28.9 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

Mau Dapat Omset 300 Juta tiap Bulannya? Ayo Mulai Bisnis Sabun Curah Di 2020

Sabun menjadi salah satu hal wajib yang dibutuhkan oleh kita semua. Mulai dari sabun mandi, sabun cuci baju, sabun cuci piring dan sabun-sabun lainnya. Dengan banyaknya kebutuhan kita akan sabun, akhirnya membuat banyak sabun diproduksi dengan berbagaimacam merk yang bisa kita temukan di pusat perbelanjaan pada umumnya.

Sabun-sabun yang dijual di pusat perbelanjaan biasanya dikemas dalam ukuran 100-1000 ml, cocok untuk penggunaan sabun rumah tangga biasa. Namun pengguna sabun tak hanya datang dari konsumsi rumahan, ada juga dari pengusaha-pengusaha laundry ataupun penyedia jasa bersih-bersih rumah yang tak cukup menggunakan sabun kemasan 1000 ml saja. Maka dari itu muncul industri bisnis sabun curah.

Bisnis sabun curah hadir karena banyak permintaan dari masyarakat akan kualitas sabun yang sama seperti sabun pada umumnya namun dengan tawaran harga yang lebih murah. Berbeda dengan sabun kemasan pabrik, harga sabun curah lebih miring meski dengan kualitas yang sama. Itulah sebabnya, untuk kebutuhan dalam skala besar, seperti restoran dan perkantoran, banyak yang lebih memilih menggunakan sabun curah.

 

Dilansir dari Bisnis.com, salah satu pemain dalam bisnis sabun curah ini adalah Diva Sarana – Otoklin yang didirikan oleh pria asal Bandung, Erry Fitriana. Diva Sarana – Otoklin menyediakan lebih dari 40 jenis produk pembersih curah, mulai dari sabun cuci piring, sabun cuci tangan, shampoo mobil, hingga deterjen cair. Nama produknya yaitu B-Klin untuk sabun cuci piring dan laundry dan Oto-Klin untuk shampoo kendaraan.

Harga pembersih curah buatan Erry dibanderol mulai dari Rp6.000-Rp25.000 per liter. Erry menjual sabun curah produksinya dalam beberapa ukuran yaitu 5 liter, 20 liter, bahkan drum berukuran 200 liter. Soal bisnis, Erry mengaku persentase keuntungan yang dia dapat mencapai 20%-60%. Omset yang dia dapat kini mencapai Rp250 juta—Rp300 juta setiap bulan.

 

Tertarik ingin mencoba untuk berbisnis sabun curah? Berikut ada beberapa tips untuk Anda jika ingin memulai bisnis sabun curah yang kami lansir dari Infopeluangusaha.org.

 

Analisa Pasar

Sebelum benar-benar akan terjun kedalam bisnis sabun curah ini, sebaiknya lakukan analisa target pasar yang akan kita bidik untuk di jadikan konsumen. Petimbangkan berbagai hal seperti, potensi besarnya jumlah konsumen, persaingan, dan juga sesuaikan dengan keterampilan kita dalam meracik produk sabun yang berkualitas.

 

Pelajari Cara Pembuatan Sabun

Jika sudah mantap dengan pilihan target pasar yang akan di targetkan, selanjutnya kita juga harus mengasah kemampuan kita dalam membuat sabun yang berkualitas, atau jika belum memiliki keterampilannya sama sekali mulailah pelajari cara pembuatan sabun ini.

Racikan sabun untuk membuka bisnis sabun tidak sembarangan. Anda memerlukan rumus pengolahan kimia yang sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Seperti pada jenis sabun di atas. Untuk membuat sabun laundry, Anda harus kenali dulu macam baju atau tipe mesin yang digunakan pada usaha laundry di daerah Anda. Jangan sampai Anda memberikan racikan yang salah karena Anda bisa merusak baju atau mesin yang mereka gunakan.

 

Catat Keuangan Bisnis Sabun Curah

Dalam membangun bisnis sabun curah ini, ada banyak komponen-komponen biaya yang dibutuhkan. Mulai dari biaya bahan baku kimia pembuatan sabun, bahan baku kemasan sabun, alat pembuatan sabun, alat pengemas, gaji karyawan dan lain sebagainya. Ada berbagaimacam biaya yang harus benar-benar dicatat dengan baik agar Anda sebagai seorang pemilik bisnis dapat memperhitungkan perputaran modal yang ada.

Untuk bisnis sabun curah, Anda dapat menggunakan software pencatatan keuangan Accurate Online. Tampilan yang simple dapat mempermudah dalam melakukan input setiap transaksi yang ada pada bisnis sabun curah Anda.

Lakukan Promosi Produk Sabun Curah Anda

Dalam melakukan promosi produk bisnis, ada du acara yang dapat dilakukan, yaitu promosi langsung dan promosi tidak langsung.

Dilansir dari Goukm.id, Promosi langsung merupakan salah satu memperjualkan produk Anda secara langsung kepada pelanggan Anda. Promosi ini bisa Anda gunakan dengan cara memberikan informasi kepada pembeli secara mulut ke mulut. Biasanya cara ini melibatkan keluarga atau teman-teman  Anda. Cara lainnya yaitu dengan menjualkan di dalam toko usaha Anda. Cara ini menggunakan modal yang cukup besar karena Anda harus mempunyai tempat sendiri.

Sedangkan promosi tidak langsung adalah melakukan penjualan secara tidak langsung misalnya melalui internet seperti media sosial, blog atau bahkan tempat periklanan online seperti olx, tokopedia, dan sebagainya. Promosi ini lebih efektif karena bisa mencakup seluruh daerah bahkan sampai ke luar negeri pun bisa Anda lakukan.

 

Jadi, sudah siapkah Anda untuk memulai bisnis sabun curah Anda?

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Sales Funnel, Sang Pendongkrak Penjualan Bisnis

admin

Apa Saja yang Harus dikuasai oleh Konsultan Keuangan?

ademuthia

Cara Accurate Membantu Pengusaha dalam Mengelola Keuangan

ademuthia

Leave a Comment