fbpx

9 Istilah Akuntansi yang Harus Di Ketahui Pengusaha UKM

Akuntansi menjadi salah satu ilmu yang wajib dipelajari oleh setiap pengusaha yang baru merintis bisnis. Terkadang banyak pengusaha yang tidak menerapkan proses akuntansi secara baik dan benar. Hingga membuat dia bingung dalam mengelola keuangan bisnis. Ada berbagai macam istilah dalam akuntansi yang harus di ketahui oleh pengusaha UKM.

Banyak pengusaha yang menganggap bahwa akuntansi merupakan hal yang sulit. Sehingga dia enggan belajar akuntansi. Sekalipun itu penting untuk kesuksesan usaha yang ia jalankan ke depannya. Sebelum membahas akuntansi secara mendalam, kita harus memulai dengan mengetahui istilah akuntansi dasar terlebih dahulu.

Ada beberapa istilah akuntansi yang wajib diketahui oleh para pengusaha UKM. Banyak istilah yang tidak kita temukan dalam pelajaran umum. Sehingga setiap pengusaha harus memahaminya satu per satu agar bisa mengerti akuntansi dan bisa membuat pembukuan dengan benar.

Istilah Akuntansi Dasar yang Wajib Diketahui Pengusaha

Aktiva

Pernah dengan istilah yang satu ini? Kalau belum, yuk kita bahas. Aktiva dalam Bahasa awam sering disebut sebagai aset. Aset dalam bisnis adalah suatu kekayaan yang dapat meningkatkan nilai bisnis dan operasi usaha.

Aktiva sendiri dibagi menjadi dua, yakni aktiva lancar dan aktiva tetap. Aktiva lancar adalah aset yang akan digunakan dalam satu tahun ke depan. Sementara aktiva tetap adalah aset jangka panjang dan dapat memberikan keuntungan pada bisnis hingga lebih dari satu tahun.

Pasiva

Istilah selanjutnya yakni pasiva. Dalam akuntansi sering kita menemukan istilah pasiva. Apa sebenarnya pasiva itu? Pasiva dalam istilah awam sering disebut dengan hutang. Memang betul, pasiva adalah hutang bisnis. Baik itu hutang kepada supplier atau hutang kepada lembaga keuangan seperti bank.

Piutang

Jika orang umum biasanya menganggap piutang adalah hutang. Tetapi ini memang tidak salah, hanya saja perbedaan piutang ini adalah konteks bukan kewajiban dari bisnis. Misal, Anda seorang pengusaha roti, Anda memiliki hutang bahan baku kepada supplier. Jika Anda menganggap itu adalah hutang, si supplier menganggap bahwa itu adalah piutang.

Secara umum, piutang adalah aset yang kita miliki namun belum di bayarkan oleh customer.

Beban

Eits, jangan salah tanggap dulu. Beban dalam akuntansi berbeda dengan beban atau sering disebut dengan berat. Beban adalah salah satu istilah dalam akuntansi yang harus diketahui oleh pengusaha, terutama pengusaha pemula.

Secara umum beban adalah biaya yang dikeluarkan dari berjalannya suatu usaha. Misalnya, biaya listrik, telepon, internet, dan gaji karyawan. Kesemua itu disebut dengan beban dalam akuntansi.

Pendapatan Kotor

Sering sekali pengusaha pemula menganggap bahwa pendapatan kotor adalah keuntungan. Ini merupakan kesalahan. Jadi kalian harus hati-hati yah! Pendapatan kotor sering disebut juga dengan omzet. Ingat, omzet bukan keuntungan. Jadi kalian jangan sampai salah kaprah yah!

Laba atau Keuntungan

Setelah kita mengetahui pendapatan kotor. Kita akan bahas mengenai laba atau keuntungan yang sesungguhnya. Laba ini adalah pendapatan bersih atau profit yang memang menjadi keuntungan dari bisnis Anda.

Bagaimana menghitung laba? Cara mendapatkan total laba adalah dengan mengurangi semua pendapatan atau omzet dengan biaya yang sudah Anda keluarkan. Hasil tersebutlah yang dikenal dengan laba atau keuntungan.

Depresiasi

Depresiasi bukan depresi. Kedua istilah ini berbeda. Depresiasi adalah pengurangan atau penyusutan nilai aset yang dimiliki. Misal aset kendaraan yang setiap tahun pasti menyusut diakibatkan dari bertambahnya usia pemakaian serta penggunaan yang dilakukan terhadap aset tersebut.

Harga Pokok Penjualan

Jika Anda berbisnis manufaktur atau mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi. Dalam pembukuan bisnis, Anda akan menemukan istilah Harga Pokok Penjualan atau disingkat HPP.

Sehingga setiap produk yang akan dijual harus dihitung dulu berapa biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi barang tersebut. Termasuk biaya gaji karyawan, pembelian bahan baku, hingga biaya listrik atau internet yang dikeluarkan dalam memproduksi barang tersebut.

Ekuitas

Istilah akuntansi terakhir yang harus Anda ketahui sebagai pengusaha adalah ekuitas. Ekuitas merupakan harta atau aset bisnis setelah dikurangi semua hutang bisnis. Jadi secara umum dapat disebut ekuitas adalah kekayaan yang Anda peroleh sebagai pemilik bisnis dari hasil kegiatan bisnis yang Anda lakukan.

Kesembilan istilah dasar akuntansi tersebut sering kita temukan dalam dunia akuntansi atau ketika Anda melakukan pembukuan bisnis. Dengan mengetahui istilah tersebut, Anda akan lebih mudah dalam melakukan pembukuan.

Jika Anda ingin lebih mudah dalam melakukan pembukuan hingga membuat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan Accurate Online, platform pembukuan untuk segala jenis usaha. Baik bisnis besar, menengah dan bisnis kecil bisa menggunakan Accurate Online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *