29.1 C
Jakarta
September 20, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Uncategorized

Aspek Pemasaran, Faktor Penting Keberhasilan Perusahaan

Aspek pemasaran adalah salah satu faktor yang penting yang dijadikan sebagai kunci keberhasilan suatu perusahaan, terutama dalam memetakan pasarnya.

Sama seperti aspek pemasaran dalam dunia wirausaha, aspek pemasaran di dalam hal ini juga digunakan untuk bisa mengembangkan usaha yang ada dan ditinjau dari sisi pemasaran. Mereka yang mengetahui atau menjalankan tugas sebagai manajer pemasaran harus bisa mengetahui berbagai aspek pemasaran ini agar bisa memperlancar performanya.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas apa saja yang menjadi aspek pemasaran. Untuk itu, baca artikel tentang aspek pemasaran ini hingga selesai yah.

5 Aspek Pemasaran Penting dalam menjalankan Bisnis

1. Aspek Pemasaran: Spesifikasi Produk dan Product Differentiation

Aspek pemasaran yang pertama yang harus Anda tahu adalah spesifikasi lengkap suatu produk. Produk adalah setiap hal yang berbentuk barang atau jasa yang ditawarkan di pasar untuk bisa memenuhi kepuasan dan juga keperluan setiap konsumen.

Setiap keputusan terkait produk dalam aspek pemasaran ini akan mencakup bentuk penawaran fisik, brand, kemasan, garansi, dan juga after sales service.

Pengembangan pada produk ini bisa dilakukan setelah mengetahui kebutuhan dan juga keinginan pasar. Bila masalah ini sudah selesai, maka keputusan terkait harga, distribusi dan juga promosi pun bisa langsung diambil.

Selain itu, suatu produk juga tidak melulu harus dikaitkan dengan barang, karena produk juga bisa dalam bentuk jasa.

Jasa adalah suatu tindakan ataupun pekerjaan yang ditawarkan pada pihak ketiga yang sifatnya intangible dan juga tidak akan menyebabkan perpindahan kepemilikan. Produksinya ini bisa terkait dan juga tidak terkait pada suatu produk fisik.

Penentuan dalam spesifikasi produk ini bisa diperhatikan dari kondisi pasar yang ada dengan melakukan analisis pada aspek pemasaran lainnya.

Nah, pengertian pasar dalam hal ini adalah sekelompok calon pembeli produk dan brand. Jadi, akan ada keterkaitan yang erat antara pasar dan produk yang ditawarkan oleh penjual atau perusahaan.

Untuk itu, segmentasi pasar akan suatu produk sangatlah diperlukan agar suatu produk yang ditawarkan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pasar. Jika produk yang ditawarkan ke pasar berbeda, maka pasar yang dituju pun harus berbeda. Dalam hal ini, kita akan membahas aspek pemasaran dalam masalah perbedaan produk atau diferensiasi produk.

Jadi, diferensiasi produk adalah hal dasar yang harus diketahui oleh penjual dalam hal menentukan berbagai motif pembelian yang selektif.

Chamberlin menjelaskan bahwa kelompok barang yang dijual harus berbeda bila terdapat beberapa faktor penting yang mampu membedakan suatu barang dari penjual barang lainnya. Berbagai faktor ini sangat penting karena nantinya akan menimbulkan selera yang berbeda pada tiap pembeli

Terdapat juga barang lain yang secara fisik memang akan sulit untuk dibedakan, seperti garam dan juga semen. Namun, kedua produk ini akan bisa dibedakan dengan cara memberikan kemasan atau merek yang berbeda. Umumnya, produk seperti ini mampu menghasilkan laba yang sangat memuaskan bila permintaannya mampu melebihi penawaran.

Jadi, strategi pemasaran dalam hal ini adalah dengan mendorong permintaan pada berbagai batasan penawaran tertentu. Karena pasar untuk barang seperti ini memiliki sifat homogen, sehingga permintaannya akan menjadi sulit untuk ditingkatkan.

Untuk itu, perusahaan hanya harus menggunakan strategi lain. Dalam hal ini, maka strategi terbaik yang harus dilakukan adalah memerhatikan spesifikasi produk dan diferensiasi produk, seperti dengan membuat brand baru atau kemasan baru.

Baca juga: Pemasaran Holistik: Pengertian, keunggulan, dan cara menerapkannya

2. Aspek Pemasaran: Segmentasi Pasar

Aspek analisa pemasaran pada spesifikasi produk dan juga diferensiasi produk dilakukan dengan dasar pemisahan atau pengkhususan pada beberapa produk. Untuk itu, segmentasi pasar harus dilakukan dengan berdasarkan pada pengkhususan atau pemisahan pada calon konsumen di pasar.

Namun, pasar memiliki sifat heterogen, untuk itu akan sulit bagi perusahaan untuk memasarkan produknya tanpa mengetahui segmentasi pasar.

Pada kasus seperti ini, maka perusahaan harus bisa menentukan beberapa segmen  pasar, dan mengalokasikan berbagai sumber segmen tersebut.

Pengertian segmentasi pasar dalam hal ini adalah kegiatan mengkategorikan pasar yang memiliki sifat heterogen dari suatu produk ke dalam berbagai satuan pasar yang sifatnya homogen.

Jadi, perusahaan bisa membagi pasar ke dalam beberapa segmen tertentu yang mana pada tiap segmen tersebut memiliki sifat homogen. Hal tersebut tentunya dikarenakan dalam kenyataannya masih terdapat beberapa produk yang mempunyai sifat heterogen di semua pasar, atau produk tersebut memang hanya dibutuhkan oleh beberapa kelompok pasar tertentu saja.

Sedangkan homogenitas pada setiap segmen dikarenakan adanya diferensiasi pada cara atau metode membeli, dalam cara menggunakan produk, urgensi pemakaian, alasan kenapa harus membeli, tujuan membeli, dan masih banyak lagi.

Jadi, segmentasi dalam hal ini adalah rangkaian proses yang menyeluruh yang mana perusahaan harus bisa memperhatikan pembelian dari tiap segmen. Minimal, usahanya akan lebih hemat bila berbagai unit produk tersebut dikategorikan untuk beberapa kelompok saja.

  • Kriteria Segmentasi

Di dalam aspek pemasaran segmentasi pasar, nantinya pihak manajemen harus mempunyai beberapa kriteria khusus agar mampu menempatkannya dalam posisi yang lebih baik. Setiap kriteria ini nantinya harus diciptakan berdasarkan kapasitasnya.

Tingkat permintaan rata-rata untuk suatu merek harus bisa dibedakan antara suatu segmen dengan segmen lainnya. Selain itu, media periklanan yang dipilih juga harus sesuai dengan segmentasi pasar agar mereka bisa melihat iklan tersebut dan iklan bisa berjalan secara efisien.

Pada akhirnya, setiap segmen tersebut harus sudah cukup besar, sehingga nantinya laba perusahaan bisa meningkat.

3. Aspek Pemasaran: Analisa Pasar dan Peramalan Permintaan

Analisa aspek pemasaran dalam hal ini mencakup analisa pasar. Analisa pasar adalah salah satu langkah yang harus dilakukan dalam merencanakan strategi yang sesuai dengan kondisi pasar guna menangkap peluang apa saja yang ada dan lebih mengembangkan usaha.

Umumnya, analisa ini akan menghasilkan suatu pembaruan dalam bentuk pemasaran, yaitu keuntungan yang bisa didapat oleh pembeli bila membeli suatu produk.

4. Aspek Pemasaran: Analisa Kompetitor

Menganalisa kompetitor menjadi salah satu aspek penting di dalam studi kelayakan bisnis yang perannya sangat signifikan. Analisis aspek pemasaran ini bisa menjadi aspek penentu.

Kompetitor adalah perusahaan lain yang memproduksi atau memasarkan barang atau jasa yang mempunyai kesamaan dengan produk yang Anda tawarkan.

Analisa kompetitor ini harus dilakukan dengan melakukan identifikasi pada kesempatan yang ada, ancaman, ataupun persoalan strategis lain yang bisa muncul dari pergantian suasana bersaing yang lebih potensial.

Selain itu, melakukan identifikasi terkait kekuatan dan juga kelemahan dari pesaing juga harus dilakukan guna melihat adanya peluang. Melakukan analisa ini bisa diawali dengan melihat siapa saja pesaing yang sudah lebih dulu hadir di pasar.

Analisa pesaing ini akan berdampak pada peningkatan produk ataupun strategi pemasaran yang ditetapkan. Analisa kompetitor ini juga dilakukan untuk bisa mengukur perbedaan yang dimiliki oleh kompetitor, baik itu dalam sisi kualitas, produk harga, sistem pemasaran yang diterapkan, dan juga berbagai aspek pemasaran lainnya. 

5. Aspek Pemasaran: Promosi

Promosi adalah ujung tombak utama dari aspek pemasaran dalam mengelola suatu bisnis. Promosi adalah upaya dari pihak penjual untuk menawarkan produk dagangannya pada pihak pembeli atau konsumen agar mau melakukan pembelian pada penjual.

Promosi adalah suatu bagian yang sangat vital di dalam aspek pemasaran, yang mana dengan adanya promosi maka penjual bisa memberikan informasi yang luas terkait produk, memberikan pengaruh dan melakukan suatu tindakan yang persuasif terhadap konsumen, serta mendekati konsumen pada produk yang ditawarkan oleh penjual.

Selain itu, promosi juga adalah suatu informasi ataupun ajakan yang dilakukan secara satu arah dalam rangka memberikan suatu pengarahan pada orang ataupun kelompok agar mau melakukan sesuatu yang lebih mengarah pada pertukaran.

Baca juga: Newsletter Adalah: Pengertian, dan Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakannya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang aspek pemasaran. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa aspek pemasaran ini ada lima, yaitu spesifikasi produk dan diferensiasi produksegmentasi pasar, analisa pasar dan peramalan permintaan, analisa kompetitor, dan promosi.

Kelima aspek ini harus dimengerti dan juga dipahami oleh pebisnis dan setiap tim pemasar di dalam suatu perusahaan. Tujuan akhirnya tentu agar bisa menambah penghasilan perusahaan. Namun, perusahaan juga harus tetap mencatat setiap penghasilan perusahaan secara rapi, tepat dan akurat.

Agar lebih memudahkan anda dalam melakukan kegiatan tersebut, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online. Software akuntansi ini mampu membantu berbagai kegiatan akuntansi dan juga pengelolaan keuangan Anda.

Di dalamnya, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses dimana saja dan kapan saja. Terlebih lagi, seluruh fitur nya juga sangat komplit, sehingga akan lebih memudahkan Anda dalam berbisnis.

Anda bisa langsung menikmati seluruh keunggulan dari Accurate Online secara gratis selama 30 hari klik disini http://bit.ly/aolgratis30hari

 

Sumber :Ibnu Ismail

Related posts

Pengertian Identitas Produk dan Fungsinya

Erapuji

Activity Based Costing: Pengertian Lengkap Dan Contohnya

Wida

Pentingnya Mengetahui Keuntungan Bisnis Berdasarkan Laporan Keuangan

Wida