Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

3 Hal Ini Akan Buat Kamu YAKIN untuk Mulai Bisnis franchise

Kita pastinya sudah tidak asing lagi dengan bisnis franchise.  Bisnis yang satu ini memang cukup menjanjikan baik yang skala kecil hingga skala besar. Dibandingkan harus membuat konsep untuk bisnis sendiri, jenis bisnis ini terkesan lebih praktis dan minim risiko. Bisnis ini merupakan peluang usaha yang cukup praktis terutama bagi Anda para pebisnis pemula.

Pengertian franchise adalah hubungan yang salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan atau penjualan barang dan jasa.

Di Indonesia sendiri franchise dikenal dengan nama lain yaitu waralaba. Franchise di Indonesia pun tergolong banyak dan berbagai jenisnya. Mulai dari franchise makanan sampai jasa pengiriman.

Dilansir dari Glints.com, ada 3 keuntungan jika Anda mulai menggeluti bisnis franchise ini:

 

Miliki bisnis sendiri, dipandu oleh ahli

Kemudahan pertama yang bisa kamu dapatkan dari bisnis franchise adalah kamu bisa menjalani bisnismu sendiri dan dipandu oleh perusahaan bisnis yang sudah ahli. Sebagai pemilik bisnis franchise, kamu memiliki kewenangan untuk mengatur bisnismu dan mengambil keputusan sehari-hari. Tapi di samping itu, ada juga perusahaan yang sudah mengatur semua langkah-langkah besar yang harus kamu lakukan agar bisnis ini dapat berjalan.

 

Merk yang sudah diakui

Branding merupakan hal yang sangat penting. Ketika kamu memilih bisnis franchise, kamu tidak perlu terlalu mengkhawatirkan tentang branding karena kamu akan menjual produk yang sudah diketahui dan diakui merknya oleh banyak orang. Selain itu kamu juga tidak perlu lagi memikirkan hal seperti trademarks, hak paten, dan juga desain karena semua hal tersebut telah diatur oleh franchisor.

 

Risiko lebih rendah

Bisnis franchise juga merupakan bisnis dengan resiko lebih rendah terhadap kegagalan atau kerugian investasi. Memang setiap bisnis selalu memiliki peluang kerugian, tapi paling tidak bisnis franchise tetap lebih aman jika dibandingkan dengan membuka bisnismu sendiri.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan berbagai dukungan operasional dari franchisor sebelum dan setelah kamu meluncurkan bisnis franchise milikmu. Kamu akan dibantu dalam mengurus bidang keuangan, akuntansi, pelatihan karyawan, dan juga prosedur operasional, bantuan ini akan sangat meminimalisir berbagai kesalahan yang mungkin kamu lakukan ketika memulai bisnis.

 

Tips Memulai Bisnis Franchise ala Gobiz.co.id:

Tips Membuka Bisnis Franchise

Nah, apa Anda semakin tertarik ingin membuka bisnis waralaba? Berikut adalah hal-hal dan tips yang perlu Anda perhatikan jika ingin membuka bisnis franchise!

Miliki Ciri Khas yang Menarik

Hal pertama yang harus Anda pastikan adalah, Anda harus dapat membuat produk atau poin lain yang memiliki ciri khas tersendiri. Anda juga dapat menambahkan fasilitas tambahan pada outlet Anda misalnya. Dengan ini, Anda dapat menciptakan poin diferensiasi antara waralaba Anda dengan yang lainnya. Untuk dapat menguasai pasar, ciptakanlah sesuatu yang baru dan unik!

 

Miliki Catatan Keuangan

Hal selanjutnya yang wajib Anda miliki sebagai franchisee adalah memiliki catatan keuangan. Buatlah pembukuan keuangan secara rutin baik secara sistem atau manual. Walaupun bisnis yang Anda miliki belum termasuk besar, Anda tetap harus memiliki pencatatan transaksi dan keuangan secara keseluruhan yang baik. Dengan begitu, Anda tentunya dapat melihat dan mengetahui perkembangan bisnis yang Anda jalankan dari waktu ke waktu. Catatan keuangan ini juga dapat Anda gunakan untuk melihat status perkembangan bisnis Anda serta untuk mengetahui produk-produk yang menguntungkan dan mana yang merugikan. Accurate Online siap membantu mencatat keuangan bisnis franchise Anda.

Miliki SOP yang Jelas

Tetapkan standar operasional prosedur (SOP) sebagai pedoman dan acuan semua karyawan Anda termasuk Anda sendiri dalam menjalankan fungsinya masing-masing. Dengan SOP yang jelas, Anda dapat memiliki standar kualitas yang sama antara waralaba yang Anda jalankan dengan franchise lainnya dari standar produk hingga kualitas layanannya. SOP Anda juga harus sederhana agar semua proses bisnis Anda dapat menjadi lebih mudah dan lancar.

 

Miliki Kesinambungan Antar Franchise

Franchisor biasanya secara berkala akan memberikan pelatihan pada para franchisee-nya. Mengapa? Karena walaupun dijalankan oleh pemilik dan badan usaha yang berbeda-beda, namun pelanggan tetap melihat brand yang sama. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memiliki standar kualitas produk dan layanan, bahan produksi, peralatan dapur, seragam karyawan, dan hal-hal lainnya yang tidak berbeda dari franchise lainnya dengan brand yang sama.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

3 Cara Praktis Lapor Pajak Secara Online Tanpa Ribet dan Ngantri !

ademuthia

Siap-Siap dapat Surat Teguran dari Kantor Pajak!

ademuthia

Cara Jitu Tagih Piutang ke Konsumen. Jangan Ada Hutang di Antara Kita

admin

Leave a Comment