28.9 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
Akuntansi

Biaya Peluang: Pengertian, Latar Belakang, Manfaat dan Contohnya Bagi Perusahaan

Biaya Peluang pada bisnis

Biaya peluang atau opportunity cost atau biaya alternatif merupakan biaya yang muncul karena hilangnya kesempatan sebagai konsekuensi pemenuhan kebutuhan yang lain. Biaya alternatif menjadi tolok ukur biaya ekonomi yang perlu dikeluarkan untuk memproduksi barang atau jasa dalam kaitannya dengan alternatif lain yang perlu dikorbankan.

Contohnya ketika sumber daya alam yang digunakan untuk memproduksi makanan lebih banyak, maka sumber daya yang tersedia untuk memproduksi minuman akan lebih sedikit. Biaya alternatif ini muncul karena adanya pilihan yang dilakukan oleh perusahaan atau individu sebagai respon terhadap kelangkaan yang dihadapi.

Ketersediaan sumber daya ekonomi sangat terbatas sehingga manusia harus membuat pilihan dalam kehidupannya. Pilihan tersebut juga memiliki konsekuensi berupa pengorbanan terhadap pilihan lain. Biaya kesempatan ini menjadi alat ukur untuk menentukan biaya produksi yang dikeluarkan.

Baca Juga: Biaya Penyimpanan: Pengertian, Cara Hitung dan Contohnya

Menurut ahli ekonomi asal Amerika Serikat Bernama Paul A Samuelson, biaya alternatif sangat berkaitan dengan trade off. Istilah ini berkaitan dengan perilaku tarik ulur yaitu meningkatkatkan nilai suatu produk dengan mengurangi kualitas yang lain.

Latar Belakang Opportunity Cost Perusahaan

Biaya Peluang pada Perusahaan

 

Manusia menghadapi berbagai macam pilihan ketika menjumpai permasalahan ekonomi. Kondisi ini menuntut manusia memenuhi semua tuntutan tersebut secara maksimal, sehingga setiap individu perlu memiliki pemikiran yang rasional dalam menentukan pilihan yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Jadi, manusia dapat mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di sekitarnya meliputi sumber daya alam maupun sumber daya lainnya.

Pengoptimalan sumber daya yang dimiliki ini merupakan alternatif penyelesaian masalah ekonomi yang dihadapi. Hal inilah yang selanjutnya menjadi latar belakang munculnya biaya kesempatan atau opportunity cost. Pasalnya ketika menghadapi permasalahan, kita hanya bisa membuat satu pilihan dalam satu waktu.

Ketika perusahaan sudah menentukan tindakan alternatif yang diambil, maka perusahaan sudah kehilangan manfaat dari pilihan alternatif yang lain. Jadi, perusahaan mengalami pengorbanan atas pilihan yang lain ketika sudah mengambil suatu Tindakan.

Ciri- ciri Biaya Alternatif

Biaya alternatif memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan jenis biaya lain, diantaranya:

  • Cara menghitung biaya alternatif tidak selalu berkaitan dengan uang tetapi juga dapat berkaitan dengan waktu, kebahagiaan, manfaat yang diperoleh di masa depan, dan lain sebagainya
  • Memiliki banyak kemungkinan untuk penggunaannya
  • Penetapan pilihan biaya alternatif tergantung tujuan dan kondisi dari masing-masing individua tau perusahaan
  • Biaya alternatif umumnya adalah kebutuhan sekunder atau tersier

Baca Juga: Biaya Rata-Rata Tertimbang: Pengertian, Cara Hitung dan Contohnya

Manfaat Perhitungan Biaya Alternatif

Memperhitungkan biaya alternatif menawarkan beberapa manfaat yaitu:

Membuka Kesempatan Usaha dan Meminimalisir Resiko

Ketika memanfaatkan biaya peluang, akan ada beberapa perbandingan untuk mengambil keputusan yang dianggap sesuai. Pertimbangan lainnya adalah tidak adanya risiko yang cukup besar bila terjadi sesuatu yang tidak diduga.

Dalam menjalankan usaha, pasti selalu ada risiko. Tetapi dengan memperhitungkan biaya alternatif, maka secara tidak langsung kemungkinan risiko tersebut bisa diminimalisir.

Membantu Memperhitungkan Modal

Modal juga menjadi salah satu faktor pendukung dalam bisnis. Bahkan saat ini sudah banyak pihak yang bersedia meminjamkan modal dengan persyaratan tertentu. Untuk membangun usaha memang memerlukan modal yang tidak sedikit.

Belum lagi adanya biaya tambahan untuk pengeluaran yang bersifat mendadak dan tak terduga. Opportunity cost sangat bermanfaat untuk membantu pelaku bisnis memprediksi modal yang perlu dimiliki sebelum memulai sebuah bisnis melalui perencanaan yang telah dibuat.

Memudahkan Penentuan Skala Prioritas

Sebagai seorang pengusaha pasti memiliki banyak ide mengenai peluang bisnis yang akan dijalani. Namun, konsekuensi ketika menjalankan semua bisnis tersebut adalah biaya dan energi yang perlu dialokasikan juga semakin banyak. Bahkan, ketika dijalankan di waktu yang bersamaan akan memerlukan biaya yang cukup besar.

Untuk menentukan ide bisnis, yang paling penting adalah potensi yang dapat mendatangkan lebih banyak keuntungan dan nilai ekonomis. Dalam hal ini, biaya peluang dapat membantu menentukan prioritas atau pilihan yang perlu diambil lebih dulu daripada yang lain.

Menghemat Pengeluaran Usaha

Dengan memperhitungkan biaya kesempatan, perusahaan secara otomatis akan memiliki prioritas. Artinya, perusahaan sebenarnya tidak perlu modal tambahan untuk biaya yang bersifat tidak perlu. Dengan demikian usaha yang dilakukan dapat lebih fokus pada pembiayaan pokok yang menjadi prioritas utama. Hasilnya, pengeluaran perusahaan akan lebih rendah atau lebih hemat.

Cara Menghitung Biaya Peluang

Cara Menghitung Biaya Peluang

Cara menghitung biaya peluang diperlukan ketika Anda menghadapi situasi kelangkaan dengan banyak pilihan yang muncul untuk menentukan biaya kesempatan. Ada 2 hal yang dapat dilakukan untuk menghitung opportunity cost tersebut.

Pertama, jika terdapat dua pilihan, maka akan dihitung nilai kesempatan yang tidak akan dipilih. Kedua, jika terdapat lebih dari dua pilihan, maka akan dihitung nilai kesempatan terbaik yang tidak dipilih atau dikorbankan.

Biaya kesempatan ini pada dasarnya harus selalu memberikan keuntungan. Jika dilihat dari segi biaya, pilihan biaya terendah adalah yang dipilih sebagai biaya peluang. Sementara itu jika dilihat dari sisi produksi, yang dipilih adalah sektor yang paling banyak menghasilkan produk.

Contoh Biaya Kesempatan Sebagai Nilai Pengorbanan

Berikut ini adalah ilustrasi untuk memahami biaya kesempatan sebagai nilai pengorbanan. Bahan baku sebuah industri kerajinan anyaman serat alam yang biasa membuat aneka dekorasi dan perlengkapan rumah tangga adalah eceng gondok. Suatu hari, tanaman eceng gondok tidak bisa dipanen karena terjadi serangan hama.

Perusahaan mengalami masalah karena pasokan bahan baku industrinya tidak tersedia. Agar industri tetap berjalan, perusahaan menemukan beberapa alternatif bahan baku yaitu gedebok pisang dan daun gebang. Kedua bahan tersebut dapat diolah menjadi anyaman yang mirip dengan eceng gondok.

Perusahaan tersebut pada akhirnya menemukan dua pilihan alternatif. Alternatif yang dipilih adalah yang dapat memberikan manfaat terbanyak. Jika perusahaan memilih bahan baku gedebok pisang, maka daun gebang adalah biaya kesempatan. Berdasarkan ilustrasi tersebut, biaya kesempatan berarti nilai pengorbanan karena sudah memilih tindakan yang dianggap sebagai pilihan terbaik dari alternatif yang ada.

Ketika ada beberapa alternatif yang dimiliki oleh perusahaan untuk mengatasi permasalahan, namun perusahaan hanya dapat memilih satu tindakan, maka peluang lainnya adalah biaya peluang. Hal ini dapat digambarkan bahwa ada biaya atau resiko yang mungkin muncul ketika memanfaatkan sumber daya untuk kepentingan tertentu, dengan memperkirakan manfaat yang dikorbankan karena tidak memilih alternatif tersebut.

Biaya kesempatan tidak selalu dapat diukur saat pengambilan keputusan. Alasannya, saat pengambilan keputusan masih berdasarkan pada perhitungan umum dari hasil yang akan diperoleh. Untuk mengambil pilihan yang tepat ketika menghadapi masalah ekonomi, diperlukan pemikiran yang rasional. Pengetahuan yang tidak matang dapat berisko pada biaya yang terbuang percuma.

Demikian sedikit penjelasan mengenai biaya peluang. Dengan memahami biaya kesempatan, para pemilik usaha diharapkan lebih bijaksana dalam membuat pertimbangan dan mengenali secara rinci mengenai berbagai kemungkinan yang ada.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Biaya Rata Rata Pada Bisnis?

Kesimpulan

Agar lebih mudah dalam perhitungan setiap biaya dalam bisnis, termasuk biaya peluang adalah dengan menggunakan software akuntansi. Software akuntansi yang cukup rekomen untuk segala jenis bisnis adalah Accurate Online. Anda bisa mendapatkan Accurate Online untuk kemudahan dalam perhitungan biaya yang keluar. Anda bisa mendapatkan Accurate Online dari ABCSemanggi.com sebagai salah satu store penjualan resmi software akuntansi Accurate Online.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Mengetahui Tugas Rutin dalam Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Miftah

Pengertian Akuntansi Keperilakuan, Ruang Lingkup, dan Manfaatnya

admin

Cara untuk Memuluskan Arus Kas pada Bisnis Kecil

Miftah