ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Apasih Manfaat Menggunakan QR Code dalam Bisnis?

Manfaat QR Code – Selama pandemi corona kita dituntut untuk selalu menjaga jarak dan meminimalisir kontak fisik, termasuk dalam urusan transaksi jual-beli. ┬áJika sebelum pandemi corona kita bebas berbelanja kesana-kemari, kini kita harus mulai meminimalisir keluar rumah untuk berbelanja. Kita mulai membiasakan diri untuk berbelanja online. Semisal pun kita terpaksa untuk berbelanja ke toko fisik, kita akan lebih memilih untuk bertransaksi secara cashless. Baik menggunakan kartu ataupun menggunakan mobile payment.

Baca Juga: Mobile Payment, Metode Pembayaran Paling Aman Selama Corona

Saat ini mobile payment telah berkembang jauh lebih pesat. Jika awalnya mobile payment hanya dapat dilakukan dengan layanan mobile banking, kini sudah dapat dilakukan melalui layanan dompet digital dan bahkan dengan Scan QR Code.

Belakangan ini transaksi melalui QR Barcode makin ramai. Hal ini menjadi bagian dari perubahan gaya transaksi masyarakat yang semakin menyukai sistem digital. Kondisi ini bukannya tanpa sebab. Penyebabnya adalah penyebaran Corona yang bisa diminilisasi dengan megurangi bersentuhan.

Dilansir dari Ajaib.co.id, Bank Indonesia (BI) mencatat kenaikan transaksi digital selama PSBB bulan April 2020 mencapai 64, 48 persen secara tahunan. Lalu, volume transaksi digital juga tumbuh 37,35 persen secara tahunan. Merespons fenomena itu, BI berkomitmen mendorong penggunaan Quick Response (QR) Code di berbagai sektor, seperti di Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), hingga toko tradisional.

Baca Juga: Bagaimana Agar UMKM Tahan Menghadapi Resesi Ekonomi?

QR Barcode merupakan sebuah implementasi teknologi matrik barcode dalam sebuah bisnis jual beli. Barcode alias kode batang merupakan sistem yang ditanam dalam computer yang telah menyimpan data produknya. Kemudian ada sebuah QR Code Scanner untuk mengakses informasinya termasuk mengetahui harga suatu produk yang dibeli.

Barang yang memiliki QR barcode biasanya berbentuk garis-garis dengan ketebalan berbeda dan juga kombinasi kode angka. Garis dan kode tersebut tak ubahnya seperti label harga, hanya saja penerapannya lebih simpel.

Manfaat Menggunakan QR Code untuk Bisnis

Manfaat QR barcode memag sangat terasa khususnya di era modern. Pasalnya, bisnis butuh segala sesuatu yang cepat dan praktis. Akan ada lebih banyak waktu, tenaga dan uang yang bisa dihemat dengan menggunakan kode QR ini.

Bayangkan jika di suatu supermarket tidak menerapkan QR Barcode, pasti akan ada banyak antrian mengular. Layanan di toko tersebut akan dikenal lamban sehingga pelanggan enggan datang kembali. Secara tidak langsung, ini juga akan menjadi citra buruk bagi bisnismu dan berpengaruh pada penjualan.

Akurasi

Menggunakan QR Barcode dapat meningkatkan akurasi dalam penghitungan barang yang dijual. Berbeda dengan label harga manual yang memungkinkan adanya kesalahan dalam perhitungan atau selisih angka akibat human error.

Manfaat QR Barcode juga akan meminimalisir kesalahan dalam menginput angka, jelasnya ini sangat menguntungkan pagi usaha/ bisnis retail. Selain itu, data penjualan juga akan tersimpan dalam sistem yang terpusat hingga menekan kesalahan yang mungkin dilakukan.

Kecepatan

Menggunakan QR Barcode jelas mempersingkat waktu dalam penghitungan, karena sudah terkomputerisasi dalam sistem. Bandingkan jika kamu menggunakan penghitungan secara manual, pastinya akan sangat memakan waktu.

Inventory Control

Melalui sistem QR Barcode maka proses keluar-masuk barang dan stock dapat terpantau dengan mudah. Ini mengurangi kemungkinan terjadinya kehilangan barang. QR Barcode memiliki fungsi informasi barang, sehingga kamu dengan mudah menemukan stok barang di gudang jikalau dalam gerai mengalami kekosongan.

Baca Juga: Realtime Stock Online, Fitur Yang Sangat Membantu Pengusaha

Cara ini juga memudahkan dalam distribusi. Kamu bisa mendapatkan data dengan mudah akan produk apa saja yang sudah menipis stoknya. Kemudan kamu bisa langsung menyediakan produk tersebut lagi sehingga pelanggan tak akan kecewa.

Mudah Digunakan

Menggunakan QR Barcode akan sangat meudahkan pekerjaan kamu dalam bisnis retail. Bentuk dan ragam ukuran juga tersedia tanpa perlu repot-repot saat kamu sedang bertransaksi. Biasanya jasa penyedia layanan QR Barcode akan melakukan penginstalan harga ke dalam sistem, sehingga kamu hanya perlu menempelkan barcode pada scanner.

Biaya

Penggunaan QR Barcode tidak membutuhkan modal besar. Sehingga para pengusaha bisnis kecil tidak menutup kemungkinan menggunakan QR Barcode untuk bisnisnya. Mungkin kamu harus mengeluarkan biaya cukup besar ketika pertama kali membeli alatnya.

Baca Juga: Sudah Tahu Perbedaan Biaya dan Beban? Simak Penjelasannya!

Namun efisiensi dan efektivitasnya sangat sepadan dengan harganya. Ibaratnya, kamu bisa menjadikan siapa saja di posisi kasir dan semua proses pengecekan poduk dan harga bisa berjalan dengan baik dengan adanya sistem ini.

Meningkatkan Pelayanan

Salah satu manfaat utama dari QR Barcode adalah pelayanan bisnis yang lebih bai. Zaman sekarang, kualitas pelayanan menjadi kunci dalam memenangkan persaingan. Terlebih lagi di sektor retail yang pemainnya sangat banyak.

Pelayanan menggunakan sistem QR Barcode akan mempercepat proses pembelian yang dilakukan pembeli. Ini sekaligus akan mengurangi jumlah antrian yang nantinya akan meningkatkan pelayanan toko.

Wah ternyata ada banyak ya manfaat yang akan didapatkan dengan menggunakan sistem pembayaran QR Code. Nah sebagai pebisnis jangan lupa unttuk selalu mencatat transaksi yang masuk dengan menggunakan Accurate Online. Aplikasi keuangan bisnis yang dapat membuat laporan keuangan bisnis dalam waktu 3 menit. Gak Percaya? Cobain Sendiri.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://account.accurate.id/join.do?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Related posts

Omset 30 Juta SETIAP HARI? Yuk Mulai Bisnis Pernak-Pernik Natal

ademuthia

Software Akuntansi Accurate Raih TOP Brand dan sudah digunakan 300ribu user

ademuthia

Pentingnya Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada Perusahaan

admin

Leave a Comment