27.1 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Akuntansi Bisnis Keuangan

Mengenal Metode Perhitungan Pendapatan Nasional

Kita tentu sering mendengar bahwa pendapatan nasional dari negara kita setiap tahunnya. Pendapatan nasional ini diperoleh dari berbagai bidang produksi baik dari perkebunan, industri juga dengan keuangan dan pajak.

Pendapatan nasional ini merupakan jumlah dari rata-rata yang di terima seluruh rumah tangga pada suatu negara selama satu tahun. Pendapatan nasional sering dijadikan indikator untuk mengukur tingkat pembangunan dan perekonomian suatu negara dari waktu kewaktu. Sehingga dengan adanya perhitungan pendapatan nasional ini kita akan mengetahui arah, tujuan dan struktur ekonomi suatu negara.

Untuk menghitung pendapatan nasiona tentunya perlu menerapkan metode tertentu supaya mempermudah dalam perhitungan. Ada 3 metode perhitungan pendapatan  nasional yang terdiri dari metode pendekatan produksi, pendekatan pengeluaran, dan metode pendekatan pemasukan. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.

Macam-Macam Metode Perhitungan Pendapatan Nasional

Metode Pendekatan Nilai Produksi

Cara perhitungan pendapatan negara menggunakan metode pendekatan nilai produksi adalah menjumlahkan barang atau jasa yang di produksi oleh seluruh usaha baik itu BUMN maupun UMKM pada suatu negara dalam waktu setahun.

Kita dapat menghitung pendapatan nasional menggunakan metode produksi bearti kita harus kalikan semua hasil produksi dengan harga satuannya. Jadi apabila dalam setahun ada 1000 item barang atau jasa, maka 1000 barang dan jasa itu dikalikan dengan harga satuannya masing-masing, kemudian dijumlahkan. Adapun rumusnya sebagai berikut:

Y = {(P1 x Q1) + (P2 x Q2) + (P3 x Q3) + … + (Pn x Qn)}

Keterangan:

Y = Pendapatan Nasional

Q1 = jenis barang ke-1

Qn = jenis barang ke-n

P1 = Harga barang ke-1

Pn = Harga barang ke-n

 

Metode Pendekatan Pendapatan

Merupakan suatu pendekatan dimana pendapatan nasional dengan menghitung jumlah pendapatan dari berbagai faktor produksi yang memberi sumbangan terhadapa proses produksi.

Cara menghitung pendapatan nasional dengan metode ini dengan melakukan penjumlahan seluruh penerimaan yang didapat oleh pemilik produksi dalam suatu negara selama satu tahun.

Pendapatan nasional adalah penjumlahan dari upah atau gaji, sewa, bunga, dan keuntungan yang diterima para pemilik factor produksi. Pendapatan nasional dihitung menggunakan rumus berikut.

Y = W + r + i + P

Keterangan:

Y = Pendapatan Nasional

W= Wage (upah atau gaji)

R = Rent (sewa) bisa biaya sewa tanah, gedung, dan harta tetap lainnya

I = Interest (bunga)

P = Profit (keuntungan)

 

Metode Pendekatan Pengeluaran

Pendapatan nasional dapat juga dihitung dengan menggunakan metode pendekatan pengeluaran. Untuk menghitungnya dapat dilakukan dengan cara menjumlahkan semua pengeluaran dari rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat pada periode tertentu. Adapun rumus yang digunakan untuk menghitung pendapatan nasional adalah sebagai berikut:

Y = C + I + G + ( X – M )

Keterangan :

Y = Pendapatan nasional

X = ekspor

M = impor

C = consumption ( konsumsi rumah tangga )

I = investment ( investasi )

G = government expenditure ( pengeluaran pemerintah )

Kesimpulan

Dengan metode penghitungan pendapatan nasional yang tepat akan berdampak pada rencana bisnis Anda ke depannya. Terutama jika Anda adalah seorang investor yang sering berinvestasi pada produk investasi.

Jika Anda memiliki perusahaan, penting juga membuat laporan keuangan untuk mengetahui perkembangan perusahaan. Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk memudahkan pembuatan laporan keuangan pada bisnis.

Laporan keuangan juga sangat penting saat Anda ingin mengajukan pinjaman pada bank atau bekerja sama dengan investor. Hal ini dikarenakan di dalam laporan keuangan mereka bisa melihat “kesehatan” bisnis Anda.

Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai solusi pembukuan bisnis Anda. Accurate Online memiliki fitur laporan keuangan terlengkap yang bisa dihasilkan secara otomatis dan minim kesalahan.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online selama 30 hari secara gratis melalui link ini.

Sumber : Sugi Priharto

 

Related posts

Lagi Cari Ide Bisnis? Berikut 5 Bisnis Kecil Yang Menguntungkan Anda

Miftah

Mengenal Fungsi Akuntansi Secara Mendalam

Miftah

Perusahaan Konstruksi : Pengertian dan Karakteristik Perusahaan Konstruksi

Eri Katsir