fbpx

Bisnis Gagal Sudah Biasa. Tapi, Proses Bangkitnya Yang Luar Biasa!

Let’s get real, semua fase dalam hidup pasti pernah mengalami kegagalan, termasuk dalam dunia bisnis. Meskipun hal ini tetap ditakuti, penting bagi Anda untuk memahami bahwa gagal merupakan hal umum dan wajar yang sering terjadi pada pelaku-pelaku usaha. Bahkan, orang-orang yang telah sukses dan memiliki bisnis berkembang pun sering mengalami kegagalan pada masa proses perkembangannya. Hal ini pun diakui oleh Achmad Zaky, CEO dari perusahaan marketplace Bukalapak, “Kami sudah ada sejak tahun 2010. Jalan kami tidak semulus yang orang kira. Kami banyak gagal”.  Meskipun berulang kali mengalami kegagalan, kini Bukalapak telah menjadi salah satu pemain besar di dunia digital di Indonesia berkat berbagai inovasi kreatif yang terus dilakukannya.

Lalu, apa yang harus dilakukan saat Anda mengalami kegagalan dalam usaha bisnis Anda? Berikut adalah beberapa tips dari Accurate Online, sebuah software akuntansi online berbasis cloud terkemuka di Indonesia, bagi para pengusaha-pengusaha agar tidak menyerah saat masa gagal tiba :

Bersikap Tenang Dan Berbagi Pengalaman

Dalam mengalami kegagalan, sudah sewajarnya bila Anda merasa sedih dan panik. Namun, usahakan agar Anda tidak terlalu lama berada pada perasaan negatif yang akan menghambat langkah selanjutnya. Bersikaplah tenang, agar langkah selanjutnya dapat diambil dengan tepat dan tidak salah langkah. Jangan lupa untuk berbagi pengalaman kegagalan bersama pebisnis lain yang sudah lebih sukses, agar Anda mendapat insight dari pengalaman jatuh bangun dan cara menghadapinya dengan bijak.

Evaluasi Kegagalan

Langkah selanjutnya adalah mengevaluasi apa kesalahan fatal yang Anda ambil hingga mengakibatkan sebuah kegagalan terjadi. Selidiki, kira-kira apa saja kesalahan yang telah dilakukan dan apa penyebabnya. Dengan melakukan evaluasi tersebut, Anda akan lebih mudah menangani masalah yang sama apabila muncul di kemudian hari dengan langkah yang lebih strategis. Setelahnya, jangan lupa untuk mengapresiasi diri sendiri terhadap keputusan berani yang Anda pilih karena tidak semua orang berani melakukan hal tersebut.

Mulai Dari Hal-Hal Ringan

Bangkit dari kegagalan, bukan berarti Anda harus melakukan perubahan strategi yang revolusioner. Seringkali, dengan fokus membenahi kegagalan-kegagalan kecil dan sederhana lebih bermanfaat bagi bisnis Anda. Meskipun perubahan-perubahan yang dilakukan terlihat kecil, jika Anda lakukan dengan teratur maka hasil baik akan mulai terlihat dan dapat menjadi faktor penentu semangat untuk melangkah maju.

Ciptakan Peluang Anda Sendiri

Jeli terhadap perkembangan pasar, mengenai tren marketing dan platform media apa yang sedang digemari oleh pasar. Di era yang telah beralih ke digital ini, Anda dapat memanfaatkan kesempatan bagus ini untuk meraih pasar yang lebih luas lagi. Selain itu, Anda juga perlu untuk perlahan mempersiapkan diri dalam berbagai aspek agar saat kesempatan datang, Anda tidak panik dan siap kembali menjalankan bisnis Anda.

Benahi Sistem Kerja Usaha Anda

Inilah saat yang tepat untuk mengevaluasi apakah strategi yang Anda jalankan selama ini tepat atau tidak. Selain itu, mengevaluasi efektivitas sistem kerja juga perlu Anda cermati, apakah sumber daya yang Anda gunakan sudah tepat guna dan efisien, apakah perangkat kerja yang digunakan telah sesuai dan biayanya dapat ditekan. Di jaman yang serba digital, bahkan hingga perangkat akuntansi pun telah berubah menjadi mobile dengan teknologi cloud saat ini, yang mana lebih cocok bagi perusahaan yang sedang merintis dan berkembang dengan cost yang lebih efisien.

 

Source: http://disini.solusiukm.com/langkah-bangkit-dari-bisnis-yang-gagal/?a=VP20KQN2

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *