ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Bisnis

Mengenal Hukum Permintaan dan Penawaran Secara Detail

Pengertian Hukum Permintaan dan Penawaran

Hukum penawaran dan permintaan adalah teori yang menjelaskan interaksi antara penjual sumber daya dan pembeli untuk sumber daya itu. Teori ini mendefinisikan apa pengaruh hubungan antara ketersediaan produk tertentu dan keinginan (atau permintaan) untuk produk tersebut terhadap harganya.

Hukum penawaran dan permintaan, salah satu hukum ekonomi paling mendasar, mengikat hampir semua prinsip ekonomi dalam beberapa cara. Dalam praktiknya, penawaran dan permintaan saling berlawanan hingga pasar menemukan harga keseimbangan. Namun, banyak faktor dapat mempengaruhi penawaran dan permintaan, menyebabkan mereka meningkat atau menurun dengan berbagai cara

4 Hukum Dasar Permintaan dan Penawaran

Keterangan gambar diatas :

      • P – harga
      • Q – kuantitas atau jumalah barang
      • S – pasokan
      • D – permintaan

Empat hukum dasar penawaran dan permintaan adalah:

  1. Jika permintaan meningkat dan penawaran tetap tidak berubah, maka itu mengarah pada harga keseimbangan yang lebih tinggi dan kuantitas yang lebih tinggi.
  2. Jika permintaan menurun dan penawaran tetap tidak berubah, maka itu mengarah pada harga keseimbangan yang lebih rendah dan kuantitas yang lebih rendah.
  3. Jika pasokan meningkat dan permintaan tetap tidak berubah, maka itu mengarah pada harga keseimbangan yang lebih rendah dan kuantitas yang lebih tinggi.
  4. Jika pasokan menurun dan permintaan tetap tidak berubah, maka itu mengarah pada harga keseimbangan yang lebih tinggi dan kuantitas yang lebih rendah

Bagaimana Penawaran dan Permintaan Membuat Keseimbangan Harga?

Keseimbangan harga adalah harga di mana produsen dapat menjual semua unit yang ingin diproduksi dan pembeli dapat membeli semua unit yang diinginkan.

Pada suatu titik waktu tertentu, persediaan barang yang dibawa ke pasar adalah tetap. Dengan kata lain kurva penawaran dalam kasus ini adalah garis vertikal, sedangkan kurva permintaan selalu miring ke bawah karena hukum utilitas marjinal yang semakin berkurang.

Penjual tidak dapat membebankan biaya lebih dari yang akan ditanggung pasar berdasarkan permintaan konsumen pada saat itu. Namun seiring waktu, pemasok dapat menambah atau mengurangi jumlah yang mereka suplai ke pasar berdasarkan harga yang mereka perkirakan dapat dibebankan. Jadi seiring waktu kurva penawaran miring ke atas; semakin banyak pemasok berharap untuk dapat mengenakan biaya, semakin mereka akan mau memproduksi dan membawa ke pasar.

Dengan kurva penawaran miring ke atas dan kurva permintaan miring ke bawah, mudah untuk membayangkan bahwa pada titik tertentu keduanya akan berpotongan. Pada titik ini, harga pasar cukup untuk mendorong pemasok untuk membawa ke pasar dengan jumlah barang yang sama yang bersedia dibayar oleh konsumen dengan harga itu. Penawaran dan permintaan seimbang, atau dalam keseimbangan.

Harga dan kuantitas yang tepat di mana hal ini terjadi tergantung pada bentuk dan posisi masing-masing kurva penawaran dan permintaan, yang masing-masing dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Kapasitas produksi, biaya produksi seperti tenaga kerja dan bahan, dan jumlah pesaing secara langsung mempengaruhi berapa banyak pasokan bisnis dapat dibuat. Faktor pendukung seperti ketersediaan bahan, cuaca, dan keandalan rantai pasokan juga dapat memengaruhi pasokan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Jumlah pengganti yang tersedia, preferensi konsumen, dan perubahan harga produk pelengkap mempengaruhi permintaan. Misalnya, jika harga konsol video game turun, permintaan game untuk konsol itu dapat meningkat karena lebih banyak orang membeli konsol dan menginginkan game untuk itu.

Contoh Hukum ini pada Kehidupan Nyata

Bayangkan Anda adalah konsumen yang suka kue bolu. Apa yang akan terjadi jika harga bolu tiba-tiba naik dua kali lipat? Anda mungkin tidak akan membelinya sesering mungkin karena tentu itu akan memberatkan Anda. Sebagian besar, jika harga bolu meningkat, permintaan kue bolu akan menurun. Ini relevan dengan cara menunjukkan hubungan terbalik antara harga dan kuantitas dalam permintaan. (Hukum permintaan)

Sekarang, bayangkan Anda produsen kue bolu? Jika Anda adalah manajer yang menjual bolu, apa yang akan Anda lakukan jika Anda menambah kuantitas? Anda akan berharap untuk menjualnya dengan harga yang lebih tinggi karena Anda ingin mendapatkan kembali sebagian uang yang digunakan untuk menghasilkan kelebihan dan lebih sebagai keuntungan.

Dengan cara yang sama, jika harga bolu menurun, pemasok akan menjual lebih sedikit untuk mempertahankan persediaan mereka. Ini relevan dengan cara menunjukkan hubungan langsung antara harga dan jumlah penawaran

Kesimpulan

Hukum permintaan dan penawaran ini menjelaskan hubungan antara harga dan jumlah yang ditawarkan. Jika harga suatu benda di pasar meningkat, produsen akan bersedia untuk memasok lebih banyak produk. Jika harga objek di pasar menurun, mereka tidak bersedia untuk memasok banyak dan kuantitas berkurang.

Hukum permintaan menjelaskan hubungan antara harga dan kuantitas yang diminta. Jika harga objek di pasar meningkat, lebih sedikit orang yang mau membelinya karena terlalu mahal. Jika harga objek di pasar menurun, lebih banyak orang akan mau membelinya karena harganya lebih murah.

Kedua hukum ini membantu menentukan peran yang diambil oleh produsen dan konsumen dalam dunia ekonomi. Masih banyak yang harus dipelajari, tetapi hukum ini membantu memusatkan gagasan utama dalam penawaran dan permintaan yang membantu memahami hubungan antara perubahan harga dan perubahan kuantitas.

Jika Anda pemilik bisnis, terutama bisnis ritel, hukum ini akan dipakai untuk pengelolaan stok. Jangan sampai Anda kehabisan stok saat permintaan sedang tinggi, selain akan merugikan Anda, ini akan menurunkan kredibilitas Anda dimata pelanggan.

Untuk membantu Anda mengelola sok secara mudah dan real time, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online. Accurate Online memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengelola stok secara real time dimana saja dan kapan saja.

Dengan fitur multi gudang, multi cabang, stok opname, dan fitur pengelolan persediaan lainnya, Accurate Online akan membuat bisnis Anda menjad lebih baik dengan stok yang selalu up to date dan selalu terpantau. Tertarik?

Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Informasi lebih lanjut mengenai Accurate Online, Anda dapat hubungi kami melalui Whatsapp dengan klik gambar di bawah ini.

 

Related posts

Biaya Kualitas: Pengertian, Komponen, dan Contohnya

Handry

Tips Budidaya Lobster Air Tawar dan Peluang Bisnis yang Ada di Dalamnya

Eri Katsir

7 Kesalahan Calon Pengusaha Pemula

Miftah