27.1 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Jenjang Karir dalam Divisi Akuntansi

Jenjang karir – Ada waktunya para karyawan mencapai kepuasan menekuni karier yang dipilih. Namun, ada juga yang merasa karier yang dipilihnya masih jauh dari harapan. Bahkan, orang-orang seperti itu berpikir perlu mendapat kenaikan jenjang karier yang lebih tinggi lagi.

Ketika kita mulai merintis karier, tentu kita mengharapkan adanya pengembangan karier di perusahaan tempat bekerja. Pengembangan karier yang dinamakan career path ini sangat penting.

Adanya kemajuan karier ini merupakan salah satu faktor yang menentukan apakah seorang karyawan akan bertahan di perusahaan atau tidak. Oleh karena itu, dalam sebuah perusahaan, pengembangan karier karyawan merupakan hal penting. Jika perusahaan mampu membuat pola karier yang tepat bagi karyawan, maka seseorang itu akan menjadi potensi bagi tersendiri

Divisi keuangan dan akuntansi merupakan divisi yang PASTI ADA di setiap perusahaan. Maka dari itu jenjang karir di divisi yang satu ini pun sangat menjanjikan.

Staff Akunting

Baca Juga: Kriteria Staff Akunting untuk Perusahaan.

Karyawan yang memegang posisi ini bertanggung jawab untuk menjalankan proses akunting, cash advance dan laporan pengeluaran yang semuanya akan diintegrasikan ke dalam laporan keuangan.

Kualifikasi yang harus dimiliki untuk menjadi seorang staf akunting :

  1. Memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai (D3 / S1 Akuntansi)
  2. Menguasai aplikasi komputer untuk akunting
  3. Memiliki kemampuan analisa yang baik
  4. Detail dan teliti

Accounting Supervisor

Beberapa tugas penting seorang accounting supervisor adalah memastikan verifikasi dan finalisasi setiap entri jurnal keuangan harian perusahaan, menyiapkan laporan perputaran cash, laporan pajak perusahaan dan laporan keuangan. Seorang accounting supervisor juga harus menciptakan prosedur dan terus mengembangkan sistem internal untuk memastikan efektifitasnya.

Kualifikasi untuk accounting supervisor kurang lebih sama untuk staf akunting, hanya perlu ditambahkan pengalaman, paling tidak 5 tahun di bidang yang sama dan memiliki ilmu komunikasi yang baik, memiliki inisiatif tinggi dan bisa bekerja di bawah pengawasan minimal.

Baca Juga: Manajer Keuangan dalam Perusahaan

 Chief Accounting

Tugas seorang chief accounting lebih kepada mengkoordinir operasional penyusunan laporan keuangan (bulanan maupun tahunan), membuat bujet perusahaan dan perencanaan aliran dana perusahaan. Chief accounting juga harus memimpin jalannya rutinitas di bagian keuangan serta bertanggung jawab akan fungsi total di bagian akunting. Posisi chief accounting memiliki kualifikasi yang sama dengan accounting supervisor dengan tambahan pengalaman paling tidak 5 tahun sebagai supervisor accounting, memahami seluk beluk perpajakan dan pengetahuan yang mendalam mengenai keadaan keuangan perusahaan. Personality traits yang harus dimiliki adalah sikap kepemimpinan yang cukup matang, self-motivated, memiliki manajemen waktu yang baik dengan keterampilan komunikasi yang baik.

Jadi, sudah siapkah menjemput jenjang karir cemerlang sebagai akuntan di perusahaan Anda?

Jangan lupa untuk selalu memantau performa perusahaan dengan menganalisa laporan keuangan melalui Accurate Online. Software akuntansi paling mudah di Indonesia.

Related posts

2 Langkah Mudah Menentukan Harga Pokok Penjualan

ademuthia

ACCURATE Lite Hadir di pameran INDOCOMTECH 2018

ademuthia

5 Tanda Kondisi Keuangan Bisnis yang Buruk

ademuthia

Leave a Comment