29.1 C
Jakarta
September 20, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Affiliate Marketing, Model Bisnis Baru yang Kini sedang Hits

Salah satu model bisnis yang paling banyak dipakai untuk menghasilkan uang di internet adalah affiliate marketing. Jenis pekerjaan ini dapat diterapkan nyaris tanpa modal dan dapat menjadi penghasilan pasif yang lumayan.

Bagi pelaku usaha, affiliate marketing sering kali dipilih untuk mengingkatkan penjualan. Pemilik produk tidak perlu repot menggaji banyak karyawan karena prinsip kerjanya berbasis komisi. Artinya, pemilik produk hanya akan membayar pemasar jika sudah terjadi penjualan. 

Nah, untuk lebih jelasnya ikuti pembahasan berikut ini yuk.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing adalah metode bisnis yang memberikan komisi kepada seseorang atas jasanya menjual suatu produk. Model bisnis ini sebenarnya sudah ada sejak dulu namun semakin populer dan canggih sejak masuknya internet. 

Biasanya, affiliate marketing online bekerja dengan kode referall untuk mengidentifikasi pemasar atau orang yang membantu menjualkan produk. Jika suatu transaksi terjadi berkat link dari kode referral tertentu, maka pemilik kode tersebutlah yang akan mendapatkan komisi. 

Contoh Kasus Affiliate Marketing Online

Dinda adalah seorang blogger kecantikan yang telah menghasilkan ribuan traffic atau kunjungan ke websitenya setiap bulan. Ia mengikuti sebuah program affiliate dari sebuah brand kosmetik. 

Dinda membuat sebuah tulisan berupa review produk perusahaan tersebut di blog pribadinya. Pada bagian akhir, Dinda memasukkan link referal sehingga pengunjung blognya bisa mengakses website penjualan perusahaan kosmetik tersebut. 

Jika sampai terjadi penjualan, maka secara otomatis Dinda akan mendapatkan komisi. Mudah, bukan? Nah, cara ini bisa dikembangkan juga melalui media sosial atau pesan instan ke grup Whatsapp. 

Perbedaan Reseller dan Affiliate Marketing

Perbedaan paling menonjol antara reseller dan affiliate marketing adalah soal stock barang. Affiliate Marketing hanya membantu menjual produk sementara reseller biasanya mengharuskan untuk membeli atau menyetok produknya dulu. 

Secara jam kerja, affiliate marketing lebih flexibel dilakukan. Kamu tinggal mempromosikan link penjualan ke website dan berbagai platform media sosial. Agar lebih maksimal, kamu bisa menggunakan ads untuk menghasilkan penjualan yang lebih tinggi. 

Hal ini tentu berbeda dengan reseller karena kamu punya tanggungan soal produk yang sudah dibeli. Mau tidak mau, produk tersebut harus terjual jika kamu tidak ingin merugi. 

Keuntungan Affiliate Marketing

Affiliate Marketing memang lebih cocok untuk mencari penghasilan pasif karena tidak memerlukan tenaga yang ekstra. Namun, penghasilan yang didapatkan juga lebih kecil ketimbang reseller.

Reseller produk bisa memiliki potensi keuntungan 30-70% dari harga produk. Tetapi, program ini memerlukan modal usaha yang tidak sedikit untuk menyetok barang. 

Situs Yang Menyediakan Program Affiliate Marketing

Saat ini, banyak situs e-commerce yang menyediakan layanan affiliate marketing untuk meningkatkan penjualan. Ini menjadi kesempatan bagi kamu yang ingin mencoba bisnis online sebagai penghasilan tambahan. Caranya cukup mendaftarkan diri lalu menjualkan produk-produk di situs mereka.

 

Berikut beberapa diantaranya yang mungkin bisa kamu coba. 

 

Accurate Online juga menyediakan layanan affiliate marketing dan memberikan kesempatan kepada teman-teman semua untuk menjadi reseller resmi dari Accurate. Dengan menjadi reseller resmi dari Accurate kamu bisa mendapat penghasilan tambahan hingga 400ribu setiap harinya. Ingin mencoba? 

Related posts

5 Kiat Jitu Menggaet Pelanggan dari Kalangan Generasi Milenial

ademuthia

Accurate Online melayani wilayah Gorontalo dan sekitarnya

ademuthia

Beragam Fitur yang Membantu Anda Sukses Mengelola Keuangan Bisnis Dengan Accurate

ademuthia

Leave a Comment