31.2 C
Jakarta
November 30, 2023
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Pandemi Corona, Ibu Kota Jadi Pindah Gak Sih?

ibu kota baru – Pada pertengahan 2019 lalu kita dihebohkan dengan rencana pemindahan ibu kota negara Republik Indonesia dari Jakarta ke salah satu wilayah di Kalimantan Timur. Ada berbagaimacam hal yang menjadi pertimbangan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Hal tersebut sudah pernah kami bahas dalam: Haruskah Ada Pemindahan Ibu Kota? Ada Apa dengan Jakarta?.

Proyek pembangunan ibu kota baru pun mulai berjalan sejak akhir 2019. Pada Januari 2020 Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik menyatakan bahwa pada Juni 2020 Jakarta akan “purna” dari tugasnya menjadi ibu kota negara, dilansir dari cnbcindonesia.com.

Namun siapa sangka, pada bulan Maret 2020 lalu Indonesia digemparkan dengan “kedatangan” virus corona yang grafiknya naik terus menerus sampai saat ini. Karena adanya virus corona ini, bagaimana kabar proyek ibu kota baru di Kalimantan Timur? Akankah Jakarta purna jabatan menjadi ibu kota negara di Juni 2020 ini?

Nasib pembangunan ibu kota negara (IKN) alias ibu kota baru menjadi misteri di tengah pandemi Corona seperti saat ini. Sebab, pembangunan IKN membutuhkan anggaran yang besar, di sisi lain penanganan dampak Corona juga membutuhkan anggaran yang besar.

 

Bagaimana kelanjutannya?

Dilansir dari detik.com, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa menjelaskan, dalam kondisi seperti sekarang ini tidak ada pembangunan IKN secara fisik. Namun, kajian kajian terus berlangsung.

Jadi, proyek pembangunan fisik seperti pekerjaan konstruksi lapangan diberhentikan total. Mereka tetap melakukan kajian terhadap pembangunan ibu kota dengan berbagaimacam pertimbangan dengan memperhatikan berbagai macam aspek, termasuk aspek perekonomian negara.

 

Selain itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan belum ada anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan ibu kota pada tahun ini. Selain karena pandemi corona, payung hukum pembangunan Ibu Kota baru juga belum tersedia.

 

Jadi sampai saat ini Jakarta akan tetap menjadi ibu kota negara Indonesia sampai nanti pandemi ini selesai dan perekonomian kita kembali stabil seperti sediakala.

 

Jaga diri, jaga Kesehatan, Lindungi sesama!

Jaga keuangan Bisnis? Accurate Online aja!

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

6 Tips Bagi Karyawan yang Ingin Mulai Usaha Sendiri

ademuthia

5 Strategi Pemasaran yang Bisa Dilakukan di 2018 untuk Meningkatkan Omzet

ademuthia

Hai Pengusaha Kuliner, Ini Jenis Jenis Kemasan Makanan Yang Perlu Kamu Tahu

admin

Leave a Comment