31.9 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

Baca Dulu! Peraturan Berkendara Selama Corona.

Tak dipungkiri, corona mengubah kebiasaan hidup kita. Kita tidak bisa “sebebas” Sebelumnya saat menjalani kehidupan sehari-hari. Saat ini semuanya serba “terbatas”. Kita terbatas untuk bercengkrama dengan sanak saudara. Kita dibatasi untuk sekadar kongkow di mall, dan sebagainya.

Tujuan pembatasan ini baik, untuk mencegah persebaran corona pada sarana transportasi baik transportasi pribadi ataupun transportasi umum. Pemerintah memberlakukan protokol kesehatan yang ketat, meningkatkan keberhasilan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan meningkatkan efektivitas pelaksanaan kegiatan transportasi dalam rangka pemenuhan kebutuhan nasional selama darurat bencana non-alam Covid-19.

Baca Juga: Cara Pebisnis Hadapi New Normal di Bulan Juni 2020

Dilansir dari Liputan6.com, “Melalui Surat Edaran Dirjen Perhubungan Darat, Laut, Udara dan Perkeretaapian, Kemenhub fokus melakukan pengendalian transportasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mendukung dan menindaklanjuti SE Gugus Tugas,” demikian disampaikan Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, dalam keterangan tertulis, Senin (11/4/2020).

Aturan PSBB di Jakarta

Dilansir dari Indonesiabaik.id, aturan soal pembatasan transportasi untuk angkutan orang dan barang ini tertuang pada Pasal 18 Pergub Nomor 33 Tahun 2020. Dalam Pasal 18 Ayat 2 dan 3, kendaraan penumpang yang masih diperbolehkan beroperasi yaitu kendaraan pribadi, kendaraan bermotor umum, kereta api, dan angkutan barang.

Selama pemberlakuan PSBB di Jakarta, warga tidak dilarang menggunakan kendaraan pribadinya, baik motor dan mobil. Namun, jumlah penumpang harus dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas angkut. Ini juga berlaku untuk transportasi umum yang masih beroperasi. Baik pengemudi dan penumpang juga wajib menggunakan masker saat di dalam kendaraan. Sementara bagi warga yang bersuhu tubuh di atas normal tidak diperbolehkan berkendara.

Pembatasan Transportasi Pribadi

Secara rinci, skenario pembatasan pada kendaraan pribadi jenis sedan hanya boleh mengangkut 3 orang (1 pengemudi dan 2 penumpang di belakang). Lalu, untuk mobil bukan sedan berkapasitas 7 penumpang hanya boleh mengangkut maksimal 4 orang (1 pengemudi, 2 penumpang di tengah, dan 1 di belakang).

Selanjutnya, sepeda motor hanya boleh mengangkut satu penumpang atau dilarang boncengan. Terakhir, untuk kendaraan pribadi tipe bus berkapasitas di atas 7 penumpang hanya boleh mengangkut 50 persen dari kapasitas angkut.

Pembatasan Transportasi Umum

Sementara transportasi umum yang rencananya akan dibatasi jumlah penumpangnya yaitu MRT, LRT, Transjakarta, Angkutan Umum Reguler, Taksi, Angkutan Online Roda Empat, Angkutan Roda Dua, dan Kapal Kepulauan Seribu.

Lebih rinci, MRT hanya boleh mengangkut 60 penumpang dari kapasitas tempat duduk 325 orang. Untuk LRT hanya boleh mengangkut 30 penumpang dari kapasitas tempat duduk 129 orang. Lalu, jumlah penumpang Transjakarta tipe Articulated Bus hanya 60 orang dari kapasitas 120 penumpang dan tipe Single Bus boleh mengangkut 30 dari kapasitas 60 penumpang.

Baca Juga: Apakah Corona Akan Hilang dari Indonesia? Temukan Jawabannya di Sini!

Sementara Angkutan Umum Reguler tipe Bus Besar boleh mengangkut 26 penumpang dari 52 kapasitas angkut. Bus Kecil hanya boleh mengangkut 6 penumpang dari 12 kapasitas angkut, dan Bajaj hanya boleh mengangkut 1 penumpang. Selanjutnya, Taksi sedan hanya boleh mengangkut 3 dari kapasitas 4 penumpang. Untuk Angkutan Online Roda Empat sedan dan bukan sedan aturannya sama seperti kendaraan pribadi.

Begitu juga dengan Angkutan Roda Dua (ojek online dan ojek pangkalan), hanya boleh mengantar barang dan makanan. Terakhir, Kapal Kepulauan Seribu hanya boleh mengangkut 25 penumpang dari 54 kapasitas angkut dan beroperasi 1 kali dalam 1 minggu maksimal 2 kapal.

 

 

 

Jaga diri, jaga Kesehatan, Lindungi sesama!

Jaga keuangan Bisnis? Accurate Online aja!

 

accurate

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Dropship Adalah Bisnis yang Mudah? Mari Bahas lebih Jauh

Handry

Wajib Baca, Kiat Amazara Bangkit dari Kebangkrutan.

ademuthia

Cara Tunda Pembayaran Cicilan Kredit bagi yang Terdampak Corona

ademuthia

Leave a Comment