25.3 C
Jakarta
September 27, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Tips Anti Bangkrut Atur Keuangan Bisnis Terbaru

Tidak ada siapapun di dunia ini yang menginginkan bisnisnya rugi. Untuk mencegah agar bisnisnya mengalami kerugian, perlu sekali mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan yang baik. Di artikel ini akan dibahas manfaat mengatur keuangan untuk bisnis bagaimana cara terbaik untuk mengatur keuangan agar bisnisnya tidak rugi.

Mengatur keuangan untuk bisnis tidak sekedar mencegah agar mengalami kerugian saja. Masih banyak manfaat lainnya yang bisa dirasakan dari mengatur keuangan untuk berbisnis.

Lalu bagaimana mengatur keuangan bisnis yang baik? Berikut ini adalah beberapa cara mengatur keuangan untuk bisnis sehingga arus keuangan tetap sehat.

Lacak Biaya dengan Detail

Hal yang sangat penting dalam mengatur keuangan dalam berbisnis adalah melacak semua biaya pengeluaran dan mengelola pembukuan dengan benar.

Sangat penting untuk menyimpan semua bukti dari pendapatan maupun pengeluaran yang terjadi selama berbisnis. Untuk membantu melakukannya, bisa menggunakan berbagai software akuntansi atau menyewa jasa akuntan yang baik.

Membuat Proyeksi Keuangan

Membuat proyeksi keuangan atas apa yang akan terjadi merupakan hal yang sangat penting dari cara mengatur keuangan dalam bisnis. Caranya bisa dengan membuat pos-pos rencana pengeluaran untuk satu periode ke depan.

Baca Juga: Pengen Punya Anggaran Marketing? 4 Cara ini Akan Membantu Anda menyusun Budget Marketing Untuk UMKM

Dengan begitu akan didapatkan berbagai prioritas keuangan dalam satu periode tertentu. Sehingga dapat mengantisipasi dan menghindari pengeluaran tidak terduga di luar rencana.

Catat Pinjaman Pribadi untuk Bisnis

Setelah memisahkan akun pribadi dan bisnis, lakukan juga pelacakan terhadap pinjaman pribadi untuk bisnis. Maksudnya adalah melakukan pengecekan terhadap keuangan pribadi yang dikeluarkan untuk keperluan bisnis. Jangan sampai uang pribadi yang tercampur ke dalam bisnis tidak dikembalikan dan malah menyusahkan diri sendiri.

Minimalisir Biaya Perjalanan

Melakukan perjalanan pergi ke luar kota tidak ada salahnya, apalagi bila dalam hal berurusan dengan bisnis. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tetap menjaga biaya perjalanan seminimal mungkin.

Hal ini sejalan dengan menjaga agar tetap hemat demi kesehatan keuangan bisnis. Atur perjalanan dengan baik, sewa akomodasi yang nyaman tapi tetap hemat, akan membuat perjalanan bisnis mengeluarkan sedikit biaya.

Baca Juga: Cara Accurate Membantu Pengusaha dalam Mengelola Keuangan

Atau solusi terbaik menggunakan aplikasi komunikasi daring yang sedang marak akhir akhir ini seperti Zoom, Google Meet, atau Skype yang memudahkan Anda untuk melakukan interaksi dimanapun dan kapanpun Anda mau tanpa batasan jarak.

Menyewa (Terkadang) Lebih Baik Daripada Membeli

Membeli barang-barang untuk produksi atau operasi memang penting. Namun, pernahkah terpikir untuk menyewa terkadang bisa lebih baik daripada membeli?

Terutama untuk keperluan yang tidak berulang atau jarang, menyewa barang atau alat tentunya dapat menekan biaya pengeluaran. Menyewa barang juga akan menghindarkan dari biaya perawatan alat bila harus membeli.

Mengatur keuangan bisa membuat kegiatan bisnis terhindar dari masalah keuangan yang berujung pada kerugian dan kebangkrutan. Sebagai pelaku bisnis, penting sekali untuk tahu cara mengatur keuangan yang baik. Beberapa cara di atas bisa dipraktekkan untuk membuat keuangan bisnis tetap sehat.

Baca Juga: 6 Hal ini Akan Membantu Agar Usaha Rumahan Menguntungkan, Berani Coba?

Jika kesulitan dalam melakukan pengaturan keuangan secara manual pada pencatatan pembukuan, ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi untuk meminimalisir terjadinya kesalahan pencatatan yang berujung pada hal yang tidak diinginkan pada bisnis.

Sudah banyak software akuntansi yang memiliki harga terjangkau dan mudah digunakan siapapun sekalipun tidak memahami ilmu akuntansi secara mendalam, salah satunya Accurate Online.

Hanya dengan 200 ribu rupiah perbulan, dengan Accurate Online Anda akan mendapatkan fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, seperti pencatatan pengeluaran dan pemasukan, pengelolaan multi gudang dan cabang, penghitungan nilai aset, rekonsiliasi transaksi otomatis, multi user, otomasi lebih dari 200 laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama sebulan dengan klik tombol di bawah

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online Gratis” andaman_href=”https://account.accurate.id/join.do?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Related posts

Jangan Lupa untuk Lakukan Stock Opname Secara Rutin!

ademuthia

Bedah Diskon Accurate Online, TINGGAL HARI INI!

ademuthia

Susah Cari Kerja Saat Corona? Daftar Accurate Partner aja!

ademuthia

Leave a Comment