31.3 C
Jakarta
May 18, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
Akuntansi

Identitas Produk: Pengertian, Kegunaan dan Tips Membangunnya

Product Identity

Identitas produk yang unik dan menarik akan membuat brand Anda semakin terkenal di tengah masyarakat. Seperti yang telah diketahui jika saat ini telah bermunculan berbagai jenis kompetitor yang bisa saja menggeser produk Anda. Oleh sebab itu, diperlukan strategi pemasaran yang efektif bagi perusahaan dalam mempromosikan produk-produk mereka.

Identitas produk tak hanya sekedar bertujuan menarik perhatian konsumen. Lebih dari itu, identitas produk akan membuat para konsumen membeli dan menggunakan produk tersebut secara terus-menerus. Brand yang memiliki identitas yang kuat akan terus diingat dan dicari oleh masyarakat.

Pengertian

Pada dasarnya setiap perusahaan wajib menghadirkan identitas produk ini untuk setiap barang atau jasa yang akan dipasarkan di tengah masyarakat. Hal ini ditujukan agar produk Anda bisa lebih mudah dikenali oleh masyarakat luas.

Identitas produk yang dimaksud dapat berupa logo, warna, tagline, nama produk atau jasa hingga bentuk kemasannya. Elemen-elemen ini akan membuat konsumen menjadi penasaran dan tertarik untuk membeli dan menggunakan produk Anda. Kesan yang kuat pada sebuah produk juga akan membuat para konsumen untuk terus mencarinya. Oleh sebab itu, penting bagi sebuah perusahaan untuk mengusung konsep produk mereka sebelum dipasarkan.

Untuk membangun identitas brand yang kuat dan menarik, tak jarang banyak perusahaan membentuk tim kreatif untuk fokus pada pembentukan identitas brand tersebut. Hari ini Anda tentu sudah sering melihat berbagai jenis barang hingga jasa dengan logo, kemasan hingga tagline yang keren dan unik. Untuk membentuk identitas sebuah produk memanglah tidak sesederhana kelihatannya. Dibutuhkan riset yang cukup lama hingga menggunakan jasa para ahli seperti design grafis untuk mewujudkan konsep yang diinginkan.

Kegunaan dan Manfaat

Setelah mengetahui dan memahami apa itu identitas produk serta bagaimana identitas suatu brand dapat berpengaruh terhadap perusahaan, sekarang mari melanjutkan ke pembahasan selanjutnya. Berikut ini kami bagikan beberapa kegunaan atau manfaat dari identitas produk.

Branding

Branding merupakan hal yang krusial dalam menciptakan identitas yang kuat di mata konsumen. Sebelum menciptakan branding ini, perusahaan biasanya akan mendiskusikannya secara matang. Mereka akan mengusung konsep yang benar-benar mampu menarik perhatian masyarakat mulai dari bentuk kemasan, logo, tagline hingga pemilihan brand ambassador yang cocok dan sesuai dengan identitas produk.

Ciri khas identitas produk

Membangun identitas sebuah brand tak hanya soal merek dan logonya saja. Lebih dari itu perusahaan juga harus menonjolkan ciri khas pada produk yang mereka buat. Ciri khas tersebut bisa dibangun dari pemilihan warna, desain hingga material produk.

Elemen-elemen inilah yang nantinya akan menarik perhatian konsumen dan akan membuat mereka lebih mengenal produk Anda.

Memberikan nilai yang berbeda

Dengan menghadirkan ciri khas yang menonjol pada produk maka produk tersebut pun akan menghasilkan value bagi para pelanggan. Nilai yang dimaksud dapat berupa estetika, ukuran hingga harga dari produk. Nilai yang terdapat pada produk inilah yang kemudian membedakan produk Anda dengan produk dari brand kompetitor-kompetitor lainnya.

Sebagai wadah suatu produk

Kemasan menjadi aspek yang sangat penting dalam identitas sebuah produk. Tak hanya bertujuan untuk menarik perhatian konsumen, kemasan juga bertujuan untuk melindungi produk dari resiko bahaya luar. Jika perusahaan Anda menciptakan brand makanan maka perusahaan wajib menghadirkan kemasan atau wadah yang bisa membungkus sekaligus menjaga makanan tersebut.

Selain terhindar dari kotoran ataupun debu, kemasan juga bisa menjadi bagian dari ciri khas sebuah produk. Anda bisa melihat berbagai jenis produk makanan ringan yang lucu, unik dan beda di minimarket. Hal ini ditujukan untuk memperkuat branding sekaligus menjaga makanan dari resiko bahaya lainnya.

Meningkatkan efisiensi

Identitas produk juga berperan penting dalam meningkatkan efisiensi promosi produk di tengah pasar. Perusahaan bisa mengusung konsep yang lebih kuat lagi terkait karakter produk secara lebih mendetail seperti bentuk fisik, ejaan brand hingga desain produk yang unik.

Tips Membangun Identitas Produk

Identitas Produk
https://www.ekrut.com/

Agar sebuah produk mampu menembus popularitas yang sangat tinggi di tengah pasar maka perusahaan perlu memiliki strategi dan tips jitu dalam membangun identitas produk. Adapun beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam membangun identitas produk ini di antaranya ialah sebagai berikut.

Strategi dan konsep yang matang

Langkah pertama yang bisa dilakukan oleh perusahaan ketika produk telah siap dengan segala jenis detail identitasnya ialah dengan mengusung konsep dan strategi yang matang. Umumnya, pihak perusahaan akan menunjuk tim khusus dalam mempromosikan atau memperkenalkan produk kepada konsumen.

Mencari berbagai macam referensi

Dalam menciptakan produk yang out of the box maka Anda perlu mencari berbagai sumber atau referensi. Beberapa referensi dapat dengan mudah Anda temui lewat produk-produk yang telah beredar di pasaran. Pastikan untuk tidak menjiplak konsep dari produk yang sudah ada, hal ini justru akan mempengaruhi nilai produk Anda di tengah masyarakat.

Identitas produk dapat berupa logo dan lainnya sebagai pengenalan

Cobalah untuk menghadirkan ciri khas utama dari produk Anda. Biasanya identitas utama dari sebuah produk dapat dilihat dari logo, merek maupun kemasan produk tersebut. Element-element ini perlu Anda tonjolkan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen.

Tunjukkan keistimewaan produk

Produk yang istimewa tak hanya dari segi branding yang menarik. Anda juga harus menghadirkan kualitas rasa jika produk yang akan Anda pasarkan adalah makanan. Begitu halnya jika Anda akan memperkenalkan sebuah layanan baru, maka Anda harus mengutamakan keunggulan jasa yang akan Anda pasarkan. Dengan begitu, konsumen pun menilai brand Anda sebagai produk yang unggul dan istimewa.

Jelaskan nilai merek produk

Nilai yang dimiliki oleh produk Anda tentu akan jauh lebih berkesan jika para konsumen yang memberikan reviewnya. Untuk mendapatkan review jujur dari masyarakat bisa Anda lakukan dengan membagikan sampel atau promosi produk. Jangan lupa menghadirkan slogan produk yang berkesan dan catchy. Hal ini turut memberikan penilaian sekaligus kesan tentang produk yang Anda jual.

Kesimpulan

Tidak bisa dipungkiri, identitas produk memiliki peran penting dalam menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Identitas brand yang unik dan menarik tentu akan lebih menarik perhatian konsumen jika dibandingkan dengan produk yang terlalu monoton dalam mengusung konsep identitasnya.

Kesan yang kuat dari identitas produk yang diterapkan pada sebuah brand juga akan membuat banyak konsumen akan terus mencari dan menggunakannya. Namun, identitas sebuah produk bukanlah hal yang paling utama untuk menarik perhatian konsumen. Anda juga wajib memberikan kualitas yang baik kepada konsumen. Apalah arti kemasan hingga logo yang menarik tanpa kualitas di dalamnya.

Hal penting lainnya yang wajib perusahaan perhatikan selain mengurus identitas produk ialah dengan membuat laporan transaksi keuangan yang rapi dan akurat. Bayangkan, betapa kacaunya penanganan keuangan di dalam perusahaan Anda tanpa adanya laporan laba rugi, pemasukan, pengeluaran dan transaksi lainnya. Salah satu software pembukuan yang sudah digunakan oleh banyak perusahaan hari ini ialah software akuntansi dari Accurate Online. Anda bisa mendapatkan info selengkapnya mengenai software akuntansi ini lewat link berikut ABCSemanggi.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Pengertian dan Perbedaan Profit Center dan Cost Center

Erapuji

Metode Persediaan Ritel: Pengertian, Manfaat, Cara Hitung dan Contohnya

Erapuji

Rekening Koran: Ringkasan Transaksi Keuangan Anda

Agung