiliki usaha sendiri sebenarnya akan memudahkan seseorang untuk meraih kesuksesan. Banyak orang yang takut memulai usaha karena minimnya modal yang dimiliki, padahal banyak ide-ide usaha yang bisa dijalankan dengan modal yang kecil.

Perlu Anda ketahui, semua pengusaha memulai usahanya dari kecil bahkan dengan modal pas-pasan. Dengan kegigihan mereka, usaha yang dijalankan terus mengalami perkembangan hingga besar. Jadi, jika Anda masih bingung atau takut memulai usaha, hilangkan perasaan itu. Di bawah ini ada 5 jenis usaha kecil yang menjanjikan dan menguntungkan untuk Anda coba.

Usaha Mie Ayam

Rasa khas yang ada pada mie ayam membuat makanan ini menjadi favorit di masyarakat Indonesia. Konsumennya tidak terbatas dengan usia atau status sosial, semuanya pasti menyukai makanan ini. Oleh karena itu, mie ayam bisa dijual mulai dari restoran, pinggir jalan raya atau dekat dengan bahkan pedesaan sekalipun.

Untuk memulai usaha ini sangat simpel, Anda hanya perlu menyiapkan gerobak mie ayam, dan peralatan lain serta bahan mie ayam yang jumlahnya tidak terlalu besar. Usaha ini cocok buat Anda yang tidak memiliki modal besar tapi ingin mendapatkan keuntungan banyak.

Usaha Olahan Ayam Goreng

Sebagai gambaran saja, penjual fried chicken dapat menghasilkan omset belasan juta perbulan hanya dari berjualan makanan ini. Makanan ini sangat mudah ditemukan terutama di pinggir jalan raya yang dekat dengan keramaian.

Namun tak menutup kemungkinan usaha fried chicken bisa dijalankan di desa-desa. Untuk harga jualnya cukup beragam, mulai dari Rp. 4000 hingga Rp. 6000. Jika Anda bisa menjual 50 potong perhari, Anda mampu mendapatkan omset Rp. 9.000.000. Omset yang besar itu harus dikelola dengan baik, terlebih untuk mengembangkan usaha ini.

Belum lagi ragam olahan ayam yang sangat banyak, seperti ayam geprek yang sedang menjamur belakangan ini.

Usaha Souvenir

Jenis souvenir itu sangat beragam mulai dari gelang, gelas, piring, boneka dan sebagainya. Souvenir biasanya dibutuhkan untuk pernikahan ataupun ulang tahun. Acara seperti itu jelas akan membutuhkan souvenir dalam jumlah yang banyak. Jadi Anda harus siap untuk bekerja keras mengerjakan usaha ini.

Semua akan terlihat hasilnya ketika usaha Anda dikenal banyak orang dan semakin besar. Jadi bagi Anda yang hanya memiliki modal kecil tak perlu khawatir, dengan kreatifitas yang Anda miliki sudah bisa menjalankan usaha ini.

Usaha Kaos Distro

Banyak orang beranggapan menjalankan usaha kaos distro membutuhkan modal yang besar, seperti untuk menyewa kios, membayar karyawan dan sebagainya. Anggapan itu terbantahkan dengan adanya internet karena biaya pemasarannya bisa ditekan dengan cara ini.

Anda hanya perlu menyiapkan modal untuk membeli sejumlah kaos distro kemudian dijual melalui internet. Cara ini mudah untuk dilakukan oleh siapapun, hanya dengan modal kurang dari Rp. 500 ribu sudah memiliki usaha kaos distro.

Usaha Cuci Motor

Di Indonesia sendiri jumlah kendaraan motor semakin meningkat setiap tahunnya. Sebagian besar pemiliknya terlalu sibuk untuk bekerja sehinga kendaraannya tidak teurus. Ini kesempatan untuk Anda untuk menyediakan jasa cuci motor. Anda bisa menjadikan halaman depan rumah untuk menerima pelanggan sehingga tidak perlu menyewa tempat lagi.

Selain itu, Anda perlu membeli alat khusus cuci motor sehingga lebih meringankan pekerjaan. Enaknya usaha cuci motor di rumah, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk keperluan air, Anda dapat menggunakan air yang berasal dari rumah Anda saja.

Kesimpulan

Beberapa usaha kecil yang menguntungkan di atas membuktikan bahwa untuk menjalankan sebuah usaha tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Anda hanya perlu mengelola usaha dengan baik mulai dari keuangan, pelayanan dan kualitas sehingga usaha bisa terus berkembang.

Untuk pengembangan bisnis yang lebih besar, ada baiknya semua usaha kecil tersebut menggunakan pembukuan untuk memantau pengeluaran dan pemasukan pada bisnis. Anda bisa menggunakan pembukuan manual melalui excel atau catatan manual di buku. Pembukuan adalah salah satu poin penting yang mendasari setiap pengambilan keputusan bisnis.

Jika bisnis sudah mulai berkembang, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk menangani proses transaksi yang lebih kompleks.

Gunakan Accurate Online untuk solusi pembukuan bisnis Anda. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang telah digunkan 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis, mulai dari UKM sampai perusahaan manufaktur.

Dengan harga terjangkau dan fitur terlengkap, Accurate Online telah menjadi software akuntansi pilihan konsumen Indonesia dengang memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang.

Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu

Sumber : Sugi Priharto

Related posts

Tips Budidaya Ikan Nila dan Prospek Bisnis Besar di Dalamnya

Eri Katsir

Diversifikasi Produk, Strategi Efektif Untuk Mengembangkan suatu Bisnis

Eri Katsir

Dengan Accurate POS Beta, Anda Bisa Melakukan Integrasi Menyeluruh ke Accurate Online

Eri Katsir