27.6 C
Jakarta
June 15, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Akuntansi

Para Pengusaha Ini Dia 5 Alasan Wajib Memahami Ilmu Akuntansi Untuk Bisnis

Anda berprofesi sebagai pengusaha? Maka Anda wajib untuk memahami ilmu akuntansi dalam menjalankan bisnis Anda. Mungkin membutuhkan waktu untuk memahami tentang akuntansi, apalagi dalam aplikasi yang nyata seperti dalam menjalankan bisnis. Namun, bagaimanapun juga, ilmu akuntansi yang cukup rumit ini, akan sangat diperlukan untuk mengelola keuangan dalam bisnis Anda. Maka dari itu penting dan wajib bagi para pengusaha untuk memahaminya.

Alasan Pengusaha Wajib Memahami Ilmu Akuntansi

Dalam menjalankan bisnis, kita harus melakukan banyak perhitungan. Mulai dari proses modal usaha, produksi hingga distribusi dan penjualan, semuanya memerlukan perhitungan. Oleh sebab itu, ilmu ini wajib dipelajari akan berfungsi untuk mengatur itu semua. Lalu apa alasan pengusaha wajib mengetahui ilmu akuntansi dalam menjalankan bisnisnya, berikut ulasanya:

Sebagai Perencana Anggaran

Mengapa pengusaha wajib untuk paham ilmu akuntansi, sebab akuntansi akan membantu Anda dalam merencanakan anggaran. Berbagai anggaran harian, mingguan, bulanan hingga tahunan, pastinya harus direncanakan dengan baik. Misalnya, Anda akan memulai proses produksi, dengan membuat anggaran terlebih dulu, maka Anda akan mengetahui dengan tepat berapa uang yang harus dikeluarkan untuk menggaji karyawan, bahan baku dan kebutuhan operasional lainya.

Sebagai Perencana Laba Rugi

Laba rugi merupakan suatu aktifitas akhir dari ilmu akuntansi yang wajib diketahui, dimana selama jangka waktu satu tahun harus ada laporan keuangan laba rugi dari usaha yang dijalankan. Dengan laporan ini, Anda juga dapat mengidentifikasi rencana penjualan. Jika ada masalah dalam keuangan, maka titik masalahnya mudah ditemukan dalam laporan laba rugi tersebut.

Sebagai Sistem Pembukuan

Tentu saja, system pembukuan adalah hal yang wajib diketahui dan dijalankan para pengusaha, khususnya bagi pemula. Sebaiknya pengusaha tidak focus terus pada omset penjualan, tapi melupakan pembukuan yang rapi. Pembukuan yang wajib dibuat adalah pembukuan untuk arus kas masuk, kas keluar serta transaksi dari keduanya.

Sebagai Alat Kontrol

Pengusaha wajib mengetahui ilmu akuntansi, karena berperan sebagai alat control untuk kegiatan pembukuan hingga laporan keuangan. Sebagai pengusaha, Anda bisa mengambil keputusan jika memang hasil dari usaha Anda tidak sesuai dengan tujuan awal dan bisa mengembangkan bisnis dengan lebih baik lagi.

Memberikan Pelajaran Tentang Mengelola Arus Kas

Dalam suatu bisnis, arus kas memiliki tujuan untuk mengetahui berapa pengeluaran dan pemasukan yang didapatkan dalam periode tertentu. Jika arus kas untuk pengeluaran ternyata lebih banyak, maka Anda harus bisa mengendalikanya. Dengan adanya arus kas, Anda juga bisa mengetahui apakah bisnis yang dijalankan sudah berhasil atau hanya jalan ditempat.

Sebagai pengusaha terkadang kita memiliki focus yang terbagi-bagi, terlebih jika usaha tersebut baru saja dijalankan. Mempelajari dan memahami ilmu akuntansi sangat penting dan Anda tidak perlu merasa kesulitan.

Jika Abnda kesulitan dalam mengelola akuntansi pada bisnis Anda, mungkin sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi yang membuat Anda bisa lebih mudah membuat laporan penjualan dan juga laporan keuangan.

Anda bisa menggunakan Accurate Online untuk kemudahan pembukuan. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa Anda gunakan kapan saja danĀ  dimana saja. Telah digunakan oleh 300 ribu pengguna dari jenis bisnis yang berbeda.

Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu

 

 

 

 

Sumber : Sugi Priharto

Related posts

Manfaat Software Akuntansi Berbasis Cloud Dalam Pengembangan Bisnis

Miftah

Accurate Online : Solusi Terbaik untuk Kemudahan Bisnis Waralaba Anda

Erapuji

Mengetahui Format Laporan Keuangan yang Sesuai Standar

Wida