28.7 C
Jakarta
May 15, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Akuntansi

Flash Sale Adalah Strategi Pemasaran Untuk Mempercepat Pembelian

Flash sale adalah suatu istilah yang digunakan oleh marketplace atau website online shop untuk mengadakan suatu flash sale pada suatu waktu tertentu. Istilah ini pun mungkin sudah sangat akrab di telinga kita.

Flash sale diklaim mampu membantu penjualan produk yang dimiliki pebisnis lebih cepat habis dan laku di pasar. Sehingga, sudah banyak sekali para perusahaan besar yang menggunakan strategi ini.

Meskipun begitu, beberapa orang masih belum ada yang memahami istilah flash sale, untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan lebih fokus membahas flash sale.

Apa itu Flash Sale?

Dalam bahasa Indonesia, flash sale adalah penjualan kilat. Oleh karena itu, flash sale adalah suatu diskon ataupun promosi yang ditawarkan oleh marketplace atau e-commerce dalam kurun waktu yang singkat dan juga kuantitasnya yang terbatas.

Umumnya, diskon yang terdapat di dalam flash sale sangat tinggi dan promosinya lebih signifikan daripada diskon atau promosi biasanya. Siasat waktu dan juga kuantitas yang sangat terbatas membuat calon pelanggan menjadi makin tertarik untuk membeli produk yang dijual pada saat itu juga.

Bagaimana Flash Sale Dapat Membantu Menumbuhkan Bisnis?

Flash sale bisa menjadi salah satu metode yang efektif untuk menurunkan persediaan barang secara cepat, dan juga mengubah kebiasaan negatif menjadi positif dalam kurun waktu yang tergolong singkat. Menjual barang secara konsisten memang adalah suatu hal yang ideal, namun merencanakan inventori dan menyesuaikan keperluan pelanggan yang tepat hampir dirasa tidak mungkin.

Kantor Berita asal Inggris, Reuters, melaporkan bahwa selama musim belanja liburan di tahun 2012, pihak pengecer e-commerce yang menggunakan strategi flash sale mengalami perkembangan produk dua kali lebih cepat dari pada pengecer online yang tidak menggunakan strategi ini.

Flash sale juga menjadi cara terbaik untuk bisa menjual berbagai barang yang berada di luar musim atau untuk produk yang tidak bisa dijual terlalu lama. Hal ini akan membuat biaya operasional dan inventaris menjadi lebih rendah.

Flash sale juga mampu memberikan peluang yang besar untuk bisa meningkatkan brand awareness. Flash sale mampu menempatkan toko Anda pada halaman awal suatu website e-commerce dan tentunya hal tersebut akan semakin memperluas visibilitas produk dan toko Anda.

Selain itu, flash sale juga mampu menawarkan kesempatan dalam menginformasikan pada pelanggan tentang produk dan juga proposisi nilai yang ada di dalamnya.

Mengapa Menggunakan Flash Sale?

Sistem penjualan seperti ini tidak selamanya bisa digunakan, karena sistem ini hanya digunakan pada momen tertentu saja. Alasan terbesarnya jelas untuk memberikan keuntungan pada pebisnis. Keuntungan ini tidak hanya bisa mereka dapatkan dari produsen, tapi juga dari perusahaan ritel dan konsumen.

Sering kali, produk yang dijual secara flash sale ini bisa habis dalam beberapa menit saja. Kenapa? karena peminat dari produk ini sangat banyak.

Untuk menerapkannya pun cukup mudah. Namun, yang paling penting adalah memilih produk, menghitung terlebih dahulu diskon yang akan diberikan dan kuota atau stok produk yang akan dijual saat flash sale. Sehingga, dari komponen tersebut akan terlihat margin yang bisa diperoleh suatu bisnis.

Memilih produk yang ingin dijual saat flash sale harus sangat diperhatikan. Dibutuhkan riset pasar agar produk nanti bisa benar-benar diperlukan oleh konsumen. Sehingga, flash sale pun mampu berhasil dalam waktu yang memang sudah ditargetkan.

Beberapa keuntungan dalam mengikuti program flash sale ini antara lain adalah:

1. Strategi Tingkatkan Omzet Penjualan

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan bila mengikuti program flash sale adalah mampu memaksimalkan kinerja toko online dalam hal omset penjualan. Menjual barang dengan harga diskon sudah pasti akan lebih dinikmati oleh konsumen.

Walaupun begitu, Anda harus tetap memperhatikan marginnya agar tidak mengalami kerugian.

2. Peningkatan Transaksi dari Beragam Konsumen

Dengan adanya program flash sale, maka Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan jumlah transaksi penjualan dengan konsumen yang beragam. Hal tersebut akan mempengaruhi status toko Anda, sehingga Anda bisa memiliki predikat toko yang baik. Bila sudah memiliki predikat toko yang baik, maka kegiatan penjualan pun akan menjadi lebih mudah.

3. Toko Online Semakin Dikenal

Saat ada suatu marketplace besar yang mengadakan program flash sale, pasti ada banyak ribuan pengguna yang menantikannya. Waktu berkumpulnya para konsumen ini adalah waktu yang tepat untuk menampilkan profil toko anda. jika sudah terpilih di flash sale, maka nama toko anda akan menjadi sangat luas.

Kekurangan Flash Sale

Jika kita perhatikan dari sisi produsen atau perusahaan ritel, flash sale hampir tidak memiliki kekurangan berarti. Namun dari sisi konsumen, biasanya mereka akan memperoleh beberapa kendala ketika ada program flash sale, yaitu:

  • Situs e-commerce menjadi lebih sulit untuk diakses, hal tersebut dikarenakan banyak konsumen yang ingin membeli produk flash sale sebelum kehabisan.
  • Tidak bisa menyelesaikan transaksi. Kerap kali konsumen mengalami gagal transaksi. Misalnya saja saat sudah masuk proses check out dan tinggal bayar, namun secara tiba-tiba data belanja hilang karena tidak stabilnya sistem saat melakukan flash sale.

Cara Melakukan Flash Sale

1. Promosikan Flash Sale

Sebarkanlah informasi atau teaser terkait flash sale di berbagai kanal penjualan Anda, mulai dari media sosial, website e-commerce hingga aplikasi chat. Cantumkanlah informasi tersebut secara lengkap, seperti tanggal, jam, dan pada channel apa flash sale tersebut diadakan. Lakukanlah promosi secara berkala untuk bisa meningkatkan calon pembeli Anda.

2. Pilih Momen yang Tepat

Selenggarakanlah flash sale pada momen tertentu yang tepat, seperti Harbolnas, gajian, atau hari raya lebaran dan natal. Kenapa? karena di hari spesial ini konsumen akan cenderung berbelanja dalam jumlah yang banyak. Selain itu, pilih juga waktu yang paling tepat, Anda bisa mengetahuinya dengan melihat insight atau analytic pada media sosial, ataupun pada platform lainnya.

3. Beri Batasan Waktu yang Singkat

Untuk meningkatkan rasa takut kehabisan barang dan memotivasi pelanggan untuk melakukan pembelian secepat-cepatnya, maka berikanlah batasan waktu yang singkat. Umumnya, web marketplace hanya mengadakan event ini selama 2-3 jam saja. Selain itu, ingatkan juga pelanggan Anda untuk menyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan.

4. Pilih Produk yang Banyak Dicari

Sebelum mengadakan flash sale tentukanlah terlebih dahulu produk yang Anda jual. Pilihlah produk favorit atau yang paling banyak dicari oleh customer ataupun produk baru agar marketplace menjadi semakin banyak pelanggan yang tertarik.

5. Siapkan Stok Produk

Bila sudah menentukan produk, maka selanjutnya Anda harus menyiapkan stok produk. Analisa berdasarkan penjualan ataupun flash sale sebelumnya, berapa banyak jumlah pembelian atas produk tersebut, hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa banyak jumlah stok yang harus disiapkan.

Selain itu, suapkan juga kemasannya, agar ketika flash sale sudah selesai, Anda bisa langsung menyelesaikan transaksi dan mengirimkan uangnya.

6. Hitung Margin Keuntungan

Dalam event flash sale, setiap konsumen tentu menginginkan barang yang termurah dengan kualitas yang baik. Untuk itu, tetapkanlah harga yang kompetitif agar bisa bersaing dengan bisnis ataupun toko online lain. Tapi, hindari memasang harga yang terlalu tinggi.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan

Bila bisa dilakukan dengan tepat, maka situs e-commerce biasa pun bisa memanfaatkan strategi flash sale. Terdapat beberapa hal yang harus diingat dalam melakukan teknik ini.

  • Tentukanlah tujuan flash sale Anda.
  • Jagalah agar penjualan bisa tetap sederhana.
  • Pilihlah kelompok sasaran dan juga sesuaikan dengan flash sale pada pasar tersebut.
  • Tepat waktu
  • Jaga agar kerangka waktu tetap pendek, karena hal tersebut akan menimbulkan urgensi
  • Buatlah diskon yang sangat menonjol
  • Promosikan flash sale menggunakan marketing, media sosial, dan seo.
  • Pantaulah seluruh penjualan dan berikanlah layanan pelanggan yang baik selama masa penjualan berlangsung.
  • Pastikanlah persyaratan Anda sudah jelas.

Penutup

Flash sale adalah kesempatan untuk para pebisnis dalam memaksimalkan keuntungannya. Dengan perencanaan dan strategi yang tepat, maka flash sale bisa berjalan dengan lancar, bahkan mampu membantu bisnis atau perusahaan dalam menjangkau pelanggan baru.

Anda bisa melakukan flash sale dengan berbagai platform berjualan online pilihan Anda di website toko online ataupun marketplace.

Saat flash sale Anda sudah berjalan sukses, maka Anda harus bisa mencatat setiap pemasukan yang ada dari kegiatan flash sale Anda di laporan keuangan perusahaan. Hal ini sangat penting demi memastikan keuntungan bisnis perusahaan.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam mencatat laporan keuangan, gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online. Aplikasi ini mampu menyediakan 200 lebih laporan keuangan secara tepat dan akurat di mana saja dan kapan saja, karena aplikasi ini dibuat dengan basis cloud system.

Tertarik, Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Informasi lebih lanjut mengenai Accurate Online, Anda dapat hubungi kami melalui Whatsapp dengan klik gambar di bawah ini.

Related posts

5 Tantangan dalam Melakukan Penganggaran Bisnis dan Solusinya

Eri Katsir

Punya Bisnis Online? Simak Tips Mengatur Akuntansinya

Miftah

Pengertian Akuntabilitas dalam Akuntansi, Tingkatan dan Dimensinya

Erapuji