25.3 C
Jakarta
September 27, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Investasi Emas yang Minim Risiko dan Cocok Bagi Pemula

Di masa muda, sudahkah kamu memikirkan keuangan yang dapat dilakukan dalam jangka pendek maupun panjang? Kalau belum, kenapa tidak melakukan investasi emas?

Saat ini, investasi emas tidak hanya dilakukan bagi mereka yang berduit saja lho, kamu pun bisa melakukannya meski masih bergaji pas-pasan. Emas bisa menjadi investasi yang menguntungkan buat kamu. Gimana tidak, dari tahun ke tahun harga emas selalu saja naik. Bahkan, imbas dari pandemi COVID-19, saat ini pun harga emas Antam dijual di level Rp1.002.000 per gram pada hari ini (24/9/2020) seperti dilansir dari Detik.com.

Sejak dulu, emas sudah dinilai sebagai barang berharga yang tinggi nilainya jika ditukarkan dengan barang. Bahkan, emas digunakan untuk penanda status sosial, apalagi bagi mereka yang keturunan bangsawan.

Berubah Jadi Investasi

Zaman akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Jika dulu emas digunakan untuk melakukan barter maupun strata sosial, beda dengan zaman sekarang yang lebih digunakan sebagai barang investasi.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, investasi emas bukan lagi hanya dilakukan bagi mereka yang berduit saja, kamu yang memiliki gaji pas-pasan pun masih bisa melakukannya. Inilah mengapa investasi emas bisa datang dari berbagai kalangan.

Harga jual emas yang tidak pernah merosot jauh menjadi alasan kenapa emas diminati sebagai barang investasi. Untuk generasi milenial ataupun pemula, bisa saja memilih emas untuk dijadikan investasi yang aman.

Apalagi jika sekarang investasi emas bisa dilakukan secara nonfisik alias peminat bisa membeli emas tanpa harus mendapatkan fisik dari emas yang dibeli. Investasi emas nonfisik ini lebih banyak diminati oleh generasi milenial lho.

Mengapa Investasi Emas Itu Penting?

Emas adalah barang investasi paling mudah yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan dengan budget berapa saja, baik itu emas batangan atau perhiasan.

Melakukan investasi emas lebih menguntungkan ketimbang investasi saham. Kenapa? Sebab, logam mulia ini bukan hanya minim risiko, tetapi kiha nilainya yang cenderung stabi; dan bersifat likuid alias mudah dicairkan.

Maka dari itu, investasi emas pas buat para pemula dengan skema kelola sendiri. Artinya, kamu hanya perlu membeli emas kemudian dirawat secara berkala. Atau, menabung secara berkala.

Baca Juga: Corona Kuatkan Investasi Properti di 2020

Tapi, kamu juga perlu memastikan wujudnya tidak mengalami perubahan sama sekali. Karena jika wujud emas yang mengalami perubahan dapat mempengaruhi harga jual di pasaran.

Tips Investasi Emas Bagi Pemula

Buat perencanaan yang jelas

Sebelum berinvestasi, penting buat kamu untuk membuat perencanaan yang jelas, seperti menentukan tujuan dari investasi emas yang dilakukan, apakah itu untuk tabungan pendidikan, biaya naik haji, pernikahan, atau hal lainnya.

Pantau harga emas

Membuat perencanaan saja tidak cukup, kamu harus rajin memantau harga emas secara berkala. Pasalnya, harga logam mulia akan selalu mengalami naik-turun. Kamu bisa memakai strategi membeli emas ketika harganya turun.

Sesuaikan dengan finansial

 Tips lainnya yaitu dengan menyesuaikan kemampuan finansialmu sebelum memilih untuk melakukan investasi emas. Kamu bisa bergabung dengan beberapa lembaga penyedia investasi emas, biasanya ada aturan investasi dengan membayar iuran per bulan dengan angka normal sekitar Rp50 ribu.

Pilih jenis emas yang sesuai

Sebagai pemula, akan lebih disarankan untuk berinvestasi dalam bentuk logam mulia ketumbang perhiasan. Sebab, investasi logam mulia jauh lebih menguntungkan dan tepat sebagai simpanan masa depan.

Sedangkan perhiasan, harga jualnya cenderung sedikit lebih rendah karena beberapa faktor, seperti biaya pembuatan, jumlah karat, maupun nilai seni.

Tempat penyimpanan emas

Kamu juga mesti memperhatikan tempat penyimpanan layak dan aman untuk emas. Bisa saja jika kamu salah memilih tempat penyimpanan tentu akan beresiko fatal bila logam mulia yang dimiliki cacat. Umumnya, penyimpanan emas akan ditaruh dalam brankas khusus ditambah layanan safe deposit box yang biasa disediakan oleh bank khusus untuk nasabah.

Baca Juga: Terkuak! 5 Strategi Pemasaran yang Bisa Meningkatkan Omzet Bisnis Anda!

 

Pilihan Investasi Emas

Investasi emas Antam

Investasi emas Antam merupakan pilihan yang cocok dan biasa dipakai oleh masyarakat umum. Emas Antam memiliki bentuk seperti bongkahan bata yang terbuat dari emas dengan beragam satuan berat. Satuan terkecil investasi emas Antam adalah 0,5 gram, ada juga yang 2gram, 3 gram, 10 gram, dan 25 gram.

Investasi emas Antam biasa dipilih karena emas tersebut murni dan tidak dicampur logam lain, berbeda dengan perhiasan. Untuk membeli emas Antam, pastikan kamu selalu pantau harga belinya, ya, dan pastikan harganya stabil dengan cara mengetahui harga beli emas beberapa bulan sebelumnya.

Investasi emas Pegadaian

Pegadaian adalah salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyediakan jasa investasi emas. Pegadaian bergerak di tiga lini, yakni pembiayaan, emas, dan aneka jasa. Nah, di Pegadaian ini pula menyediakan program investasi emas online atau nonfisik bagi para nasabah dan masyarakat umum yang bernama Tabungan Emas.

Bagaimana dengan konsepnya? Sama dengan tabungan uang di bank. Investasi ini bisa dilakukan semudah membuka handphone karena transaksinya dilakukan secara cashless alias tidak perlu datang ke gerai Pegadaian.

Seperti dilansir dari Cermati.com, pembelian emas bisa dicicil setiap hari, minggu hingga bulannya. Pegadaian membatasi minimal pembelian sebesar Rp50 ribu dan maksimal Rp10 juta per harinya. Setiap nasabah akan dikenai saldo minimal sebesar 0,1 gram emas dengan biaya transaksi sebesar Rp 2.500.

Apakah bisa digantikan dengan uang? Di sini, nasabah Pegadaian dapat menjual emas yang mereka miliki dengan uang. Pegadaian punya kurs tersendiri untuk harga beli maupun harga jual. Jika kamu ingin menjual emas yang sudah kamu investasikan, maka jumlah emas yang ingin dijual akan dijumlahkan dengan kurs harga jual saat itu.

Kamu pun bisa merubah investasi yang kamu miliki ke bentuk fisik lho.

Di saat situasi pandemi seperti ini, kamu perlu loh mencoba melakukan perbaikan-perbaikan dalam hal keuangan, baik keuangan pribadi ataupun keuangan bisnis kita. Untuk mulai memperbaiki keuangan bisnis, kita perlu memperhatikan laporan keuangan bisnis kita. Buat laporan keuangan bisnis dengan cepat, lengkap dan tepat menggunakan aplikasi akuntansi Accurate Online supaya catatan keuanganmu membaik. Program tersebut pun dapat kamu pakai secara GRATIS selama 30 hari. Ayo, dicoba!

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://account.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Related posts

Adakah yang Tahu, Kapan Pandemi Corona Akan Berakhir?

ademuthia

Syarat Mudah Menjadi UKM UMKM MItra Binaan Pemerintah

ademuthia

5 Ide Bisnis Online di 2019, Nomer 3 Paling Mudah Dijalankan dan Cepat Menghasilkan

ademuthia

Leave a Comment