25.3 C
Jakarta
September 27, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Marketing

SMS Marketing: Pengertian dan Tips Sukses Menggunakannya

SMS (short message service) marketing telah berkembang digunakan bersama dengan metode pemasaran digital lainnya. SMS marketing dapat menjadi pendekatan berbiaya rendah untuk menjangkau dan melibatkan audiens target. Selain itu, ketika  SMS marketing digabungkan dengan strategi lain, ini dapat membantu meningkatkan jangkauan, penjualan, dan loyalitas pelanggan.

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari apa itu SMS marketing, bagaimana Anda dapat menerapkannya dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan pendekatan pemasaran Anda secara keseluruhan.

Apa itu SMS Marketing?

SMS marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan pesan teks untuk mengirimkan promosi atau iklan ke prospek yang memilih untuk menerima jenis pesan ini. Pelanggan biasanya ikut serta melalui sistem pesan otomatis dengan mengirim SMS kode yang mereka terima saat mendaftar.

SMS marketing dapat digunakan untuk mengirim pembaruan produk, kupon, atau penawaran khusus. Strategi pemasaran ini bisa menjadi strategi yang sangat efektif, tergantung bagaimana bisnis menggunakannya.

Manfaat SMS Marketing

Karena strategi SMS marketing mengharuskan pelanggan mengungkapkan minat mereka dan memberikan izin, itu dapat menghasilkan sejumlah manfaat. Keuntungan paling menarik dari penerapan strategi pemasaran SMS marketing untuk bisnis meliputi:

Kemampuan untuk mempertahankan pelanggan setia

SMS marketing memungkinkan bisnis membuat penawaran, diskon khusus, dan imbalan loyalitas yang dipilih oleh pasar target mereka untuk diterima melalui pendaftaran peringatan pesan teks bisnis.

Ini memberi perusahaan kesempatan untuk mengembangkan produk dan layanan dan membuatnya tersedia hanya untuk pelanggan yang memilih untuk ikut serta. Hal ini dapat membuat suatu merek, produk, atau layanan menjadi sangat menarik untuk digunakan karena pelanggan yang terus membeli dari suatu merek diberikan keuntungan melalui pemberitahuan SMS yang mungkin tidak diterima oleh pelanggan baru atau pelanggan satu kali.

Promosi yang mudah dan efektif dari mulut ke mulut

SMS marketing juga dapat menjadi keuntungan bagi bisnis karena kemampuan pelanggan untuk berbagi informasi dan pembaruan tentang produk merek melalui mulut ke mulut.

Pelanggan yang puas dengan kualitas dukungan, layanan, atau produk yang mereka terima dari suatu merek cenderung membicarakan pengalaman mereka dengan teman dan keluarga mereka. Melalui mulut ke mulut, merek dapat meningkatkan basis pelanggannya.

Komunikasi yang cepat dan efektif dengan pelanggan

SMS marketing juga memungkinkan bisnis dan merek untuk mengirim komunikasi kepada pelanggan mereka dengan cepat dan efektif. Misalnya, jika suatu merek meluncurkan produk baru, ia dapat mengirim peringatan SMS kepada pelanggannya untuk memperbaruinya di acara tersebut.

Selain itu, opt-in untuk peringatan SMS cepat, biasanya mengharuskan pelanggan untuk mengirim kode pendek ke sistem SMS merek dalam hitungan detik.

Kemampuan untuk mengatur metode untuk opting out

SMS marketing juga memungkinkan bisnis untuk menetapkan parameter bagi pelanggan yang memilih dan cara bagi pelanggan untuk berhenti, jika mereka ingin menghentikan komunikasi SMS.

Hal ini dapat mempermudah pelanggan untuk mendaftar penawaran dan penawaran khusus, dan perusahaan yang menerapkan pemasaran SMS juga dapat menambah dan menghapus nomor pelanggan dari sistem mereka dengan mudah.

Alat hemat biaya

SMS juga bisa sangat hemat biaya. Bergantung pada sistem SMS yang digunakan perusahaan, biaya untuk pemasaran SMS dapat relatif rendah jika dibandingkan dengan pendekatan pemasaran digital lainnya.

Misalnya, perusahaan yang menggunakan pemasaran SMS dapat menerapkan opsi berbiaya rendah mulai dari 100 hingga 200 ribu perbulan. Selain itu, beberapa opsi SMS marketing mungkin menawarkan penawaran kata kunci tertentu, yang terkadang berharga tidak lebih dari beberapa rupiah per kata kunci yang digunakan dalam periode pemasaran yang dipilih perusahaan.

Bagian dari Kampanye SMS Marketing

Berikut ini adalah komponen dari kampanye pemasaran SMS yang sukses:

Penawaran dan promosi

Kampanye SMS yang berhasil menerapkan penawaran dan promosi khusus untuk pelanggan yang memilih untuk menerima notifikasi SMS merek. Penawaran ini dapat berupa acara promosi, kupon musiman, atau penawaran menguntungkan lainnya yang diterima oleh pelanggan yang telah memilih.

Eksklusivitas dan tanggal kedaluwarsa

Selain membuat penawaran khusus untuk pelanggan, bisnis juga dapat membuat tanggal kedaluwarsa di sekitar beberapa penawaran khusus yang dikirimkan kepada pelanggannya. Ini menciptakan rasa eksklusivitas serta urgensi, yang dapat memengaruhi keputusan pembelian banyak pelanggan.

Tanggal kedaluwarsa juga meningkatkan kemungkinan bahwa pelanggan akan melakukan pembelian saat mereka menerima penawaran daripada di lain waktu.

Call to action

Semua strategi pemasaran yang sukses menciptakan semacam ajakan untuk bertindak seputar penawaran produk atau layanan. Kampanye SMS marketing juga harus mengembangkan ajakan bertindak yang efektif.

CTA atau ajakan bertindak yang berhasil memberi pelanggan motivasi untuk mengeklik tautan, memberikan izin mereka untuk menerima pembaruan, atau melakukan pembelian dari suatu merek melalui pesan SMS mereka.

Jadwal pengiriman pesan

Karena SMS berbasis teks dan bersifat pribadi, penting bagi kampanye pemasaran SMS untuk mengatur jadwal waktu pengiriman pesan. Misalnya, sebuah merek dapat menerapkan SMS marketing hanya selama jam kerja ketika pelanggan cenderung membawa ponsel mereka.

Demikian juga, dapat menjadi praktik terbaik untuk menghindari pengiriman peringatan SMS pada malam hari atau larut malam ketika pelanggan mungkin sedang tidur atau sibuk dengan keluarga.

Identitas merek

Dalam semua pesan SMS yang dikirim selama kampanye pemasaran, harus ada identitas merek yang berbeda. Baik itu logo, tanda tangan, atau pengenal merek lainnya, kampanye pemasaran SMS yang sukses menyertakan pencitraan merek sehingga pelanggan tahu dari siapa mereka menerima pembaruan.

Selain itu, menyertakan branding di setiap notifikasi SMS dapat memungkinkan pelanggan untuk mengembangkan kepercayaan dan keakraban dengan bisnis.

Bagaimana Cara Membuat SMS Marketing yang Efektif?

Saat membuat kampanye SMS marketing, penting untuk menyertakan setiap komponen yang terkait dengan pesan yang dipromosikan bisnis atau merek Anda. Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan langkah-langkah berikut saat Anda mengembangkan strategi pemasaran SMS Anda.

1. Tetapkan tujuan pemasaran Anda

Tetapkan tujuan yang ingin Anda capai. Misalnya, Anda dapat menetapkan tujuan untuk meningkatkan penjualan, memperluas pasar, atau memperoleh 100 pelanggan baru dalam periode pemasaran.

Apa pun tujuan Anda, Anda harus menetapkannya terlebih dahulu sehingga Anda dapat mengembangkan rencana pemasaran berdasarkan apa yang ingin Anda capai.

2. Buat pesan Anda

Selanjutnya, buat pesan yang ingin Anda kirim untuk membawa Anda ke tujuan Anda. Anda dapat membuat penawaran khusus, diskon untuk item musiman tertentu, atau acara yang datang lebih dulu, yang dilayani pertama untuk membantu meningkatkan penjualan.

Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan bagaimana pesan Anda akan memengaruhi pelanggan Anda, masalah apa yang akan dipecahkannya, atau cara lain agar pesan Anda memengaruhi pelanggan Anda.

3. Buat ajakan bertindak Anda

Setelah membuat pesan promosi, kampanye SMS Anda harus memiliki ajakan bertindak yang jelas yang memotivasi pelanggan Anda untuk membeli dari Anda.

Misalnya, Anda dapat membuat ajakan bertindak untuk mengklaim diskon sebelum kedaluwarsa, merujuk teman untuk menerima layanan gratis, atau tindakan menarik lainnya yang dapat dilakukan pelanggan untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang ditawarkan merek Anda.

4. Jadwalkan pesan Anda

Kampanye SMS Anda harus memiliki parameter waktu yang ketat terkait kapan pesan bisnis Anda dikirim. Ini akan memungkinkan Anda untuk merencanakan setiap pesan promosi serta menjaga tingkat kesopanan antara bisnis Anda dan kebutuhan pribadi pelanggan.

5. Tetapkan key performance indicator (KPI) Anda

Setelah membuat komponen lainnya untuk kampanye pemasaran SMS Anda, Anda dapat menetapkan key performance indicator (KPI) yang akan Anda gunakan untuk mengevaluasi seberapa efektif pendekatan pemasaran SMS Anda. KPI—seperti tarif buka dan balasan untuk pesan teks tertentu—merupakan metrik yang dapat Anda gunakan untuk menentukan performa setiap strategi SMS yang Anda terapkan.

Tips untuk Membuat SMS Marketing yang Optimal?

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menerapkan pemasaran SMS:

  • Buat pesan yang jelas yang akan segera dipahami pelanggan Anda, termasuk batasan, kedaluwarsa, dan detail terkait lainnya tentang penawaran Anda.
  • Personalisasi iklan dan pesan promosi dengan melakukan beberapa riset pasar dasar termasuk karakteristik pelanggan Anda, kebiasaan belanja mereka, dan seperti apa kepribadian pembeli ideal Anda.
  • Hindari mengirim peringatan SMS dan pesan promosi pada saat pelanggan cenderung menghindari membuka dan menanggapi teks.
  • Ciptakan cara agar pasar SMS Anda berinteraksi dengan Anda secara online dengan menghubungkan keikutsertaan dan promosi SMS Anda ke profil media sosial dan situs web bisnis Anda.

Kesimpulan

SMS marketing dapat menjadi pendekatan yang sangat efektif untuk menjangkau audiens target Anda. Dengan mengembangkan pesan yang jelas dan menciptakan hubungan dengan pelanggan Anda, SMS marketing dapat membantu Anda meningkatkan jangkauan, penjualan, dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Jangan lupa juga untuk mencatat setiap biaya yang Anda lakukan pada proses pemasaran pada sistem pembukuan yang jelas agar semua pengeluaran Anda bisa terpantau secara transparan.

Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan dan pembukuan pada bisnis, salah satu software akuntansi yang bisa Anda gunakan adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan telah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Anda juga bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada link ini

Informasi lebih lanjut mengenai Accurate Online, Anda dapat hubungi kami melalui Whatsapp dengan klik gambar di bawah ini.

accurate1

Related posts

Product Marketing: Pengertian, Pilar Utama, dan Strategi Ampuhnya

Eri Katsir

8 Tips Memaksimalkan Strategi Penjualan pada Bisnis Anda

Eri Katsir

Product Positioning: Pengertian dan Cara Menentukannya dengan Tepat

Eri Katsir